Jika kamu merupakan salah satu pengguna Shopee, kami yakin kamu sudah lagi tidak asing dengan yang namanya Shopee Paylater. Pasalnya, fitur Shopee yang satu ini memang saat ini sedang viral dan banyak sekali orang yang menggunakannya ya. Kamu mau menggunakannya juga?

Tapi, kamu masih belum tahu ya bagaimana cara menggunakannya? Kalau memang begitu, kami akan memberikan pada kamu informasi yang super lengkap tentang fitur satu ini sobat. So, buat kamu yang benar-benar tidak tahu tentang fitur satu ini bisa jadi lebih kenal.

Well, informasi yang kami akan berikan pada kamu kali ini akan sangat lengkap sekali ya. So, jika kamu memang membacanya dari awal sampai akhir nanti, kami yakin kamu akan kenal langsung dengan fitur paylater satu ini. Oleh sebab itu, silahkan kamu simak saja langsung detailnya di bawah.

Shopee Paylater Adalah?

Shopee-Paylater-Adalah

Sebelum kami kenalkan aplikasi satu ini pada kamu lebih jauh, kami akan bahas tentang pengenalan singkat seputar apk satu ini terlebih dahulu ya pada kamu.

Jadi, Shopee Paylater adalah sebuah fitur sekaligus metode pembayaran yang disediakan oleh pihak Shopee dimana kamu bisa pesan sekarang bayar nanti.

Iya, kami tidak berbohong sobat. Seperti namanya, Paylater yang mana gabungan dari dua kata yaitu pay dan later. Pay artinya membayar dan later artinya nanti.

So, kalau digabungkan artinya bayar nanti ya. Gimana? Sampai sini saja kamu sudah bisa mengerti bukan apa fungsi dari fitur satu ini?

Nah, kalau begitu, kita kapan bayarnya? Well, biasanya kamu memang akan diminta untuk membayar bulan depannya lagi sobat.

Dan kamu tidak harus membayar 100%-nya bulan depan karena akan ada banyak  opsi yang bisa kamu pilih sobat.

Bahkan, ada yang lebih dari tiga bulan juga lho. Menarik sekali bukan? Oleh sebab itu, jika kamu mau tahu detailnya, kami akan bahas informasi lengkapnya di bagian bawah.

So, kalau kamu mau informasi seputar pembayaran atau informasi lainnya juga, itu artinya kamu jangan kemana-mana terlebih dahulu ya sobat. Check this out.

Opsi Jatuh Tempo Pembayaran Shopee Paylater

Seperti yang kami sudah sampaikan beberapa saat lalu, ada banyak sekali opsi yang bisa kamu pilih untuk menggunakan fitur satu ini. Mau tahu opsi-opsinya? Silahkan kamu baca saja daftar di bawah ini ya.

  • 1 kali bayar
  • 3 kali bayar
  • 6 kali bayar
  • 12 kali bayar

Buat kamu yang masih belum mengerti apa maksud dari daftar yang kami sudah tuliskan di atas, kami akan menjelaskannya secara singkat pada kamu langsung ya.

Jadi, jika kamu memilih opsi yang satu kali bayar di Shopee Paylater, artinya kamu harus membayarnya di bulan depan secara penuh sobat. Iya, itu artinya satu bulan jatuh temponya.

Begitu juga dengan 3, 6, serta 12 kali bayar. Itu artinya kamu harus membayarnya sebanyak 3 kali dalam 3 bulan, 6 kali dalam 6 bulan, dan 12 kali dalam 12 bulan.

Semakin banyak cicilan yang yang kamu ambil, tentunya uang yang kamu harus keluarkan akan jadi makin ringan ya karena memang artinya dibagi dengan jumlah cicilan yang kamu pilih.

Namun, semakin banyak jumlah cicilan yang kamu ambil, itu artinya akan semakin banyak juga bunga yang kamu harus bayar sobat.

Tapi kamu tidak perlu merasa khawatir sobat karena bunga yang kamu harus bayar sudah termasuk uang cicilan yang kamu bayarkan. Jadi, tidak perlu membayar lagi.

