Layanan mobil di rumah sangat penting untuk Anda lakukan untuk beberapa waktu ke depan. Tak hanya berguna untuk menjaga kondisi mesin dan kuda besi tetap prima, servis motor di rumah juga dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 sesuai dengan anjuran yang dikeluarkan pemerintah.

Anda tidak perlu khawatir dengan prosedur servis motor sederhana di rumah tanpa perlu bantuan mekanik di bengkel. menariknya, service motor di rumah juga tidak memerlukan alat khusus seperti yang biasa Anda temukan di bengkel.

Langkah Mudah Servis Motor di Rumah

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan saat melakukan swalayan di rumah. Apa pun? Dikutip dari laman resmi Honda naikberikut langkah-langkah servis motor di rumah.

1. Cuci Motor

Layanan mobil di rumah. Foto: Shutterstock

Bisa dibilang mencuci motor adalah langkah termudah untuk melakukan servis motor di rumah. Mumpung masih ada waktu, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah karena peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit.

Yang Anda butuhkan hanyalah detergen khusus kendaraan bermotor, selang, spon, dan chamois sebagai langkah terakhir pengeringan motor. Selain itu, Anda bisa mencuci motor terlebih dahulu sebelum menyemprotkan cairan pembersih. Tunggu beberapa saat, lalu bilas.

2. Ganti Oli

Layanan mobil di rumah
Layanan mobil di rumah

Langkah selanjutnya dalam melakukan servis motor di rumah adalah ganti oli. Saat mesin panas, buka penutup oli dan letakkan baki di bawah motor dan hilangkan sumbatan. Pastikan Anda melepas baut dengan benar.

Harap dicatat, baut ini biasanya yang terbesar. Soal penempatan, umumnya di bagian bawah atau samping. Untuk Honda CBR250RR, baut yang harus dibuka ada di sisi kanan motor. Nah, setelah berhasil membuka penutup oli, gunakanlah oli yang sesuai dan sesuai dengan standar motor ya.

3. Filter Udara

Layanan mobil di rumah
Layanan mobil di rumah

Sesuai namanya, komponen motor yang satu ini berguna untuk menyaring udara yang masuk ke karburator. Sehingga saat digunakan, filter udara bisa kotor dan tertutup debu. Jika hal itu sudah terjadi, filter dengan model spon atau kertas bisa langsung dibersihkan saat melakukannya service motor di rumah. Namun untuk tipe viscos element (Honda Vario, Beat dan Yamaha Mio) harus diganti.

Cara membersihkannya tergantung bahannya. Jika berbusa, Anda bisa mencelupkannya ke dalam bensin lalu mengeringkannya dengan cara diperas. Lakukan beberapa kali hingga benar-benar bersih. Setelah diperas, lapisi permukaan busa dengan oli SAE 10W-40 secukupnya.

4. Sediakan Minyak Pelumas

Layanan mobil di rumah
Layanan mobil di rumah. Foto: Shutterstock

Sepeda motor Anda akan mendapat banyak manfaat dengan menggunakan oli yang tepat di semua komponennya, mulai dari pijakan kaki, lubang kunci, engsel, tuas, dan kabel. Selalu periksa manual untuk mendapatkan langkah-langkah yang sesuai dengan sepeda motor yang Anda miliki.

5. Sesuaikan Rantai

Layanan mobil di rumah
Layanan mobil di rumah. Foto: Shutterstock

Langkah terakhir dalam melakukan servis motor di rumah adalah mengecek kondisi rantai. Komponen ini harus diperiksa secara berkala karena fungsinya yang penting yaitu menghubungkan mesin dan roda agar dapat bergerak.

Yang harus Anda lakukan adalah melonggarkan baut pada as roda belakang. Setelah itu, kencangkan kembali baut-baut yang terletak di bagian samping motor hingga dirasa sudah mendapatkan kekencangan yang pas, baik di bagian kiri maupun kanan. Jika sudah, jangan lupa untuk memasang kembali baut-baut pada as roda yang tadi Anda lepas.

Itulah beberapa langkah servis motor di rumah yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan montir di bengkel. Namun pastikan Anda sudah membaca manualnya terlebih dahulu sebelum melakukannya service motor di rumah Ya.

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts