Viar New Q1 merupakan salah satu motor listrik yang dipasarkan di Indonesia. Jika tertarik untuk memiliki Viar New Q1 ketahui dulu spesifikasi dan harganya.

Motor listrik bisa menjadi pilihan di tengah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Rata-rata harga motor listrik yang beredar di pasaran saat ini masih bisa dikatakan terjangkau.

Selain itu, motor listrik juga minim perawatan karena tidak ada lagi mesin konvensional sehingga bisa menghemat pengeluaran.

,

Sekarang ini ada banyak merek kendaraan roda dua yang menjajakan motor listrik, sebut saja satu di antaranya Viar dengan produknya bernama New Q1.

Tentang Motor Listrik Viar Q1

Viar Q1 terakhir kali mendapat penyegaran pada 2019 lalu. Pihak Viar menyebut motor ini dengan nama New Q1 sebagai generasi kedua.

Sebagai informasi, generasi pertama Q1 diluncurkan pada 2017.

New Q1 mendapatkan beberapa ubahan yang meliputi tampilan hingga baterai. Target pasar motor ini adalah konsumen yang memiliki gaya hidup dengan mobilitas tinggi.

Bagi Anda yang tinggal di kawasan Jakarta, pasti sering melihat New Q1 berlalu lalang. Perlu diketahui, Viar telah menjalin kerja sama dengan Grab yang merupakan perusahaan transportasi online.

Motor tersebut tidak digunakan untuk bawa penumpang, melainkan hanya mengantar pesanan makanan atau minuman saja.

Jika menelusuri sejarah Viar, sudah berdiri di Indonesia sejak 2000 melalui PT Triangle Motorindo.

Perusahaan ini mempunyai visi, yaitu menjadi produsen motor serta kendaraan niaga terbesar di Indonesia. Mereka berkomitmen untuk memproduksi kendaraan dengan kualitas tinggi, namun harganya tetap terjangkau.

Untuk menarik minat masyarakat di berbagai kota di Indonesia, Viar terus menambah jaringan di seluruh Tanah Air. Kini, sudah ada lebih dari 700 jaringan Viar. Tak hanya itu, Viar juga terus tingkatkan hilirisasi industri komponen dalam negeri untuk jadi bagian dari rantai pasokan.

Harga Viar New Q1

Bagi Anda yang tertarik membeli New Q1, motor tersebut bisa dibeli lewat official store Viar di e-commerce dengan harga Rp21,02 juta. Ini merupakan harga diskon, di mana harga asli New Q1 Rp21,52 juta.

Sebagai catatan, Viar hanya melayani pembelian New Q1 di kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Motor tersebut ditawarkan dalam enam pilihan warna, Prestige Black, Shinning Red, Sweet Green, Royal Blue, Snow White, dan Bright Yellow.

Spesifikasi Mesin Viar New Q1

Viar New Q1 telah dibekali dengan dua buah baterai Lithium Ion. Masing-masing baterai punya kapasitas sebesar 60 volt dengan 23 ampere.

Selain itu, dua baterai New Q1 sudah didukung teknologi mumpuni berupa Viar BMS (Battery Management System). Teknologi ini dapat memantau arus listrik, tegangan, serta suhu baterai sehingga dapat memberi perlindungan terhadap baterai motor.

Viar mengklaim motor tersebut dapat menempuh jarak hingga 60 km untuk satu baterai. Mengenai penggerak New Q1, mengandalkan motor Brushless-Hub buatan Bosch. Motor ini pun dapat mengeluarkan tenaga sebesar 800 watt.

Pengisian baterai New Q1 membutuhkan waktu 4-5 jam per baterai. Cara mengecasnya mudah, sama seperti mengisi daya ponsel. Pertama, sambungkan charger ke soket pengisian di New Q1 terlebih dahulu, kemudian sambungkan ke stop kontak.

Mesin Viar New Q1 2022

Tipe Baterai Lithium Ion 60 V 23 Ah
Teknologi Viar BMS
Tenaga 800 watt
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Peredam Kejut Ayun Ganda
Sistem Rem Hidrolik Cakram

Eksterior Viar New Q1

Viar New Q1 cocok digunakan konsumen yang berusia muda dan ingin terlihat gaya saat mengendarai motor. New Q1 punya desain yang terlihat stylish dan compact.  Motor ini pun mudah dibawa berkendara di jalan yang penuh kendaraan.

Dimensi

Dari segi dimensi, New Q1 punya panjang 1.680 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.220 mm.  Selain itu, New Q1 punya daya angkut hingga 120 kg. Motor ini juga memiliki bobot sekitar 78,5 kg.

Desain

Jika melihat New Q1 secara keseluruhan, desain motor tersebut memang terlihat compact, stylish, serta cukup retro. Ini bisa terlihat dari adanya beberapa elemen membulat di bodi New Q1, mulai dari lampu depan hingga siluet bodi motor tersebut.