Lain halnya pada saat telat membayar. Mungkin kamu akan dikenakan biaya bunga tambahan. Kami tidak begitu tahu karena kami belum pernah telat bayar.

Kumpulan Benefit Menggunakan Shopee Paylater

Kumpulan-Benefit-Menggunakan-Shopee-Paylater

Well, ada banyak benefit yang bisa kamu dapatkan ya memang kalau kamu menggunakan salah satu fitur pembayaran yang dimiliki oleh Shopee ini.

Kalau kamu belum tahu apa saja benefit yang bisa kamu dapatkan dengan item satu ini, kami akan langsung membahasnya di bawah ini. Silahkan disimak.

1. Bisa Belanja Meski Tidak Punya Uang

Kamu pasti sering sekali kan ada di masa-masa dimana kamu tidak memiliki uang sama sekali, tapi kamu sangat ingin sekali membeli suatu hal.

Misalnya saja seperti baju, sepatu, dan lain sebagainya. Well, sepertinya itu adalah masalah yang hampir selalu dialami oleh banyak orang ya sobat.

Nah, salah satu solusi yang bisa kamu gunakan adalah Shopee Paylater ini sobat. Pasalnya kamu bisa tetap belanja meskipun kamu sedang tidak memiliki uang.

Dan seperti yang kami sudah sebutkan juga, cicilan yang bisa kamu ambil pun sangat banyak sekali sehingga kamu bisa sesuaikan juga dengan kantong kamu.

2. Bisa Dipakai Shopee Food

Jika kamu memang ingin membeli makan siang, namun sangat bokek sekali karena akhir bulan atau lain sebagainya, kamu tidak perlu khawatir.

Selagi kamu menggunakan fitur bernama Shopee Paylater ini, kamu tidak akan mati konyol karena kelaparan sobat.

Pasalnya, fitur pembayaran satu ini juga bisa kamu gunakan untuk membayar makanan yang kamu pesan melalui Shopee Food. Keren kan?

So, kalau sewaktu-waktu kamu sangat terdesak butuh makan namun sedang akhir bulan, kamu bisa langsung pakai saja fitur yang Shopee sediakan ini ya.

3. Proses Daftar Mudah

Selain itu, kamu juga tidak perlu bingung masalah proses pendaftaran dan lain sebagainya ya sobat. Pasalnya, prosesnya sangat mudah sekali.

Kamu juga tidak perlu keluar rumah sama sekali karena semuanya bisa kamu lakukan secara online. Iya, hanya dengan apk Shopee yang kamu miliki saja.

Selain itu, kamu juga hanya perlu menyiapkan KTP saja sebagai berkas tambahannya. Iya, tidak perlu yang lainnya sobat. Keren sekali bukan?

So, jika kamu cukup penasaran terkait seberapa mudah proses pendaftaran yang kamu harus jalankan, kami sudah siapkan di bawah ya tata caranya. Jadi, kamu tinggal baca saja ya.

4. Aman Dan Terpercaya

Mungkin kamu disini masih takut ya terkait keamanan yang yang dimiliki oleh fitur aplikasi satu ini. Well, kami hanya ingin mengingatkan kalau ini aplikasi Shopee sobat.

Dan Shopee Paylater ini merupakan salah satu fitur yang dikeluarkan oleh Shopee secara legal. Jadi, kamu tidak perlu khawatir.

Shopee sendiri adalah aplikasi belanja online yang sudah mendunia ya. Ada banyak sekali Negara yang menggunakan aplikasi satu ini, terutama Negara-negara di Asia.

So, kamu tidak perlu merasa khawatir sama sekali ya terhadap penggunaan fitur satu ini.

5. Sudah Diawasi OJK

Kalau kamu merasa masih kurang yakin dengan Shopee Paylater, kamu harus baca tentang poin yang kami akan sampaikan kali ini. Well, fitur ini sudah diawasi OJK sobat.

Jadi, OJK atau Otoritas Jasa Keuangan adalah suatu badan yang dimiliki oleh Indonesia yang mana tugasnya adalah mengawasi semua badan-badan yang bergerak dibidang keuangan ya sobat.

