Karat yang ada pada mobil jika dibiarkan akan menyebar sehingga membuat keropos, berikut cara menghilangkan karat di mobil.Karat yang ada pada mobil sebaiknya tidak dibiarkan saja karena akan cepat menyebar apa lagi pada bagian luar yang sering terkena air dan kotoran.

Bodi berlubang adalah efek terparah yang bisa diakibatkan oleh karat. Sebagian cara dibawah bisa dilakukan sendiri dirumah dengan syarat bagian karat tidak terlalu besar jika sudah terlalu besar sebaiknya dibawa ke bengkel selain lebih ahli dalam pengerjaannya juga hemat waktu.

Berikut tips sederhana cara menghilangkan karat di mobil yang Mobil123.com rangkum:

Menggunakan Amplas

Tips pertama yang paling sederhana adalah dengan cara mengamplasnya, cara ini sebaiknya digunakan pada bagian ruang mesin, kaki-kaki, bagian dek bawah yang baru timbul karat dan masih sedikit tetapi tidak disarankan pada bagian bodi.

Langkah pertama yang dilakukan adalah melihat kondisi karatnya jika sudah tebal bisa menggunakan amplas bertekstur kasar terlebih dahulu lakukan berulang lalu jika sudah mulai berkurang bisa menggunakan amplas yang bertekstur lebih halus sampai karatnya hilang.

Kemudian jika sudah hilang sebaiknya dilapisi dengan cat atau jika tidak ada cat dengan warna sesuai anda bisa menggunakan cat kuku milik istri anda yang berwarna transparan sehingga bisa sedikit menyamarkan hasil proses pengamplasan yang dilakukan.

Menggunakan Cairan Penghilang Karat

Tips berikutnya dengan menggunakan cairan penghilang karat atau rust remover yang bisa didapat secara bebas dipasaran.cairan ini dibuat khusus untuk menghilangkan karat dan kerak air.

Penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menyemprotkan ke bagian yang berkarat lalu digosok setelah karat mulai berkurang dapat bilas dengan air, biasanya untuk karat yang sudah menyebar perlu dilakukan berulang sampai karat menghilang.

Setelah melakukan cara diatas alangkah baiknya jika bekas bagian mobil yang berkarat didempul ulang.

Dempul berfungsi untuk menutupi celah-celah kecil pada bagian bodi akibat proses pengamplasan namun sebelum proses melapisi dempul sebaiknya dipastikan bagian tersebut sudah benar-benar bersih dari karat.

Pada saat proses ini sebaiknya jangan menggunakan dempul terlalu tebal karena akan membuat lekukan bodi tidak sama seperti sebelumnya, jika dirasa terlalu tebal dapat dilakukan pengamplasan sampai terlihat rata dengan bodinya dan sebagai proses akhirnya dapat dilakukan pengecatan untuk menyamarkan sehingga terlihat lebih rapi. 

Tips Menghindari Karat Pada Mobil

Setelah informasi mengenai cara menghilangkan karat di mobil sebaiknya dilakukan juga perawatan agar karat tidak muncul kembali di mobil

Rajin cuci mobil

cuci mobil

Karat bisa disebabkan karena air hujan, cipratan lumpur atau tanah yang menempel dalam waktu lama pada bagian mobil oleh sebab itu sebaiknya mencuci mobil setelah terkena hujan.

Apalagi masuk musim penghujan seperti sekarang hujan yang tidak menentu membuat kendaraan selalu terlihat kotor dan membuat malas mencucinya karena takut ketika selesai dicuci akan terkena air hujan kembali. 

Mencuci mobil setidaknya dilakukan satu minggu sekali selain menjaga bodi mobil dan kaki-kaki dari karat dan kebersihan mobil juga terjaga.

Selain itu pastikan ketika selesai mencuci mobil semua bagian harus kering karena sisa air cuci mobil yang mengendap juga dapat menimbulkan karat.

Usahakan mencuci mobil menggunakan sabun khusus mobil tidak menggunakan sabun mandi atau sabun cuci piring karena kadar PHnya tidak sesuai dengan cat mobil.    

Melapisi dengan cairan pencegah karat

karat di mobil

Hal ini bisa dilakukan ketika sehabis melakukan pembersihan karat pada bagian bawah rangka dan kaki-kaki. Cara ini dapat dilakukan sendiri, dengan membeli cairan cat pencegah karat kemudian melapisi pada bagian yang mudah terlebih dahulu seperti kolong fender, ruang mesin yang terlihat.

Namun untuk bagian yang sulit sebaiknya dengan bantuan teknisi profesional untuk melapisi dengan cairan cat pencegah karat, sehingga karat tidak datang kembali. Selain mencegah karat cairan ini juga dapat menjadi peredam karena berbahan dasar karet.

Biasanya untuk mobil baru sudah dilapisi dari pabrik namun untuk beberapa bagian saja seperti bagian kolong, panel dalam fender dan ruang mesin. Setelah melakukan pelapisan ini tetap perlu dilakukan pengecekan karena pada bagian sendi yang bergesekan biasanya akan cepat terkelupas akibat gesekannya.

Rajin memberikan pelumas

Tips atau cara menghilangkan karat di mobil berikutnya cukup simpel, dan dapat dilakukan sendiri di rumah yaitu dengan rutin memberikan pelumas pada bagian yang sering kali muncul karat. Bagian yang sering muncul karat biasanya bagian yang sering terkena air atau bagian tersembunyi seperti bagian engsel-engsel.

Melumasi engsel-engsel dapat dilakukan ketika sehabis mencuci mobil atau ketika kesulitan membukanya. Pelumas yang digunakan biasanya ada dua pilihan berbentuk cairan dan pasta atau gel, kedua pelumas ini memiliki kelebihan dan kekurangan, yang berbahan cairan lebih mudah pengaplikasiannya sedangkan kan kelemahannya lebih mudah luntur.

Lalu yang berbahan pasta atau gel memiliki kelebihan lebih tahan lama memiliki daya tahan terhadap suhu tinggi dan kelemahannya terlihat kotor dan dapat menyebabkan debu atau kotoran menempel ada pelumas ini.

Tidak parkir ditempat yang lembab

Tips sederhana berikutnya yang bisa dilakukan adalah parkir tidak pada tempat lembab. Posisi tempat parkir juga dapat menyebabkan karat apalagi jika parkir di tempat terbuka yang lembab sering terkena hujan, panas secara terus menerus dalam waktu yang lama.

Sebaiknya memarkirkan kendaraan di tempat yang terlindungi dari hujan, panas dan lembab karena dapat menyebabkan karat. Jika tidak memungkinnya parkir ditempat yang terlindungi dapat menggunakan cover yang tahan air dan panas selain menghindari karat juga menjaga kondisi cat mobil tetap bagus.

Menghindari air asin

Air asin memiliki kadar garam yang lebih tinggi dari pada air biasa, sehingga dapat menyebabkan karat tumbuh lebih cepat dari biasanya. Sebaiknya setelah melewati genangan atau terkena air asin sebaiknya mencuci mobil minimal menyiram bagian kolongnya untuk menghindari air asin yang menempel pada bagian mobil

Dan yang memiliki rumah di daerah pesisir pantai biasanya air tanahnya menjadi asin tidak disarankan mencuci menggunakan air tersebut karena meningkatkan potensi munculnya karat.

Demikian beberapa tips di atas, tentang bagaimana cara menghilangkan karat di mobil. Jika sudah terlalu parah, sebaiknya dibawa ke bengkel untuk dilakukan perbaikan sehingga karat tidak menyebar.

Recommended Posts