Tips memilih Daymaker Lamp – Lampu Daymaker jadi favorit para modifikator. Desainnya yang bulat dan teknologi LED membuatnya cocok untuk berbagai gaya khusus. Dari tampilan klasik hingga modern sekalipun.

Hanya saja, membeli lampu daymaker tidak boleh sembarangan. Komponen lighting ini memiliki banyak jenis. Meski semuanya memiliki bentuk bodi bulat, namun desain penempatan lampunya memiliki beberapa pilihan yang bisa disesuaikan dengan aliran modifikasi. Ini dia tips memilih lampu daymaker menjadi penting.

Tips memilih lampu daymaker

Jika Anda salah memilih jenis lampu daymaker, tentu bisa mencoreng aliran modifikasi yang sudah dipilih karena desainnya yang tidak sesuai. Apalagi harga lampu daymaker juga tidak murah, jadi jangan salah pilih. Nah, bagi anda yang berminat memasang lampu daymaker untuk motor custom, berikut tips memilihnya;

1. Jenis Gaya Lampu Daymaker

Tips memilih lampu daymaker. (Bukalapak)

Lampu daymaker hadir dalam berbagai gaya proyektor LED. Semuanya memang memancarkan cahaya putih, namun jumlahnya tidak selalu sama.

Misalnya daymaker spider eye, cirinya dipenuhi banyak proyektor kecil di dalamnya. Total ada 13 proyektor yang semuanya akan aktif saat pengemudi menyalakan high beam.

Kemudian tersedia pilihan two tone, artinya hanya ada dua proyektor. Ada juga tiga dan delapan proyektor. Jangan lewatkan gaya cincin hallo yang memiliki lingkaran pemisah sebagai lampu siang hari. Semua itu bisa dipilih sesuai preferensi modifikator.

Jika ingin tampilan simpel, ada daymaker yang terintegrasi dengan lampu sein. Untuk tipe ini, lampu depan baik dekat maupun jauh memancarkan cahaya putih. Kemudian lampu sein tetap menggunakan warna kuning sebagai syarat sah di jalan tol.

2. Lampu Daymaker Memiliki Tiga Ukuran

Tips memilih lampu daymaker
Tips memilih lampu daymaker. (Bukalapak)

Di atas kertas, daymaker hadir dalam berbagai ukuran. Setidaknya ada tiga: 4,5 inci, 5,75 inci, dan 7 inci.

Ukuran paling kecil, daymaker 4,5 inci digunakan untuk motor berdimensi kecil. Sebut saja Honda CB100 dan C70. Bisa juga digunakan untuk modifikasi jap style dan chopper. Bisa juga bagi yang ingin memodifikasi headlamp tidak hanya satu unit, ukuran 4,5 inci bisa menjadi lampu pendamping. Letaknya di kiri kanan lampu utama yang pastinya lebih besar.

Sedangkan daymaker 5,75 inci cocok untuk kuda besi 250 cc ke bawah. Misalnya, Bobber W175 milik Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Bisa juga untuk motor lain misalkan Yamaha Vixion, Honda CB150R Streetfire dan lainnya.

Sedangkan tips memilih lampu daymaker khusus untuk 250 cc ke atas seperti kawasaki z250 dan yamaha mt-25 bisa menggunakan versi 7 inchi. Bahkan masih cocok diterapkan pada motor gede (moge) seperti Harley-Davidson dan Triumph. Hanya saja, semua tergantung selera modifikator. Jika ternyata memiliki konsep perpaduan lampu kecil dengan motor besar, bukan tidak mungkin bisa dilakukan.

Apalagi bagi anda yang menyukai motor custom pasti mengenal lampu daymaker. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memanfaatkannya untuk kuda besinya.

Desain daymaker lamp yang bulat sangat cocok diaplikasikan pada motor apapun. Klasik atau modern, telanjang atau tertutup, pembuat hari dapat menyesuaikannya. Harganya juga masih terjangkau di kantong para penggila modifikasi.

3. Harga Lampu Daymaker Bervariasi

Tips memilih lampu daymaker
Tips memilih lampu daymaker. (Sekretariat Negara)

Anda bisa menyesuaikan kantong dengan lampu daymaker yang diinginkan, karena harganya cukup bervariasi. Tentunya jika mengacu pada Harley-Davidson Daymaker asli, banderol harganya cukup mencengangkan. Bisa mencapai Rp 5 juta untuk satu lampu.

Beruntung, kini beredar banyak daymaker China. Lampu ini biasanya dijual berdasarkan ukuran. Referensi dari Bukalapak, khusus daymaker 4,5 inci dijual mulai Rp. 450 – 800 ribu. Sedangkan daymaker 5,75 inci dipasarkan mulai Rp 700 ribu – 1 jutaan. Untuk ukuran paling besar 7 inci dijual Rp 800 ribu – 1,9 juta.

4. Kelemahan Daymaker Lamp

Tips memilih lampu daymaker
Tips memilih lampu daymaker. (Sekretariat Negara)

Lampu Daymaker memiliki warna cahaya putih dengan teknologi LED. Sisi positifnya, jarak pandang berkendara lebih baik di malam hari karena memiliki pancaran yang lebih terang daripada bola lampu berwarna kuning.

Hanya saja biasanya cahaya putih kurang maksimal saat menembus kabut atau air hujan. Semoga tips memilih lampu daymaker ini berguna!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts