Sebelum melakukan ujian, pastinya kita harus belajar terlebih dahulu kan ya. Nah, untuk itu disini . akan bagikan ke kamu soal UAS PKN kelas 6 semester 1 ya. Kamu bisa menyimak bagaimana contoh-contoh dari soal UAS yang akan keluar, ya.

Jika kita melakukan ujian dan nantinya mendapatkan nilai yang bagus kan jadi lebih senang ya. Akan membuat kamu menjadi lebih bangga dengan diri kamu sendiri ya. Bukan hanya diri kamu sendiri, nantinya orang tua kamu juga akan merasa bangga lho ya jika anaknya mendapatkan nilai yang bagus.

Maka dari itu, sebelum dilakukannya ujian, kamu harus belajar yang rajin ya supaya mendapatkan nilai yang baik. Untuk belajar, kamu nantinya membutuhkan contoh-contoh soal untuk mengasah hasil belajar kamu tentang materinya. Nah, untuk itu kamu sudah pas nih masuk ke dalam artikel kami.

Karena kami akan memberikan ke kamu contoh-contoh soal yang nantinya akan ada di saat Ujian Akhir Semester, ya. Kamu jangan sampai ketinggalan untuk melihat soalnya ya. Karena soal-soal yang akan kami berikan semuanya akan lebih mudah dan gampang untuk kamu pelajari. Oke?

Contoh Soal UAS PKN Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013

soal-uas-pkn-kelas-6-semester-1

Memang ya cara belajar orang masing-masing ini berbeda, ada yang bisa belajar kalau dibimbing dan ada juga orang yang bisa belajar kalau sendiri dan sunyi gitu suasananya. Kalau kamu tipe yang mana nih? Oya, menjelang ujian pastinya kamu akan jadi lebih sering untuk belajar kan ya.

Pastinya dong, kamu akan mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin supaya nantinya saat ujian kamu bisa dengan lancar mengerjakannya. Yap, seperti yang sudah kami sampaikan ke kamu ya, kalau kamu belajar, maka nantinya nilai kamu akan bagus dan juga membanggakan.

Selain belajar, untuk mendapatkan nilai yang bagus juga nantinya kamu harus melakukan persiapan diri lho ya. Jangan sampai nantinya karena sibuk belajar kamu tidak memikirkan kesehatan kamu. Kamu jangan sampai lupa untuk makan ya walaupun sibuk belajar.

Nah, untuk menambahkan kesiapan kamu dalam belajar, kamu perlu mengetahui tentang apa saja soal-soal untuk UAS atau Ujian Akhir Semester kelas 6 yang akan keluar. Disini kami akan membagikan contoh soalnya untuk kamu, ya. Jadi, di bawah ini ada beberapa soal UAS yang bisa kamu pelajari. Langsung simak soal-soal yang nantinya akan bisa kamu pelajari, ya.

Soal UAS PKN Kelas 6 Semester 1 Pilihan Ganda

Di dalam soal UAS, nantinya kamu akan mendapatkan beberapa macam soal, ya. Salah satunya kamu akan bisa mendapatkan soal dalam bentuk pilihan ganda. Di dalam bentuk soal yang satu ini, nantinya kamu akan bisa langsung menjawab dengan memilih jawaban yang benar.

Nah, untuk itu, di bawah ini kami akan memberikan ke kamu beberapa contoh soal untuk pilihan ganda yang bisa kamu gunakan untuk latihan pengerjaan soal. Kamu langsung simak, ya soalnya di bawah ini.

1. Andri melihat seorang nenek yang sedang kesusahan untuk menyebrang jalan. Saat melihat pemandangan seperti itu, Andri langsung buru-buru menghampirinya dan langsung membantu nenek tersebut untuk menyebrang jalan. Saat sudah sampai di seberang jalan, nenek ingin memberikan uang kepada Andri karena sudah menolongnya. Tetapi, Andri menolak karena Ia ikhlas membantunya. Sikap Andri di dalam cerita tersebut adalah…

a. Rendah hati.
b. Rela berkorban.
c. Kerja keras.
d. Cinta tanah air.

2. BPUPKI adalah organisasi yang dibuat untuk mempersiapkan kemerdekaan negara Indonesia. Organisasi BPUPKI diketuai oleh…

a. Radjiman Widyodiningrat
b. Soekarno
c. R.P. Soeroso
d. Moh. Yamin

3. Dalam merumuskan pancasila, para tokoh perumus pancasila melakukan musyawarah untuk bisa menciptakan pancasila yang baik dan banyak nilai-nilainya. Nah, nilai yang bisa kita teladani dari perumusan pancasila ini kan salah satunya adalah musyawarah, apakah musyawarah itu…

a. Meyakini bahwa pendapat sendiri merupakan pendapat yang paling benar diantara yang lainnya.
b. Menghargai semua pendapat yang diberikan walaupun pendapat tersebut tidak sama dengan pendapat pribadi.
c. Pembahasan yang dilakukan bersama untuk mencari suatu kesepakatan yang mufakat.
d. Rela meninggalkan pendapat pribadi dan menyetujui pendapat orang lain demi mendapatkan pujian dari orang banyak.

4. BPUPKI mengadakan sidang sebanyak dua kali. Nah, di tanggal berapakah sidang BPUPKI yang kedua diadakan…

a. 29 Juli – 3 Agustus 1945
b. 29 Mei – 1 Juni 1945
c. 11 Juli – 5 Agustus 1945
d. 17 Agustus – 18 Agustus 1945

5. Tokoh-tokoh perumus pancasila memiliki sifat kerja keras yang patut diteladani. Nah, kamu sebagai pelajar juga wajib meneladani sifat kerja keras dengan cara…

a. Selalu menghargai pendapat teman walaupun memiliki perbedaan.
b. Mengerjakan tugas yang diberikan Bapak/Ibu guru dengan bersungguh-sungguh.
c. Mengikuti upacara bendera hari senin dan tidak pernah membolos.
d. Saling membantu dikala melihat teman yang sedang kesusahan.

6. Di dalam perumusan pancasila, kita dapat melihat banyak sekali nilai juang yang bisa diteladani, ya. Nah, diantara nilai juang yang ada manakah yang merupakan nilai juang pancasila kecuali…

a. Selalu mengutamakan kepentingan kelompok dibandingkan kepentingan pribadi.
b. Pengabdian dan jiwa kepahlawanan.
c. Semangat persatuan dan kesatuan.
d. Membela dan selalu memperjuangkan hak asasi.

7. Siapa kah yang menjadi ketua PPKI…

a. Ir. Soekarno
b. Moh. Yamin
c. K.H Dewantara
d. Sayuti Melik

8. Suatu hari, Pak Dodo memberikan tugas kelompok untuk siswanya. Di dalam kelompok harus terdiri dari 4 orang siswa. Nah, kebetulan Nisa mendapatkan teman kelompok yang sangat-sangat baik. Di kelompok tersebut, Nisa menjadi seorang ketua kelompok. Nisa akhirnya membagikan tugas untuk setiap anggota kelompoknya dengan rata. Mereka berjanjian setelah pulang sekolah akan mengerjakan tugas kelompoknya di rumah Nisa. Saat tiba di rumah Nisa, mereka langsung mengerjakan tugasnya dengan sesuai pembagian yang sudah ditetapkan tadi. Akhirnya tugas mereka selesai dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Berdasarkan cerita yang ada, musyawarah akan memberikan manfaat…

a. Tugas yang dikerjakan menjadi lebih lebih cepat selesai dan lebih ringan.
b. Membuat pertengkaran antara satu siswa dan siswa yang lain.
c. Membebani satu pihak dan pihak yang lain senang-senang saja.
d. Tidak menyelesaikan pekerjaan yang ada.

9. Siapakah yang merumuskan nama pancasila di saat rapat perumusan pancasila…

a. Soepomo
b. Moh. Hatta
c. Soekarno
d. Moh. Yamin

10. Saat perbedaan pendapat di antara anggota BPUPKI terjadi, masalah atau perbedaan pendapatnya mudah untuk diatasi. Apakah penyebab perbedaan pendapat yang ada mudah diatasi…

a. Karena BPUPKI memiliki kepemimpinan yang sangat kuat untuk dikalahkan.
b. Anggota BPUPKI memiliki kemampuan untuk saling serang dan mengalah.
c. Karena anggota BPUPKI memiliki satu tujuan yang ingin dicapai, yaitu merdeka.
d. Semua anggota BPUPKI memiliki tanggung jawab yang kurang jelas.

Soal UAS PKN Kelas 6 Semester 1 Jawaban Singkat

Tidak hanya soal pilihan ganda saja yang ada di dalam UAS nanti, tetapi kamu juga akan diberikan soal-soal yang memiliki jawaban singkat. Untuk itu, kamu jangan belajar dengan soal pilihan gandanya saja, tetapi kamu harus belajar dengan soal-soal yang lainya juga.

Tipe soal ini memang banyak, ya, namun kamu tenang saja karena disini kami akan membagikan ke kamu contoh soal untuk UAS PKN kelas 6 semester 1 dalam bentuk jawaban singkat juga lho ya. Oya, untuk menjawab soal dengan jawaban singkat ini, nantinya kamu bisa langsung isi dengan jawaban yang tidak panjang.

Oke, untuk soal UAS (Ujian Akhir Semester) maka kamu harus simak contoh soal yang kami berikan di bawah ini, ya. Kamu bisa langsung kerjakan soal di bawah ini untuk menambahkan bahan pembelajaran yang kamu gunakan untuk menghadapi UAS ya. Langsung simak soalnya, yuk.

  1. Pada Undang-Undang Dasar 1945, rumusan dasar negara Indonesia tercantum pada alinea ke…
  2. Di dalam Piagam Jakarta dan rumusan pancasila yang disahkan hingga sekarang memiliki perbedaan. Pada sila yang keberapa kah perbedaan rumusan tersebut…
  3. Dasar Indonesia merdeka berhasil dirumuskan oleh Panitia Sembilan yang disebut dengan…
  4. Saat merumuskan pancasila, tokoh-tokoh yang ikut sangat menjunjung tinggi perbedaan pendapat. Mereka tidak ada yang mengabaikan pendapat tokoh lainnya. Artinya para tokoh tersebut menjunjung tinggi sikap…
  5. Tanggal berapakah hari lahirnya pancasila…

Soal UAS PKN Kelas 6 Semester 1 Essay

Selain soal jawaban panjang, nantinya kamu juga akan mendapatkan soal Essay lho ya. Di dalam soal essay ini, nantinya kamu akan diminta untuk melakukan jawaban dengan jawaban yang menggambarkan keseluruhannya. Misalkan kamu diminta untuk menjelaskan sesuatu atau menjabarkan sesuatu.

Tidak hanya itu saja, nantinya kamu juga akan bisa mendapatkan soal UAS yang meminta kamu untuk menyebutkan beberapa hal. Oleh karena itu, untuk melatih kamu kami akan berikan ke kamu contoh soalnya. Kamu harus pelajari baik-baik, ya contoh soal yang ada di bawah ini.

  1. Jelaskan mengapa rumusan pancasila yang terdapat di Piagam Jakarta dan rumusan yang disahkan sekarang terdapat perbedaan?
  2. Tuliskan 3 contoh di sekolah yang menunjukkan sikap toleransi terhadap teman!
  3. Buatlah penjelasan mengenai proses perumusan pancasila dengan bahasa kamu sendiri dalam beberapa paragraf!

Nah, kamu sudah mengetahui kan bagaimana contoh soal untuk Ujian Akhir Semester ini? Sekarang kamu saatnya belajar ya supaya nantinya kamu bisa mendapatkan nilai ujian yang baik. Di atas kami sudah sampaikan juga contoh-contoh soal yang lainnya ya.

Tidak hanya contoh soal dalam bentuk essay saja, tetapi juga sudah banyak contoh soal pilihan ganda, jawaban singkat dan juga essay. Maka dari itu, di atas kamu akan bisa mendapatkan bahan untuk belajar yang lumayan ya. Cara yang bisa kamu lakukan adalah kamu harus siapkan dan juga belajar dengan benar.

Jangan sampai kamu lalai untuk melewatkan kegiatan belajar, ya. Karena ya itu tadi, belajar ini sangat penting untuk dilakukan agar bisa mendapatkan hasil yang baik juga ya.

Recommended Posts