Dan karena di dalam Shopee ini ada transaksi yang melibatkan keuangan, yaitu paylater ini, sudah pasti semua pergerakannya akan diawasi oleh OJK ya.

Namun, sampai saat ini OJK tidak mem-banned aplikasi atau fitur Shopee yang satu ini bukan? So, itu artinya tidak ada yang salah ya dengan apk satu ini.

6. Limit Terus Bertambah

Jadi, Shopee Paylater ini sistemnya kurang lebih sama seperti kredit ya sobat dimana akan ada limit atau batas pinjaman yang akan kamu punya.

Namun, semakin lama limit kamu akan bertambah banyak sobat. Tapi, tentunya ada syarat yang kamu harus penuhi dan lakukan ya kalau kamu mau limit kamu bertambah.

Salah satu cara atau syarat yang kamu harus lakukan adalah selalu membayar tagihan tepat pada waktunya. Dengan begitu, pihak Shopee nantinya akan melihat kamu sebagai orang yang serius.

Sehingga, kemungkinan besar mereka akan langsung memberikan limit tambahan secara bertahap ya. So, jangan lupa kamu ikuti saja syarat tersebut.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Shopee Paylater?

Bagaimana-Cara-Mengaktifkan-Shopee-Paylater

Kamu sudah sangat tertarik untuk untuk menggunakan apk satu ini? Kalau begitu, kamu bisa langsung memulai proses pendaftarannya saja.

Seperti yang kami sudah sampaikan, kamu tidak akan mendapatkan kesulitan sama sekali ya sobat mengingat prosesnya yang memang sangat mudah sekali.

Kalau kamu mau tahu sebapa mudah prosesnya, kami sudah siapkan tata caranya di bawah. Oleh sebab itu, silahkan kamu langsung simak saja detailnya di bawah ini.

  • Pertama-tama, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Shopee di ponsel Android kamu ya.
  • Setelah kamu mengunduh apk-nya, kamu bisa langsung buka dan login saja kea kun yang kamu punya ya.
  • Sudah? Lalu kamu masuk saja ke menu “Saya” yang opsinya ada di kanan bawah.
  • Pada bagian menu “Dompet Saya”, kamu bisa klik opsi “SPayLater” saja langsung ya.
  • Klik saja opsi saja opsi “Aktifkan Sekarang” maka kamu akan langsung masuk ke dalam menu selanjutnya.
  • Next, kamu akan diminta untuk melakukan mengisi kode verifikasi yang dikirimkan ke dalam WA kamu ya.
  • Namun, sebelum itu, kamu bisa pilih saja opsi WA kalau kamu memang mau menerima kode verifikasinya di WA.
  • Then, kamu akan diminta untuk meng-upload “foto KTP” kamu ya. Upload saja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa informasi tambahan berupa biodata. Isi saja dengan benar ya.
  • Dan setelahnya, kamu jangan lupa untuk mengunggah “foto kamu bersama KTP” juga ya.
  • Terakhir, kamu hanya perlu menunggu beberapa saat hingga proses pengajuan kamu disetujui oleh pihak Shopee.
  • Selesai.

Mungkin keliatannya proses yang kami tuliskan di atas ini agak sedikit ribet dan panjang ya. Namun, kenyataannya tidaklah demikian kok sobat.

Jika kamu merasa tidak percaya, kamu bisa langsung jalani sendiri langsung. Kami yakin kamu tidak akan memakan waktu lebih dari setengah jam.

Cara Membayar Shopee Paylater Bagaimana?

Masih belum tahu cara melakukan pembayaran Shopee Paylater? Well, kamu jangan khawatir karena kami akan memberitahu caranya.

Sebenarnya, kalau kamu mau melakukan pembayaran Shopee Paylater, kamu tidak membutuhkan cara khusus atau semacamnya sobat. Iya, kami serius.

Kamu cukup mengisi Shopee Pay saja sesuai dengan jumlah tagihan yang kamu  miliki bulan itu. Nanti, secara otomatis Shopee Pay kamu akan langsung terpotong.

Namun, pastikan kamu benar-benar mengisi Shopee Pay dengan jumlah yang tepat ya. Jangan sampai kurang sobat.

Kalau bisa lebih. Karena, kalau kurang tentu saja kamu akan dibaca oleh sistem sebagai orang yang kurang bertanggung jawab.

Dan kamu kemungkinan besar akan mendapatkan kesulitan nantinya. Dan tentunya, kamu juga nantinya akan semakin sulit nantinya mendapatkan tambahan limit pinjamannya.

Tutorial Menggunakan Shopee Paylater Sebagai Metode Pembayaran

Jika kamu masih awam sekali dalam melakukan belanja online, kami akan langsung memberitahu kamu tertarik bagaimana cara menggunakan fitur pembayaran Paylater ini.

Jika kamu mau tahu tutorial lengkapnya, kami bisa bantu kamu tuliskan di bawah. So, silahkan kamu langsung simak saja ya di bawah ini.

  1. Pertama kamu buka Shopee dan langsung kamu cari saja barang mana yang ingin kamu beli.
  2. Kalau sudah, kamu bisa langsung “masukkan keranjang” atau langsung “checkout” ya.
  3. Setelah kamu mengklik opsi “Checkout” secara otomatis kamu akan di masuk ke halaman berikutnya.
  4. Silahkan kamu langsung setting saja alamat kamu yang benar ya agar nanti kurirnya bisa mengirim barangnya dengan benar.
  5. Setelah itu, silahkan kamu masukkan voucher saja kalau memang ada.
  6. Dan jangan lupa untuk klik opsi “Metode Pembayaran” untuk memilih cara apa yang kamu akan gunakan.
  7. Di menu tersebut, kamu bisa langsung klik saja opsi “Shopee Paylater” dan pilih saja opsi cicilan yang mau kamu pilih.
  8. Setelah itu, kamu bisa langsung klik “Buat Pesanan”.
  9. Nanti, secara otomatis pesanan kamu akan dibuat dan akan dikirim ke alamat kamu.

Bagaimana menurut kamu tutorial pakai yang kami sudah berikan di atas? Sangat mudah untuk dimengerti bukan? Kami harap begitu ya. Jika memang begitu, silahkan kamu langsung ikuti saja tata caranya.

Resiko Menggunakan Bunga Shopee Paylater

Kalau kamu memang sangat tertarik dengan fitur pembayaran satu ini, kami sarankan kamu baca bagian satu ini dulu ya. Siapa tahu kamu jadi merasa tidak tertarik setelah membacanya.

1. Memiliki Bunga

Seperti yang kami sudah sebutkan, fitur pembayaran satu ini memang sudah include dengan bunganya ya sobat.

Bahkan, semakin lama kamu menyincil, maka akan semakin banyak juga kamu akan menerima bunga untuk dibayar.

Oleh sebab itu, lebih baik kamu gunakan metode pembayaran COD atau yang lainnya saja deh. Pasalnya, metode pembayaran tersebut tidak ada bunganya, tidak seperti Shopee Paylater.

2. Kalau Telat Bayar Nama Rusak

Well, asal kamu tahu saja ya sobat, sistem Paylater ini sama seperti sistem perbankan dan sudah diawasi oleh OJK juga bukan?

So, dengan begitu kalau kamu telat bayar dan nama kamu jelek di mata Shopee, itu artinya nama kamu juga akan jelek di mana badan perbankan yang diawasi OJK lainnya.

Iya, kami serius. Jadi, kamu akan sulit kedepannya nanti kalau ingin melakukan pinjaman uang di bank atau leasing. Jadi, pikir-pikir dulu ya.

3. Menyebabkan Ketagihan

Kalau kamu sudah menggunakan apk satu ini, itu artinya kamu harus siap juga merasa tertarik untuk terus menggunakannya sobat.

Well, ini tidak main-main ya karena semua orang yang pernah menggunakan Shopee Paylater memang merasakan hal tersebut.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu tidak menggunakan atau mendaftar di fitur satu ini sama sekali ya. Daripada kamu nanti ketagihan?

Recommended Posts