Kawasaki baru saja merilis ZX 25R terbaru. Motor ini bisa dibilang versi 2023 yang hadir dengan sejumlah improvisasi. Namun sentuhan lebih baru diberikan di sisi fitur yang semakin canggih layaknya motor besar alias big bikes.

Sedangkan dari sektor eksterior atau desain tidak ada perubahan yang dilakukan. Kawasaki tetap mempertahankan bentuknya yang tajam dan agresif. Di luar itu, Kawasaki ZX 25R terbaru memiliki varian baru.

ZX 25R 2023

Adapun vArian baru yang dimaksud disebut ZX25RR, yang tampaknya menentukan kemampuannya untuk siap digunakan di lintasan. Hal itu tidak lepas dari penambahan fitur-fitur baru. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut;

1. Knalpot baru

ZX 25R

Kawasaki ZX 25R mendapatkan sentuhan pada bagian knalpot. Pada versi sebelumnya, Kawasaki membekalinya dengan knalpot model underbelly. Artinya, posisi knalpot yang digunakan tepat berada di bawah mesin. Penggunaan mesin gaya underbelly biasanya akan memberikan kemampuan akselerasi yang lebih baik.

Namun pada versi 2023, Kawasaki mengubah desain knalpot ZX25R. Desain knalpotnya tidak lagi di bagian perut tapi di belakang seperti biasa. Kawasaki juga tidak memberikan update terkait peningkatan tenaga dari pergantian desain knalpot alias masih sama.

Di atas kertas, motor ini memiliki tenaga sebesar 50 HP pada 15.500 rpm dan torsi sebesar 22,9 Nm pada 14.500 rpm. Kawasaki juga menyematkan fitur Assist & Slipper Clutch pada mesinnya.

2. Speedometer full digital, bisa disambungkan ke hp

ZX 25R
ZX 25R

Perubahan signifikan pada Kawasaki ZX 25R terbaru ada di bagian speedometer. Kini motor ini menggunakan speedometer full digital dengan teknologi TFT, mirip dengan yang digunakan pada Kawasaki ZX10R.

Speedometer ini juga memiliki dua mode yaitu Standard/road mode dan Circuit mode yang akan menampilkan informasi sesuai dengan kebutuhannya. Menariknya, speedometer ini juga memiliki semacam dark mode dengan menampilkan background gelap.

ZX 25R
ZX 25R

Tak hanya itu, pemilik juga bisa menghubungkan smartphone miliknya dengan speedometer ZX 25R terbaru. Menggunakan aplikasi bernama Rideology, pemilik bisa melihat berbagai informasi terkait motornya di layar smartphone.

Selebihnya, Kawasaki menyediakan beberapa pilihan riding mode sebagai berikut;

– Mode Hujan: Pengaturan KTRC maksimum, usaha minimal

– Mode Balap: Pengaturan KTRC minimum, daya maksimum

– Mode Jalan: Pengaturan keseimbangan antara KTRC dan daya

– Rider Mode: Pengaturan pilihan pemilik

3. Suspensi baru

ZX 25R
ZX 25R

Kawasaki ZX 25R hadir dengan suspensi upside down (USD) tipe SFF-BP (Separate Fork Function – Big Piston). Bedanya, di versi 2023 ada penambahan fitur. Kini Kawasaki membekalinya dengan setting pre-load yang memiliki hingga 20 level. Pengaturan pre-load ini ada di garpu kanan ZX 25R 2023 yang dapat diatur menggunakan kunci bintang khusus.

Beralih ke bagian belakang, motor ini bahkan mendapatkan suspensi baru yang mengacu pada Kawasaki ZX10R. ZX25R versi terbaru hadir dengan suspensi besutan Showa yang memiliki sistem fluida gas nitrogen. Terdapat 3 pengaturan yaitu pre-load, rebound dan compression.

ZX 25R
ZX 25R

Dengan penggunaan suspensi tersebut, bisa dibilang motor ini siap untuk digunakan di track day. Namun perlu dicatat, penggunaan suspensi berfitur lengkap hanya tersedia pada varian terbaru bernama ZX25RR.

4. Harga

ZX 25R
ZX 25R

Alhasil, kini hadir 3 varian Kawasaki ZX 25R. Yang paling murah adalah varian standar, versi ini hadir tanpa sistem pengereman ABS dan fitur Quick Shifter. Lalu ada varian ABS SE yang dilengkapi dengan rem ABS dan fitur Quick Shifter.

Yang paling mahal adalah ZX25RR. Perbedaannya ada pada penggunaan suspensi baru yang memiliki settingan seperti Kawasaki ZX10R.

Daftar Harga Kawasaki ZX 25R Terbaru 2023;

-Kawasaki ZX-25R STD | Metalik Spark Hitam | Rp 105.000.000

– Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE | Metallic Grapphinesteel Grey/ Ebody & Candy Persimmon Red/ Ebony | Rp 123.500.000

– Kawasaki Ninja ZX-25RR | Hijau Kapur/Eboni | Rp 129.900.000

Jadi, tertarik melamar ke Kawasaki ZX 25R terbaru 2023 ini?

Baca juga artikel terkait otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Yudhianto Thohirin.

Recommended Posts