Ulasan Honda City 2021 Sedan – Kesempatan menjajal sedan entry level dari pabrikan berlogo H akhirnya datang. Kali ini kami melakukan test drive dengan berkeliling Kota Bekasi.

Namun sebelum berkendara, kami dikejutkan dengan hadirnya teknologi remote engine start. Fitur ini mampu mengaktifkan mesin dan AC mobil dari luar kendaraan, dengan menekan tombol di remote. Alhasil saat memasuki kabin sudah terasa sejuk yang terbukti sangat dalam Ulasan Honda City 2021 Sedan ini.

Ulasan Honda City 2021

Istimewa bukan? Apalagi fitur remote engine start tidak dimiliki oleh Toyota Vios sebagai kompetitor.

Lalu saat berada di dalam kabin, tema warna hitam yang dominan menyambut baik untuk memberikan kesan nyaman. Ditambah joknya yang cukup besar dan empuk untuk menopang tubuh pengemudi.

Pengaturan jok cukup lengkap, bisa maju mundur dan naik turun. Begitu juga dengan lingkar kemudinya yang memiliki fitur tilt dan telescopic. Setelah dirasa pas, kita pindahkan tuas transmisi ke posisi D, lalu tancap gas!

Nikmati Tiga Mode Berkendara City Sedan

Review Honda City 2021. (AutoMagz)

Pertama-tama, kita akan mengulas sedan Honda City mengenai mode berkendaranya. Saingan Toyota Vios ini memiliki tiga mode berkendara: D (Drive), Eco, dan S (Sport).

Mode mengemudi D adalah standar. Jika Anda membutuhkan kecepatan, Anda dapat menekan pedal gas dalam-dalam untuk berakselerasi dengan cepat. Di sisi lain, Anda dapat mengambilnya dengan santai jika Anda mau.

Lalu mode berkendara kedua adalah Eco. Cara mengaktifkannya cukup menekan tombol di dekat tuas transmisi. Saat mode ini aktif, putaran mesin akan tertahan di sekitar 1.500 rpm. Efeknya diklaim konsumsi bahan bakar akan lebih irit.

Ulasan Honda City 2021
Review Honda City 2021. (AutoMagz)

Kekurangannya, kita agak kesulitan berakselerasi kencang dengan mode Eco driving. Kecepatan mobil seperti macet. Oleh karena itu, mode ini cocok digunakan di lalu lintas padat yang tidak membutuhkan kesibukan.

Ditambah saat berkendara di tengah kemacetan, bobot setir Honda City generasi kelima juga sepertinya bisa diatur agar lebih ringan. Beralih antar kendaraan lain tidaklah sulit, bahkan memutar pun mudah dilakukan. Padahal dimensi City generasi ke-5 terbilang cukup besar.

Lagi pula, dari Ulasan Honda City 2021 Sedan ini membuktikan bahwa berlama-lama di dalam kabin Honda City juga terasa nyaman. Perpaduan antara kekencangan kabin yang baik dan sistem audio yang mumpuni menjadi kuncinya. Mobil ini memiliki 8 speaker yang mengelilingi kabinnya. Plus, head unit bisa dihubungkan ke smartphone melalui Android Auto dan Apple CarPlay

Bagi penumpang yang duduk di barisan belakang, kenyamanan juga bisa dikatakan cukup lengkap. Terdapat sandaran tangan, kisi-kisi AC, dan colokan listrik untuk mengisi daya baterai smartphone.

Mode Sport dan Konsumsi Bahan Bakar

Ulasan Honda City 2021
Review Honda City 2021. (AutoMagz)

Saat ingin merasakan performa terbaik dari sedan Honda City, mode sport harus dipilih. Cukup pindahkan tuas transmisi ke posisi S, jantung mekanis langsung meraung. Kemudian putaran mesin naik menjadi 3.000 rpm.

Injak pedal gas sedikit saja, mobil berakselerasi dengan cepat. Sangat mudah untuk mencapai kecepatan tinggi. Hal ini sudah terbukti saat kami melakukan review terhadap Honda City Sedan. Tiba-tiba kecepatan mobil sudah mencapai 130 Kpj, bahkan 140 Kpj.

Inilah cara memaksimalkan mesin 1.5L DOHC i-VTEC miliknya. Di atas kertas, i mampu menghasilkan tenaga maksimal 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.300 rpm.

Berkendara cepat dengan City terasa nyaman. Mobil tetap tenang berkat kontribusi bantingan suspensi yang agak keras. Hasilnya adalah perasaan berkendara yang stabil pada kecepatan tinggi.

Kenikmatan berkendara Honda City khususnya model S semakin didukung dengan munculnya paddle shift. Alhasil kita bisa menikmati sensasi perpindahan gigi. Menarik bukan?

Ulasan Honda City 2021
Review Honda City 2021. (AutoMagz)

Jika ingin berkendara santai di jalan bebas hambatan, Anda juga bisa mengaktifkan cruise control. Meski belum adaptif, setidaknya fitur ini bisa membuat kaki Anda sedikit rileks. Tidak perlu menginjak gas dan rem, cukup putar tombol di setir untuk mengatur kecepatan kendaraan.

Setelah puas berkendara sejauh 163 Km keliling Bekasi, kami pun mengecek panel instrumennya. Diketahui konsumsi bahan bakar rata-rata sedan ini adalah 11 Km/liter. Angka yang wajar untuk sebuah sedan 1500 cc.

Setelah membaca review sedan Honda City kami, bagaimana pendapat Anda tentang mobil ini? Memang banyak kelebihannya, apalagi dibandingkan dengan Vios sebagai kompetitor. Namun, harganya juga cukup tinggi.

Harga Honda City generasi kelima Rp. 355 juta. Disebut mahal, karena Vios dijual di bawah itu. Kemudian Toyota juga memberikan pilihan varian, sehingga jika budget anda terbatas anda bisa membeli varian yang rendah. Sedangkan Honda hanya menjual City dalam satu varian saja.

Banderol resmi sedan pabrikan berlogo H ini juga mahal karena didatangkan utuh dari Thailand alias import atau CBU. Sedangkan Vios sudah dirakit secara lokal atau CKD.

Nah setelah ketahuan Ulasan Honda City 2021 Sedan ini, bagaimana menurutmu?

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts