Mobil-mobil diesel kekinian sudah lebih ramah lingkungan. Tapi, jika perawatannya teledor, level emisinya bisa saja meningkat dan performanya menurun.

Mobil-mobil diesel baru per April 2022 wajib berstandar emisi gas buang Euro 4. Mesin diesel Toyota sendiri, menurut keterangan resmi Auto2000 baru-baru ini, telah dilengkapi teknologi-teknologi canggih.

Ada variable turbo, common rail, serta intercooler yang membuat mobil ‘galak’ tapi tetap ramah lingkungan.

“Agar kondisi tetap prima, AutoFamily wajib mengikuti rekomendasi buku manual kendaraan dan servis berkala secara rutin di bengkel Auto2000,” kata Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara.

Tujuh Cara Merawat Mobil Diesel

Auto2000 memberikan beragam cara merawat mobil diesel. Ada yang terkait dengan pengemudi, tapi ada pula yang terkait dengan komponen maupun bahan bakar.

Berikut tujuh cara merawat mesin diesel, berdasarkan paparan dari jaringan diler serta bengkel resmi Toyota di Indonesia tersebut:

servis di bengkel resmi Toyota Auto2000

  1. Pakai BBM Sesuai Rekomendasi

Cermati rekomendasi bahan bakar minyak (BBM) dari pabrikan. BBM dengan kualitas tidak sesuai bakal mencetuskan dampak negatif yang besar pada mobil diesel Anda.

Sistem distribusi bahan bakar akan terganggu oleh kandungan sulfur tinggi. Performa mesin pun menurun dan usia mesin berkurang.

Kadar cetane dari BBM harus sesuai pula agar mesin diesel mampu menggelontorkan daya maupun torsi maksimalnya.

  1. Panaskan Mesin Sebelum Jalan, Jangan Langsung Matikan Setelah Selesai

Beri jeda waktu pada mesin diesel, setiap menyalakannya dan sebelum mematikannya. Mesin diesel perlu dipanaskan sekitar satu menit demi memastikan pelumas sudah tersebar merata ke seluruh komponen.

Mesin diesel juga perlu didiamkan sejenak satu menit sebelum dimatikan. Tujuannya mendinginkan dapur pacu, khususnya komponen turbo.

  1. Segera Ganti Filter Solar kalau Indikator Menyala

Filter BBM atau filter solar pada mesin diesel berfungsi ‘menangkap’ kotoran agar tidak masuk ke sistem injeksi bahan bakar. Filter solar yang sudah kotor dapat diketahui saat lampu peringatan di panel instrumen menyala.

Segera ganti komponen tersebut jika sudah waktunya. Jangan ditunda-tunda.

  1. Rutin Bersihkan Filter Udara

Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Mesin diesel membutuhkan udara bersih agar performa mesin terjaga dan konsumsi BBM lebih efisien.

Filter udara juga berguna mereduksi timbulnya kerak di komponen bergerak, pun mengurangi risiko sistem injeksi BBM tersumbat kotoran. Oleh karena itu, periksa dan bersihkan komponen ini secara rutin.

  1. Pantau Kondisi Water Sedimenter

Komponen penting lainnya pada mobil diesel yang mesti dimonitor ialah water sedimenter. Gunanya ‘menangkap’ kandungan air pada saluran BBM agar tak ikut masuk ke dalam mesin.

Kalau lampu indikator water sedimenter di panel instrumen menyala, segera kuras komponen ini.

  1. Periksa dan Ganti Oli Mesin

Periksa level ketinggian oli secara berkala melalui dipstick demi memastikannya tidak berkurang. Lalu, ganti oli mesin diesel setiap enam bulan. Direkomendasikan menggunakan oli dari pabrikan yang dijual di bengkel resmi.

  1. Jangan Lalai Servis Berkala

Jangan abaikan servis berkala di bengkel resmi karena semua komponen dan aspek yang penting akan diperiksa saat itu. Auto2000 sendiri menyediakan servis berkala di bengkel resmi atau di rumah melalui THS – Auto2000 Home Service.

Recommended Posts