Kiat memilih kotak braket sepeda motor akan bermanfaat bagi pemilik motor yang ingin memasang boks khususnya topbox. Karena agar optimal, pilihlah yang atas kotak harus disertai dengan penggunaan tanda kurung kotak yang cocok.

Hal ini dikarenakan motor box memiliki bentuk dan kapasitas yang berbeda-beda. Jika tidak pas, dikhawatirkan braket box tidak mampu menopang bobot box motor. Kiat pilih motor kotak braket Anda juga harus mempertimbangkan bahan yang digunakan.

Pilih braket kotak motor

Bahan yang digunakan untuk kotak braket harus dipastikan kokoh. Desain juga harus diperhatikan agar mampu menahan bobot box motor. Untuk lebih jelasnya, berikut tips memilihnya tanda kurung kotak bermotor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Perhatikan dudukan baut terlebih dahulu

Pilih braket kotak motor. (memberi)

Inilah hal yang harus diperhatikan: apakah pemegangnya dua atau empat. Ini berguna untuk menentukan kapan harus membeli tanda kurung.

Lebih baik membawa sepeda motor ke tempat pembelian tanda kurung, sehingga dapat disesuaikan secara instan. Jika tidak, bisa pesan kebiasaan.

2. Dua baut, pakai HR monorack

Pilih braket kotak motor
Pilih braket kotak motor. (memberi)

Motor yang hanya memiliki tumpuan dua baut, disarankan untuk digunakan tanda kurung monorak SDM 4 atau heavyrack. Hal ini dimaksudkan agar pondasi box motor bisa lebih kokoh.

Karena memiliki empat tumpuan yang juga diikatkan pada pijakan kaki atau rangka tengah, sehingga mampu menahan beban berat.

3. Empat baut, pakai monorack universal saja

Pilih braket kotak motor
Pilih braket kotak motor. (memberi)

Sedangkan untuk model empat baut bisa menggunakan MR 4, atau monorakyang hanya dipasang pada dudukan sanggurdi.

Tapi dalam tips memilih braket box motor, Tidak salah juga jika ingin menggunakan HR 4 untuk tipe dudukan empat baut, karena memiliki kekuatan untuk menampung beban yang lebih berat. Tapi tentu kembali lagi ke kebutuhan: sesuaikan dengan beban yang ingin dibawa.

4. Pastikan sudah sesuai standar

Pilih braket kotak motor
Pilih braket kotak motor. (memberi)

Kemudian pilihlah tanda kurung sesuai standar, dari jenis bahan dan ketebalannya. Sebab, resiko salah pilih tanda kurung bisa bikin patah, atau goyang saat di jalan. Material yang digunakan, sebaiknya terbuat dari besi dengan campuran baja, dengan perbandingan 80/20 persen

Selain bahan, ketebalan pelat pada braket kotak juga harus dipertimbangkan. Untuk ketebalan 3 mm usahakan hanya menahan beban sekitar 1-6 kilo saja, dan untuk ketebalan 5 mm keatas bisa menahan beban 1 kg sampai 10 kilogram.

Memahami? Sekarang,setelah mengetahui cara memilihnya, kini saatnya anda mengetahui jenis-jenisnya tanda kurung.

Jenis tanda kurung untuk sepeda motor

Tips memilih braket box motor
Tips memilih braket box motor. (memberi)

Tanda kurung universal. Ada tanda kurung kotak dengan pengait empat baut terpasang langsung di bagiannya sub-frame sepeda motor. Kurung posisinya tetap alias tidak bisa digeser. Kurung yang disebut oleh pabrikan kotak, Givi monorak ini adalah model tanda kurung universal.

Sehingga cocok diterapkan pada beberapa tipe motor dan tipe box. Itu sebabnya tanda kurung ini dipilih oleh banyak pengendara. Sebut saja, itu baik tanda kurung kotak sejuta orang. Selain universal, tanda kurung kotak tipe monorak juga memiliki harga yang ramah di kantong yaitu sekitar Rp 200.000.

Kurung sisi kotak. Ada tanda kurung untuk samping kotak atau kotak samping. Baik Kappa maupun Givi tidak memproduksi tanda kurung model ini. Kurung Hal ini biasanya banyak dipilih oleh pengendara yang gemar tur pergi dan ingin membawa lebih banyak akomodasi, untuk jangka waktu yang lama, sehingga penerapan banyak jenis tempat tidur bayi.

Braket geser. Sama seperti namanya, tanda kurung Ini bisa ‘maju dan mundur’ sesuai kebutuhan dan kondisi pengendara. Jika Anda membawa pembonceng, kotaknya bisa digeser ke belakang. Sedangkan jika berkuda sendiri, kotaknya bisa digeser ke depan sehingga penanganan tetap nyaman.

Kurung Heavyrack (HR). Tidak seperti monorak yang terhubung langsung ke sub-frame sepeda motor, tanda kurung Tipe ini memiliki penampang yang lebih panjang. Selain terkait dengan sub bingkai yang berada di bawah jok belakang, tanda kurung tipe ini juga bisa diasosiasikan dengan bolt on shockbreaker atau langkah di belakang.

Sehingga memang akan lebih kuat menopang beban di dalam box karena distribusi bobot yang harus ditanggung tanda kurung lebih luas. Mendapatkan tanda kurung Anda memang harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli box ini, karena harganya yang cukup mahal yaitu di atas Rp 500.000.

Semoga tipsnya memilih kotak braket sepeda motor itu membantu!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts