Perawatan mobil tentu tidak hanya befokus pada mesin saja, Anda juga perlu memerhatikan bagian lain seperti sektor eksterior, misalnya cat. Cat mobil juga butuh perawatan agar tampilan luar kendaraan tetap bagus dan kinclong.

Cat mobil yang terlihat bagus dan rapi pasti akan menarik perhatian serta memiliki nilai lebih di mata orang-orang yang melihat.

Supardi, instruktur pengecatan Daihatsu Technical Training Center PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menekankan pentingnya merawat cat mobil, terutama setelah pengecatan baru.

“Kalau misalnya sudah melakukan pengecatan, tetapi tidak tahu cara merawatnya, itu sayang sekali,” ungkap Supardi dalam acara Workshop Sahabat Jurnalis Daihatsu 2022 – Sharing Basic Painting di Sunter, Jakarta Utara, Selasa (25/10/2022).

Untuk menjaga tampilan mobil agar tetap bagus dan kinclong, Supardi memberikan beberapa tips dalam merawat cat mobil.

Simpan Mobil di Garasi/Pakai Car Cover

Tips pertama untuk menjaga cat mobil tetap bagus adalah memarkir mobil di tempat yang bersih dan tertutup, misalkan di garasi, ketika tidak dipakai dalam waktu yang lama.

Dengan menyimpan mobil di garasi, mobil akan terhindar dari sinar matahari, kotoran hewan, getah pohon, dan hal-hal lain yang dapat membuat tampilan cat mobil menjadi kurang sedap dipandang.

“Kalau sudah punya mobil tapi belum punya garasi, gunakan car cover yang bagus dan halus,” kata Supardi.

Penggunaan cover mobil yang bagus di sini maksudnya adalah cover dari bahan yang kuat dan tahan segala bentuk cuaca, sehingga tidak mudah luntur, dan menempel di bodi yang berpontensi merusak cat mobil.

Cuci Mobil Secara Rutin

Mencuci mobil secara rutin dapat menghilangkan bercak atau kotoran yang menempel di permukaan bodi. Selain itu dapat menjaga keutuhan cat mobil.

“Minimal seminggu sekali, kalau bisa mobilnya dibawa ke ahlinya (tempat pencucian mobil/carwash),” jelas Supardi.

Jika hendak mencuci mobil secara mandiri, Supriadi menyarankan supaya menggunakan air bersih dan sabun khusus mobil.

Sabun yang digunakan untuk mencuci mobil juga perlu diperhatikan. Pastikan tidak menggunakan sabun yang memiliki kandungan soda api seperti sabun colek.

Kandungan soda api tidak hanya dapat merusak permukaan cat mobil, namun juga bisa menyebabkan karat/rusting.

Periksa Cat Mobil Secara Berkala

Cat mobil juga perlu dicek keadaannya secara keseluruhan dari waktu ke waktu, terutama setelah dipakai menempuh perjalanan jauh.

Pastikan tidak ada benda atau cairan asing, karena jika dibiarkan dapat menyatu dengan cat mobil dan sulit untuk dihilangkan.

Ketika ditemukan kotoran atau goresan kecil di cat mobil, bersihkan menggunakan kain berbahan halus seperti microfiber.

Poles atau Waxing

Mungkin tips satu ini dianggap beberapa orang terlalu mewah atau mahal, namun poles mobil sangat membantu dalam menjaga cat mobil tetap kinclong.

Dengan melakukan poles atau waxing setiap enam bulan sekali di tempat spesialis poles atau salon, tampilan mobil akan tetap bagus dan mentereng..

Tetapi, material poles yang digunakan juga perlu diteliti. Disarankan untuk tidak memoles mobil dengan bahan amonia, karena zat tersebut memiliki sifat abrasif dan dapat mengikis permukaan cat mobil.

Recommended Posts