Ulasan Xpander Baru – Ternyata Mitsubishi tidak hanya merubah tampilan Xpander saja. Mobil tersebut juga mendapat banyak revisi pada bagian yang tidak terlihat, yakni suspensi dan transmisi.

Semua ubahan tersebut berhasil membuat feeling berkendara semakin menyenangkan. Bahkan terasa sangat istimewa saat diajak ngebut.

Ya, setidaknya itulah hasil review New Xpander yang kami lakukan di Sirkuit Bridgestone, Karawang. Tidak tanggung-tanggung, disana kami menginjak pedal gas dengan maksimal, menembus kecepatan 140 km/jam.

Rasanya, mobil masih sangat stabil. Meski memang kondisi suara bising dari luar sudah mulai terdengar, karena laju mobil yang sangat kencang.

Begitu juga saat kita mengambil tikungan cepat, mobil tidak bergoyang berlebihan. Rasanya begitu nyaman berbelok ke kiri dan ke kanan. Ditambah bobot setir yang pas, membuatnya begitu pede saat meliuk-liuknya Ulasan Xpander baru apa yang kita lakukan.

Ulasan Xpander Baru

Kenikmatan ini tak lepas dari penggunaan suspensi baru yang karakternya sedikit lebih tangguh, namun mampu melakukan peredaman kualitas. Alhasil mobil menjadi tenang, meski dalam kecepatan tinggi.

Suspensi Xpander terbaru juga membuat ground clearance mobil ini lebih tinggi, mencapai 220-225 mm. Dengan kata lain, tertinggi di kelas LMPV. Hal ini menarik, karena membuat kolong mobil tidak mudah menyentuh aspal atau tanah saat melaju di jalan bergelombang.

Transmisi CVT Membuat Rasa Berkendara Berbeda

Ulasan Xpander Baru. (Buka Tinjauan)

Review New Xpander berikutnya adalah soal transmisi CVT. Ya, mobil ini menggunakan sistem transmisi baru yang menggantikan otomatis konvensional 4 percepatan.

Dengan adanya CVT, akselerasi tentu terasa lebih mulus, apalagi saat pedal gas diinjak pelan-pelan. Ini memang keunggulan transmisi.

Meski begitu, bukan berarti kesenangan berkendara hilang. Saat mobil dikemudikan secara agresif, CVT Xpander otomatis akan mengeluarkan gejala seperti perpindahan gigi. Jadi ini sangat menyenangkan. Mitsubishi mengklaim serasa berkendara dengan transmisi otomatis 8 percepatan milik Pajero Sport.

Keunggulan lain dari CVT, juga memiliki performa yang mantap. Asalkan putaran mesin sesuai alias di kisaran 3.000 hingga 3.500 rpm. Jika sudah ada, maka saat pedal gas diinjak, mobil melaju kencang dengan enteng.

Hanya saja memang saat rpm masih di bawah atau belum sesuai, respon akselerasinya agak lambat. celah itulah yang perlu Anda ketahui saat mengendarai mobil dengan CVT.

Ulasan Xpander Baru
Ulasan Xpander baru. (Buka Tinjauan)

Yang tak kalah menarik, Xpander baru ini masih dibekali cruise control untuk varian tertinggi. Fitur ini spesial, karena Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga sebagai rivalnya tidak memilikinya.

Lalu bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Ulasan Xpander baru apa yang kami lakukan adalah tidak memeriksa di sana. Meski begitu, Mitsubishi mengklaim penggunaan transmisi CVT bisa membuat LMPV ini lebih hemat bahan bakar. Ditambah lagi ada fitur eco idle yang bisa mematikan mesin secara otomatis saat mobil berhenti.

Sementara untuk mesinnya sendiri, pabrikan tiga berlian ini belum melakukan perubahan apapun pada Xpander terbarunya. Masih mengandalkan kubikasi 1.499 cc, MIVEC, DOHC, 16 katup. Jantung mekanis ini mampu menghasilkan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 105 PS pada 6.000 rpm.

Kenyamanan kabin Xpander terbaru pun semakin baik

Ulasan Xpander baru
Ulasan Xpander baru. (Buka Tinjauan)

Review Xpander baru berikutnya ada di bagian yang terlihat. Bicara soal eksterior, LMPV ini benar-benar berubah menjadi lebih baik.

Gril depan baru berpadu dengan desain lampu depan bergaya T-Shape, benar-benar memancarkan aura modern. Kemudian bagian belakang juga disesuaikan, kini menggunakan lampu yang juga berdesain T-Shape. Peleknya didesain lebih rumit. Khusus untuk varian tertinggi atau Xpander Ultimate dilengkapi dengan warna two tone dan ukuran 17 inci.

Masuk ke interior, tak kalah istimewa. Terdapat jok dengan tampilan baru yang lebih mewah. Lalu dashboard dan door panel sudah dibalut material soft touch. Hasilnya adalah kesan kualitas yang lebih baik.

Plus, ada head unit layar sentuh berukuran 8 inci dengan dukungan fitur Smartphone Linked Display Audio (SDA).

Ulasan Xpander baru
Ulasan Xpander baru. (Buka Tinjauan)

Fitur baru yang juga hadir adalah rem parkir elektrik menggantikan model tuas konvensional. Lalu ada juga fitur brake hold yang akan memberikan kenyamanan saat berkendara di jalanan macet.

Sedangkan untuk penumpang di baris kedua dan ketiga, kenyamanan juga diperhatikan. Misalnya, ada colokan listrik untuk mengisi daya smartphone di setiap baris kursi. Istimewa bukan?

Apalagi harganya juga cukup terjangkau. Xpander terbaru dijual mulai Rp 228,03 juta untuk tipe GLS MT. Sedangkan varian tertinggi alias Ultimate CVT tembus Rp. 272,58 juta.

Meski memiliki banyak keunggulan, bukan berarti Xpander tidak memiliki kekurangan. Sebut saja jumlah airbag yang hanya dua. Tentu hal ini kurang, apalagi sekarang kompetitor seperti Avanza sudah menggunakan airbag enam titik. Kemudian Xpander terbaru juga belum memiliki fitur keselamatan aktif yang lengkap seperti Toyota Safety Sense pada Avanza dan Advanced Safety Assist pada Daihatsu Xenia.

Nah, dengan segala kelebihan dan kekurangan dari Ulasan Xpander baruapakah anda tertarik untuk membeli LMPV Mitsubishi ini?

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts