Pemilik Hyundai Ioniq 5 bisa menghemat penggunaan daya baterai saat berkendara di jalanan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh penggunanya.

Secara umum perlakuan yang wajib diterapkan pengemudi supaya dapat menghemat penggunaan daya baterai mobil listrik sama seperti ketika mengemudikan kendaraan konvensional yang memakai mesin pembakaran internal atau Internal Combustion Engine (ICE).

Menurut Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Bonar Pakpahan, untuk menghemat baterai mobil listrik khususnya di Hyundai Ioniq 5 sebaiknya pengemudi berkendara dengan santai dan tidak agresif.

“Gaya mengemudi memengaruhi daya baterai Ioniq 5. Untuk itu, tips pertama adalah jangan grasak-grusuk saat berkendara. Akselerasi harus dijaga, jangan sering main injak pedal gas,” ujarnya di acara test drive Hyundai Ioniq 5 di Cikole, Bandung, Senin (20/6/2022).

Selain itu, lanjut Bonar, penggunaan mode berkendara juga memengaruhi konsumsi daya baterai mobil listrik. Disarankan untuk menggunakan mode ECO jika ingin menghemat daya baterai Ioniq 5.

“Menggunakan mode ECO lebih irit daya baterai dibandingkan mode lainnya. Ada beberapa fungsi dari mode ini yang dikurangi kemampuannya,” jelas Bonar.

Bonar juga menyarankan kepada pengguna Ioniq 5 untuk tidak membawa barang bawaan yang terlalu banyak dan berat ke dalam mobil guna menghemat daya baterai.

Di sisi lain, ia juga meminta pengguna untuk selalu memerhatikan tekanan angin ban.

“Sebaiknya, tekanan angin ban disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan. Kalau terlalu berlebih, dikurangi. Begitu juga sebaliknya. Dengan tekanan angin ban yang sesuai, performa mobil bisa lebih mumpuni,” tutup Bonar.

Perlu diketahui, harga baterai Hyundai Ioniq 5 hampir setengah dari banderol mobil tersebut. Baterai menjadi komponen paling mahal pada mobil listrik.

PT HMID pun memberikan garansi untuk baterai Ioniq 5 selama 8 tahun atau 160 ribu km, tergantung mana yang dicapai lebih dulu. Selain itu, para pengguna mobil ini dapat mengajukan klaim garansi atas beragam kondisi.

Recommended Posts