Find My Device merupakan salah satu fitur yang ada di smartphone saat ini. Untuk mengetahui cara menggunakannya, mari kita lihat penjelasannya.

Anda pasti pernah mengalami barang hilang dan dicari kesana kemari. Setelah lama mencari, artikel itu ditemukan. Jika Anda menemukan barang Anda hilang maka Anda harus khawatir, bukan?

Lalu bagaimana jika smartphone Anda hilang? Dan Anda juga tidak tahu di mana Anda menjatuhkan atau terakhir meletakkan ponsel karena kecerobohan Anda sendiri. Atau bahkan smartphone Anda hilang karena dicuri orang.

Itulah mengapa fitur Find My Device kini hadir di smartphone untuk membantu pengguna menemukan ponselnya yang hilang. Jika Anda ingin menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya untuk menemukan ponsel Anda yang hilang, baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu fitur Temukan Perangkat Saya.

Apa itu fitur Temukan Perangkat Saya.

Fitur Temukan Perangkat Saya memungkinkan Anda melacak, memblokir, dan menghapus data dari jarak jauh pada ponsel yang hilang atau dicuri. Anda juga dapat memeriksa sisa masa pakai baterai ponsel dan jaringan Wi-Fi yang terhubung.

Sebenarnya ada beberapa cara lain untuk melacak HP Android yang hilang. Namun, fitur Find My Device merupakan opsi yang paling mudah dan bisa diaktifkan secara instan di semua ponsel Android. Fitur Temukan Perangkat Saya adalah bagian dari Google Play Protect dan bagian dari rangkaian lengkap layanan Play.

Dirancang untuk melindungi ponsel Anda dari konten berbahaya. Google menggunakan pengetahuannya tentang pembelajaran mesin untuk memindai dan memverifikasi aplikasi yang Anda pasang di ponsel. Meskipun fitur verifikasi aplikasi telah ada selama beberapa tahun, Google telah menyederhanakan prosesnya untuk pengguna.

Cara menggunakan fitur Find My Device.

Cara menggunakan fitur Find My Device.

Ada beberapa cara untuk menggunakan fitur Find My Device. Namun, prasyaratnya adalah Anda memiliki koneksi internet dan perlu mencarinya menggunakan perangkat lain. Langsung lihat berbagai cara untuk menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya di bawah ini.

Bagaimana jika ponsel/ponsel Anda hilang atau dicuri? Ada cara yang sangat sederhana untuk mengetahui apakah ponsel Anda adalah ponsel Android. Hal ini tidak hanya berlaku untuk kasus pencurian saja, tetapi banyak juga dari kita yang meletakkan ponsel dalam mode senyap dan lupa di mana kita meletakkan ponsel.

Dalam keadaan ini bekerja dengan sangat baik. Jika terjadi pencurian, fitur Temukan Perangkat Saya tidak dapat membantu Anda jika ponsel dalam keadaan mati.

1. Temukan perangkat saya dengan Google

Google ADM atau Google Android Device Manager adalah aplikasi bawaan untuk ponsel Android. Sayangnya, metode pelacakan ponsel yang hilang berhasil digunakan saat ponsel dalam keadaan aktif. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk Temukan Perangkat Saya menggunakan Google ADM.

  1. Gunakan perangkat Android teman atau kerabat Anda untuk mengakses Google ADM.
  2. Masukkan alamat email dan kata sandi ponsel yang hilang untuk memulai pelacakan, lalu klik Terima.
  3. Aplikasi kemudian akan menampilkan merek dan model ponsel yang terkait dengan alamat email yang Anda masukkan. Kemudian Anda dapat mengklik merek dan tipe ponsel yang ditampilkan.
  4. Jika pencarian berhasil, Google ADM akan menampilkan lokasi ponsel saat ini.
  5. Lengkap.

Perlu diingat bahwa Find My Phone with Google ADM membutuhkan koneksi internet dan kondisi smartphone yang aktif.

2. Temukan perangkat saya melalui email

Tahukah Anda bahwa email dapat digunakan untuk melacak ponsel yang hilang? Karena menggunakan email untuk menemukan ponsel yang hilang dapat diterapkan pada ponsel yang menjalankan sistem operasi iOS atau Android baik dalam keadaan hidup maupun mati.

Untuk menggunakan cara ini, pastikan alamat email yang digunakan untuk melacak ponsel Anda sama dengan alamat email di ponsel yang Anda cari. Cara melacak HP yang hilang baik aktif maupun non aktif melalui email :

  1. Pertama buka google.com dan akses alamat email yang digunakan pada ponsel Anda yang hilang dengan memasukkan alamat email dan kata sandi ke browser web.
  2. Setelah Anda berhasil mengakses email tersebut, pilih ikon 9 titik di pojok kanan atas.
  3. Kemudian pilih untuk masuk dengan akun Google atau akun Google Anda, lalu pilih Temukan Ponsel Anda.
  4. Kemudian Google akan menampilkan merek dan tipe ponsel yang hilang. Jika ponsel yang ditampilkan benar, Anda dapat mengklik opsi ini dan mengklik “Cari”.
  5. Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke Google Maps dan menerima notifikasi lokasi terakhir ponsel Anda.
  6. Lengkap.