Lampu depan motor ini sudah dilengkapi teknologi LED sehingga dapat memberi pencahayaan yang terang di malam hari. Pada bagian setang New Q1 sendiri, terdapat tombol dengan simbol P di sebelah kanan setang motor ini. Tombol tersebut berfungsi sebagai pengaman motor.

New Q1 tidak akan langsung melaju setelah motor dinyalakan. Pengguna harus menekan tombol P selama tiga detik hingga tulisan ‘ready’ berwarna hijau muncul di bagian speedometer paling atas. Hal ini menandakan motor sudah bisa dibawa berkendara.

Selain itu, ada juga tombol dengan lambang kunci pas yang berguna sebagai tuas gas darurat. Jika tuas motor rusak, pengguna bisa memencet tombol ini dan motornya dapat kembali melaju.

New Q1 tidak mempunyai knalpot seperti motor konvesional pada umumnya. Oleh karena itu, suara mesin motor ini lebih halus dan tidak menimbulkan suara bising saat berkendara di jalan.

Di sisi lain, New Q1 punya pijakan kaki yang luas sehingga dapat meningkatkan kenyamanan berkendara. New Q1 turut dilengkapi ban tubeless berukuran 90/90-10. Di bagian belakang, terdapat sistem penggerak motor Brushless-Hub buatan Bosch.

Speedometer

Speedometer pada New Q1 menggunakan layar LCD negatif. Warna dasar speedometer ini hitam dengan angka berwarna putih, sehingga terkesan elegan dan mudah dibaca.

Dari speedometer tersebut, pengguna bisa mengetahui berbagai informasi penting mengenai motornya saat berkendara seperti kapasitas baterai, mode berkendara yang digunakan, suhu motor, dan sebagainya.

Fitur

Selain memiliki desain stylish, New Q1 juga dibekali dengan beragam fitur yang mumpuni, ada USB Charging Port untuk mengisi daya smartphone atau gadget lain.

Selain itu dibekali pula dengan smart key serta remote yang mempunyai empat tombol.

Adapun fungsinya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan alarm, sebagai answer back system, serta menyalakan motor. Dengan adanya fitur ini, mesin New Q1 dapat dinyalakan tanpa harus menggunakan anak kunci alias keyless.

Tak ketinggalan, motor tersebut mempunyai mode berkendara berupa standard dan sport. Mode ini bisa diaktifkan saat motor melaju ataupun berhenti.

Ada juga fitur lain yang tidak kalah penting disematkan pada New Q1, yaitu Emergency Throttle Position. Fitur tersebut berguna untuk mengunci tuas gas. Ada pula fitur parkir yang bisa menahan motor selama lima detik.

FAQ

  • Berapa harga motor listrik Viar New Q1?

Viar New Q1 ditawarkan seharga Rp21,02 juta per Oktober 2022.

  • Berapa jarak tempuh Viar New Q1?

Dibekali dua baterai, Viar New Q1 dapat menempuh jarak hingga 120 km.

  • Berapa lama pengisian daya baterai Viar New Q1?

Pengisian baterai New Q1 membutuhkan waktu 4-5 jam per baterai.

  • Apa saja warna Viar New Q1 yang ditawarkan?

Ada enam opsi warna Viar New Q1 yang bisa dipilih konsumen, Prestige Black, Shinning Red, Sweet Green, Royal Blue, Snow White, dan Bright Yellow.

Daftar Motor Listrik Viar 2022

Selain New Q1, Viar juga memiliki motor listrik lain sebagai berikut.

Viar N1 dan N2

N1 dan N2 merupakan motor listrik terbaru dari Viar. Di atas kertas, Viar N1 punya tenaga 1.500 watt dan jarak tempuh 55 km. Motor ini mengandalkan baterai Lithium-Ion 60V 23Ah yang hadir dalam 2 opsi.

Sementara itu, tenaga Viar N2 lebih besar di mana mencapai 2.000 watt dengan jarak tempuh 110 km. Mengenai harga, Viar N1 Rp25,87 juta, sedangkan N2 Rp34 juta.

Viar C2

Jika dilihat dari bentuk, Viar C2 bisa dibilang setengah motor listrik dan setengah sepeda listrik.

Viar C2 memiliki baterai Graphene 48V 13Ah yang bisa dilepas pasang (portable). Tenaga motor ini mencapai 500 watt. Jarak tempuh motor tersebut hanya 50 km sehingga cocok digunakan untuk perjalanan jarak dekat.

Viar RE3

Berbeda dari model lain, Viar RE3 merupakan motor listrik yang memiliki roda tiga. Desain motor ini cukup unik di mana punya bagasi untuk membawa barang di belakang. Viar RE3 telah dibekali dengan baterai VRLA 48V 20Ah. Tenaga motor ini mencapai 500 watt.

Jarak tempuh Viar RE3 sendiri 60 km.

Recommended Posts