Karburator sulit direm kadang dialami oleh pemilik motor tua. Masalah ini biasanya terjadi karena motor sudah lama tidak diservis sehingga banyak kotoran yang mengganggu kinerja karburator. Di sisi lain, karburator juga perlu disetel ulang.

Karburator yang tidak dirawat secara rutin tentu akan mengalami masalah. Selain membersihkan, melakukan reset juga akan membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna dan putaran mesin menjadi stabil. Sedangkan karburator susah direm akan membuat putaran mesin tidak stabil dan tidak nyaman dikendarai.

Karburator sulit direm

Sepeda motor yang susah di-idle bahkan bisa tiba-tiba mati saat putaran gas diturunkan. Sedangkan saat berhenti, pengendara terkadang harus menahan putaran gas agar mesin tidak mati. Cukup banyak hal yang berpotensi mengganggu putaran mesin yang lambat, seperti beberapa penyebab berikut ini;

1. Aliran bahan bakar tidak lancar

Karburator sulit direm. (shutterstock)

Penyebab utama yang membuat karburator suzuki susah idle adalah aliran bahan bakar dari tangki yang tidak lancar. Biasanya karena ada sumbatan baik oleh udara atau kotoran.

Untuk masalah yang satu ini, solusinya cukup sederhana. Anda hanya perlu melepas selang bahan bakar yang terhubung ke karburator. Biarkan bahan bakar mengalir keluar hingga terlihat lancar dan tidak ada yang tersumbat lagi.

2. Setting yang tidak pas

Karburator sulit direm
Karburator sulit direm. (shutterstock)

Penyebab kedua yang mungkin membuat karburator motor anda tidak mulus adalah karena settingan pilot screw yang tidak pas. Bisa juga karena setting ketinggian pelampung bahan bakar terlalu rendah sehingga mengakibatkan suplai bahan bakar kurang ideal.

Cara mengatasi penyebab karburator susah direm ini adalah dengan memutar sekrup pada karburator. Untuk mengatur gas, putar sekrup searah jarum jam. Sedangkan untuk mengatur udara, Anda dapat memutarnya searah jarum jam agar udara yang masuk lebih sedikit atau memutarnya ke arah sebaliknya jika menginginkan hasil sebaliknya.

3. Baru ganti knalpot racing?

Karburator sulit direm
Karburator sulit direm. (Nobi Racing)

Nah, banyak orang yang beranggapan bahwa mengganti knalpot standar dengan knalpot racing juga bisa membuat motor kesayangan Anda susah melambat. Oleh karena itu, sangat penting bagi mekanik untuk melakukan reset karburator agar pas, bukan sekadar membongkar dan memasang knalpot baru.

Jika Anda malas untuk kembali ke bengkel jika menemui masalah seperti ini setelah mengganti knalpot standar dengan knalpot racing, Anda bisa mencoba mengganti nosel pada karburator ke ukuran yang lebih besar, atau menyesuaikan setelan udara lagi.

Itulah 3 kemungkinan yang menyebabkan motor Anda sulit direm. Agar tidak menghadapi masalah tersebut, ada baiknya selalu rajin membersihkan karburator minimal dua bulan sekali dan menyetel ulang agar performa yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan.

Memang bongkar karburator merupakan pekerjaan yang cukup menyita waktu, jika Anda seorang biker yang tidak suka mengutak-atik motor. Cara termudah adalah dengan rutin membawanya ke bengkel dan biarkan mekanik membersihkannya dengan baik. Paling tidak, setiap mengganti oli, Anda juga harus membersihkan karburator.

Baca juga artikel terkait Otomotif atau postingan menarik lainnya di OpenReview.

Recommended Posts