3. Temukan perangkat saya dengan Google Maps

Terakhir, ketika metode lokasi dikirim ke Google Maps dengan email ponsel di atas, Anda dapat langsung menemukan ponsel yang hilang melalui Google Maps.

Google Maps memiliki fitur seperti lokasiku, petunjuk arah, informasi bisnis, dan fitur lainnya yang dapat digunakan untuk melacak ponsel. Cara melacak Android dengan Maps:

  1. Pertama, buka aplikasi Google Maps.
  2. Kemudian pilih Pengaturan lalu klik Bagikan lokasi.
  3. Kemudian pilih waktu pelacakan, jam terakhir atau perkiraan waktu kehilangan.
  4. Selanjutnya, pilih “Orang” lalu masukkan alamat email dan nomor ponsel yang terkait dengan ponsel yang hilang.
  5. Setelah itu, klik Bagikan lalu klik Aktifkan.
  6. Tunggu 24 jam dan lokasi ponsel Anda yang hilang akan terlihat dan terlacak.
  7. Lengkap.

Rekomendasi aplikasi untuk melacak smartphone yang hilang di samping fitur Temukan perangkat saya.

Rekomendasi aplikasi untuk melacak smartphone yang hilang di samping fitur Temukan perangkat saya.

Selain fitur Find My Device, Anda bisa menggunakan bantuan beberapa aplikasi tambahan yang bisa melacak lokasi ponsel Anda. Aplikasi berikut dapat membantu Anda menemukan atau melacak ponsel yang hilang.

1. Temukan aplikasi My Mobile

Klik di sini untuk mengunduh

Jika Anda adalah pengguna smartphone Samsung, jangan ragu untuk menemukan ponsel Anda yang hilang karena Anda sudah memiliki aplikasi bawaan bernama Find My Mobile.

Untuk menemukan HP Samsung yang hilang, Anda bisa meminta keluarga atau kerabat pemilik HP Samsung untuk membuka aplikasi Find My Phone dan menghubungkannya dengan perangkat yang hilang tersebut. Cara melacak perangkat sangat sederhana.

  1. Pertama, Anda harus pergi ke Pengaturan> Biometrik dan Keamanan> Temukan Ponsel Saya.
  2. Kemudian Anda dapat memilih “Kirim lokasi terbaru” untuk mendapatkan pembaruan lokasi perangkat terbaru.
  3. Kemudian gunakan juga fitur Unlock My Phone untuk membuka kunci ponsel Anda yang hilang dari perangkat Samsung lainnya.
  4. Lengkap.

2. Aplikasi Pelacak Ponsel Hilang

Anda dapat mengunduh aplikasi Lost Phone Tracker ke perangkat lain dari Google Play secara gratis. Setelah proses pengunduhan dan pemasangan selesai, ikuti petunjuk di bawah ini.

Klik di sini untuk mengunduh

  1. Pertama kamu bisa mengakses aplikasi Lost Phone Tracker.
  2. Lalu masuk ke menu Track Lost Phone di sidebar kiri aplikasi.
  3. Kemudian tunggu aplikasi berhasil menemukan ponsel Anda yang hilang.
  4. Lengkap.

Dengan aplikasi ini Anda dapat melacak lokasi ponsel Anda yang hilang saat ini. Selain itu, kamu juga bisa melakukan factory reset dari jarak jauh dengan perangkat lain selama aplikasi penjaga privasi terhubung dengan ponsel yang hilang.

3. Aplikasi “Google Find My Device”.

Jika Anda adalah pengguna Android, Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis dari Google Play. Aplikasi Google Find My Device memudahkan Anda sebagai pemilik ponsel untuk melacak lokasi ponsel Anda saat ini dan memungkinkan Anda untuk mengunci ponsel yang hilang dari jarak jauh.

Untuk mengakses lokasi ponsel Anda yang hilang. Anda dapat menggunakan fitur peta luar ruang saat ponsel berada di area terbuka. Jangan khawatir jika ponsel Anda yang hilang berada di ruangan tertutup karena pengguna dapat mengakses aplikasi menggunakan fitur peta dalam ruangan Google Find My Device.

Kata terakhir

Artikel ini menjelaskan fitur Temukan Perangkat Saya. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang kesulitan menemukan ponsel, teman atau keluarga anda yang hilang.

Kami mohon maaf atas kesalahan dalam informasi penulis atau metode pengiriman. Jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada penulis karena telah mengunjungi artikel kami. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Recommended Posts