Apa kabar sobat semua, sibuk mencari surat lamaran tugas kelas 12? Wah kebetulan sekali pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi cover letter secara detail mulai dari struktur cover letter, isi dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya ikuti penjelasan kami di bawah ini.

Beberapa orang lebih suka bekerja setelah Abitur (SMA), tetapi tentu saja Anda memerlukan surat lamaran untuk itu. Sekarang surat lamaran harus berisi permintaan pekerjaan.

Yang perlu Anda ketahui: Surat lamaran merupakan salah satu poin terpenting yang akan menentukan kesuksesan Anda saat melamar suatu posisi pada tahap seleksi selanjutnya.

Oleh karena itu, Anda memang perlu menyogok surat lamaran Anda agar menarik perhatian, cara Anda harus menyusunnya sesuai prosedur yang dibutuhkan jangan sampai membuatnya asal-asalan.

Untuk membuat aplikasi yang efektif, sekarang kami akan menjelaskan beberapa elemen yang harus ada di dalamnya. Untuk penjelasannya, simak Review Materi Surat Lamaran Kelas 12 Kurikulum Bahasa Indonesia B di bawah ini.

Tentang surat lamaran

Sebelum mendalami unsur-unsur yang harus ada dalam sebuah cover letter, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian cover letter dan tujuannya. Mengetahui pentingnya menulis akan membantu Anda membuat surat pengantar secara efektif.

Surat lamaran ini termasuk dalam kategori salah satu surat resmi yang isinya berisi permintaan dari seseorang untuk bekerja di suatu perusahaan atau instansi.

Saat membuat surat lamaran, Anda harus mengetik atau menuliskannya serapih mungkin agar HRD bisa membacanya. Dari isi surat tersebut, HRD bisa mengidentifikasi kepribadian seseorang yang melamar pekerjaan. Oleh karena itu, surat lamaran sangat penting, yang harus Anda perhatikan saat melamar.

Selain sebagai unsur efektif, penulis surat juga harus memperhatikan susunan kata atau bahasa. Untuk surat pengantar, Anda harus menggunakan bahasa formal. Meskipun menggunakan bahasa formal ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya bahasa yang memiliki kesan dan maksud untuk mempromosikan diri. Karena surat itu diberikan kepada pihak pemberi kerja.

Konsep menulis surat pengantar

Konsep menulis surat pengantar

Kita sudah tahu bahwa surat pengantar adalah bagian penting dari proses aplikasi. Tentunya sebelum anda membuatnya, anda harus sudah menyiapkan konsep cover letter sejak lama.

Bagi kamu yang ingin membuat cover letter tapi belum tahu konsepnya seperti apa, kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini. Berikut penjelasannya

1. Pengenalan Diri

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah Anda perlu memberikan detail saat memberikan identitas Anda. Karena itu juga merupakan poin penting yang menentukan kesimpulan dari level selanjutnya

2. Tujuannya jelas

Saat menulis surat lamaran, pastikan Anda menulis dengan jelas apa tujuannya. Misalnya ingin melamar jadi guru, tulis sesuai tujuan.

3. Penggunaan bahasa formal

Jika ingin menulis surat lamaran, pastikan penggunaan kata harus formal dan sopan. Jangan menulis surat lamaran dalam bahasa sehari-hari atau bahasa daerah. Gunakan bahasa Indonesia formal sesuai kamus KBBI.

Struktur surat lamaran

Bahan surat lamaran kelas 12

Setelah Anda memahami konsep menulis surat lamaran, kini Anda perlu memahami struktur atau isi surat lamaran. Silahkan simak penjelasan dibawah ini untuk lebih jelasnya sampai siap.

1. Tempat dan tanggal pembuatan

Saat membuat surat pengantar, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah tempat dan tanggal pembuatannya, artinya Anda perlu menuliskan di mana dan pada tanggal berapa.

Dan untuk tempat menulis, Anda perlu meletakkannya di sisi kanan atas. Kemudian anda harus menggunakan huruf kapital pada nama tempat dan bulan untuk menulis huruf, kemudian nama tempat dan tanggal harus dipisahkan dengan koma (,).

Contoh:

Magelang, 19 Juli 2022

2. Lampiran dan hal

Yang kedua adalah lampiran dan hal-hal, untuk lampiran Anda perlu menjelaskan berapa banyak lampiran yang Anda tuju dan hal-hal yang perlu Anda jelaskan mengapa Anda mengirim surat itu. Dan untuk penulisan angka di lampiran tidak bisa menggunakan angka.

Contoh:

Lampiran: Lima daun

Subjek: Aplikasi untuk guru bahasa Inggris

3. Alamat tujuan

Ketiga, Anda perlu menuliskan siapa yang dimaksud surat tersebut, tergantung kebutuhan produsen tertentu, apakah itu korporasi, lembaga, atau yayasan sekolah.

Dan penempatan tulisan di bawah ini adalah lampiran dan p. Dan untuk aturan ejaan yang pertama tidak perlu menggunakan awalan dengan kata “to”, tulis saja Dear. Dan untuk alamat maksimal 3 baris, nama jalan tidak boleh disingkat dan tanda baca di akhir baris tulisan tidak diperbolehkan. Jika Anda tidak tahu nama HRD, Anda bisa menggunakan sapaan Bapak/Ibu

Contoh:

Yang terhormat Bapak/Ibu Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Al-Abror

Di Salaman, Magelang

4. Salam dan pembukaan surat

Sebagai aturan, apa yang berlaku untuk menulis surat lamaran berlaku untuk salam pembuka, kalimat “Dengan hormat” dan kemudian Anda mengisinya dengan kata pengantar di awal surat. Dan biasanya kata pembuka diisi dengan penjelasan bagaimana Anda mengetahui tentang lowongan pekerjaan.

Contoh:

Sungguh-sungguh,

Berdasarkan iklan pada selebaran yang dibagikan tentang tawaran pekerjaan guru bahasa Inggris, di sini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di Yayasan Perguruan Tinggi Islam Al-Abror untuk membimbing Anda menjadi guru bahasa Inggris.

5. Isi surat

Dan untuk isi suratnya, Anda bisa mengisinya secara detail dengan data identitas diri. Tuliskan Nama Lengkap, TTL, Alamat Lengkap, Nomor Handphone, Email, Pendidikan Terakhir.

Dan dalam isi surat lamaran anda juga bisa melampirkan keahlian dan pengalaman anda di PKL, KKN, magang atau lainnya. Selain pengalaman ketangkasan Anda, Anda juga dapat memanfaatkan pengalaman organisasi yang Anda ikuti di perguruan tinggi atau sekolah.

Contoh:

saya yang bertandatangan

Nama: Zakkiya Mahbuba

Tempat dan tanggal lahir : Magelang, 25 Februari 2001

Alamat: Kalisalak, Salaman, Magelang

surel : [email protected]

tidak. HP: 085225179805

Contoh: “Saya lulusan Diploma Pendidikan Bahasa Inggris UIN Walisongo. Selama kuliah, saya aktif mengikuti organisasi fakultas dan menjadi wakil ketua BEM. Saya ingin melamar menjadi guru bahasa inggris di sekolah Roudhotus Suhban, dengan pengalaman yang saya dapatkan insyaallah saya bisa bekerja sama dengan sekolah tersebut.

Dan saat menulis isi surat, Anda perlu berhati-hati bahwa saat mendeskripsikan identitas Anda dengan formulir daftar yang menggunakan tanda baca (:), pastikan untuk memulai semua baris dengan huruf kecil.

6. Lampiran

Item keenam adalah lampiran di mana Anda dapat menuliskan dokumen apa saja yang Anda lampirkan sebagai pendukung atau persyaratan pelamar. Dan lampiran yang diberikan biasanya CV (curriculum vitae), sertifikat FC, foto paspor dan portofolio. Dan jika sudah pernah mengikuti lomba, pelatihan atau seminar yang ada sertifikatnya, bisa juga dilampirkan sebagai fotokopi berkas. Dan itu bisa menjadi nilai tambah bagi Anda, agar HRD lebih mempertimbangkan keahlian Anda.

Contoh:

Saya menambahkan yang berikut untuk pertimbangan Anda:

  1. fotokopi kartu identitas,
  2. daftar riwayat hidup (CV),
  3. fotokopi ijazah terakhir,
  4. fotokopi transkrip catatan,
  5. sertifikat organisasi,
  6. sertifikat ras,
  7. Penghargaan untuk jasa khusus.

Dan seperti biasa ketika menulis dalam bentuk list seperti itu, semua huruf di awal kalimat harus huruf kecil.

7. Surat pengantar

Di bagian akhir surat Anda, Anda dapat menjelaskan apakah Anda memiliki harapan yang sangat tinggi untuk diterima di yayasan. Dan jangan lupa untuk menulis catatan terima kasih.

Contoh:

Ini adalah surat pengantar yang saya buat. Saya sangat berharap Anda akan mempertimbangkan dan memberi saya kesempatan untuk menjelaskan lebih banyak tentang potensi saya di fase selanjutnya. Terima kasih atas perhatian Anda.

8. Tanda tangan dan nama pemohon

Unsur terakhir surat adalah nama dan tanda tangan pemohon, untuk tempat penulisan diletakkan di pojok kanan bawah.

Contoh:

Sungguh-sungguh,

(Tanda tangan)

Zakiya Mahbuba

Kata terakhir

Demikian penjelasan oceannesia.id selengkapnya tentang materi surat lamaran kelas 12. Semoga informasi yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah mengunjungi artikel kami. Jika ada kata-kata yang salah dalam ejaan atau pengucapan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Recommended Posts