Ulasan Grip Lock layak dipertimbangkan bagi Anda yang mencari keamanan tambahan untuk perjalanan favorit Anda. Memang, ada berbagai produk keselamatan untuk sepeda motor yang tersedia di pasaran. Tujuannya tentu agar kendaraan lebih aman dari incaran pencuri.

Mulai dari pengaman yang memiliki fungsi alarm, hingga yang mekanis seperti kunci cakram, pemilik motor bisa memilih. Grip Lock juga menyertakan pengaman mekanis yang dipasang di setang. Ulasan Grip Lock ini akan menunjukkan apakah perlindungan ini dapat diandalkan.

Ulasan Grip Lock

Maka sesuai dengan namanya, grip lock bekerja dengan cara mengunci posisi handle rem agar tidak bisa digunakan. Pemasangannya juga praktis dan bisa dilakukan dengan cepat namun bisa merepotkan pelaku pencurian. Penasaran? Simak ulasan yang telah dilakukan oleh editor AutoMagz berikut ini;

1. Bahan plastik tapi Tangguh

Ulasan Grip Lock. [AutoMagz/Yudhianto Thohirin]

Penggunaan bahan metal sering dipilih karena dianggap kuat sebagai alat pengaman. Namun tidak demikian dengan grip lock. Produk ini justru memilih menggunakan material plastik sebagai material yang digunakan.

Tapi jangan anggap remeh. Meski berbahan plastik, konstruksi grip lock terbilang kokoh. Pelaku pencurian sepeda motor akan membutuhkan waktu lama untuk merusak keamanan ini. Sedangkan untuk kuncinya, grip lock menggunakan kunci bulat yang diklaim cukup aman.

Namun soal ukuran, grip lock ini terasa cukup besar. Apalagi jika dibandingkan dengan pengaman untuk kunci cakram. Namun keunggulan penggunaan material plastik juga terletak pada pilihan warna yang lebih beragam.

2. Sebaiknya tidak digunakan terlalu lama

Ulasan Grip Lock
Ulasan Grip Lock. [AutoMagz/Yudhianto Thohirin]

Meski cukup aman, penggunaannya yang mengunci posisi gagang rem ternyata memberikan batasan. Pada posisi terkunci, grip lock mengunci gagang rem pada posisi tertekan. Dalam kondisi seperti ini, berarti sepeda motor tidak akan bisa dikendarai karena roda terkunci.

Sayangnya, dalam Ulasan kunci pegangan ini mensyaratkan bahwa kondisi ini tidak boleh dilakukan dalam jangka panjang. Karena rem cakram tidak dibuat untuk ditekan terus-menerus. Jika hal ini dilakukan dalam waktu lama, kemungkinan besar fungsi rem akan terganggu atau bahkan rusak.

Oleh karena itu, penggunaan grip lock tidak disarankan dalam waktu lama. Waktu yang diberikan mungkin maksimal sekitar 2 jam. Jadi, penggunaan grip lock sebaiknya hanya digunakan saat pemilik motor akan meninggalkan kendaraannya dalam waktu singkat, misalnya saat berbelanja di mini mart.

3. Mudah digunakan, harga bervariasi!

Review: Grip Lock, Aman dengan Kondisi. [AutoMagz/Yudhianto Thohirin]
Ulasan Grip Lock. [AutoMagz/Yudhianto Thohirin]

Bagi anda yang tertarik menggunakan pengaman grip lock untuk motor anda, penggunaannya terbilang mudah. Sebelumnya, buka gembok menggunakan kunci yang disediakan. Setelah terbuka, selipkan setang dan rem pada dudukan yang tersedia di grip lock.

Saat setang dan rem dalam posisi, tutup kunci pegangan sambil menekan kunci di ujungnya.

Istilah grip lock sendiri berasal dari brand asli produk ini bernama Grip-Lock. Namun di pasaran beredar produk serupa dengan merek berbeda. Harganya pun beragam, produk grip lock bisa Anda temukan mulai dari sekitar Rp 50.000 hingga lebih dari Rp 100.000.

Semoga tinjauan kunci pegangan ini bermanfaat ya.

Baca juga artikel terkait otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Yudhianto Thohirin.

Recommended Posts