Ulasan Kunci Cerdas DSS Ini adalah salah satu dari banyak cara yang digunakan pemilik sepeda motor untuk mencegah kendaraannya dicuri. Yakni, membekali motor dengan sistem pengaman tambahan untuk mencegah motor dipaksa jalan.

Di pasaran sudah banyak sistem keamanan tambahan untuk sepeda motor dengan fungsi alarm. Namun salah satu merk yang cukup populer adalah DSS smartkey. Pasalnya, perangkat ini bisa membuat motor Anda tanpa kunci alias tidak memerlukan kunci untuk menyalakan mesin. Kami membuktikannya sendiri melalui Ulasan DSS Smartkey ini.

Ulasan Kunci Cerdas DSS

Selain itu, smartkey DSS juga menawarkan sejumlah fitur keamanan menarik yang menjanjikan keamanan berkendara motor Anda. Ingin tahu lebih banyak? Simak review yang dilakukan AutoMagz untuk smartkey DSS tipe HS berikut ini;

1. Paket penjualan

Ulasan Kunci Cerdas DSS. [AutoMagz/Yudhianto Thohirin]

Pertama kali saya menerima smartkey DSS yang masih terbungkus rapi di dalam kotaknya, saya sempat ragu dengan kualitasnya. Karena packaging box yang digunakan terasa sangat murah karena menggunakan bahan yang tipis. Untung cuma bungkusnya.

Saat dibuka isinya, terdapat modul utama dan dua receiver. Modul utama berfungsi sebagai pusat sistem keamanan yang akan menjalankan berbagai fitur smartkey DSS ketika nantinya dipasang di motor.

Sekarang,, kedua penerima inilah yang akan menggantikan kunci untuk menyalakan motor. Sedangkan kualitas bahan yang digunakan cukup baik, sesuai dengan harga yang dibayarkan.

Tampilannya sederhana, tidak neko-neko dan sesuai fungsinya. Anda tidak akan menemukan tombol apa pun pada receiver mengingat penggunaannya sebagai ‘pengidentifikasi’ untuk tombol pintar DSS.

Dalam paket penjualannya, Anda juga akan mendapatkan sebuah baterai untuk digunakan pada receiver. Selain itu juga disertakan kabel instalasi plug n play alias siap pasang. Namun pemasangan kabel ini berbeda untuk setiap motor.

Jadi anda harus memastikan jenis motor yang digunakan sebelum memesan smartkey DSS agar penjual mengirimkan kabel pemasangan yang sesuai dengan motor anda.

2. Instalasi

Ulasan Kunci Cerdas DSS
Ulasan Kunci Cerdas DSS. [AutoMagz/Yudhianto Thohirin]

Meski sudah dilengkapi dengan kabel instalasi yang sudah disiapkan plug n play alias siap pasang, dipastikan pengguna awam masih akan kebingungan untuk memasang smartkey DSS di kendaraan pribadinya. Hal ini dikarenakan kabel instalasi memiliki banyak cabang dan soket yang membingungkan konsumen.

DSS sendiri sebenarnya menyertakan manual untuk membantu proses instalasi. Namun tetap saja bukan perkara mudah bagi pengguna awam untuk memasangnya.

Namun DSS tidak tinggal diam, mengantisipasi kesulitan tersebut pembuat smartkey sudah mencantumkan nomor kontak teknisi yang direkomendasikan untuk pemasangan. Nomor kontak yang dimaksud dapat ditemukan di dalam atau ditempel di sisi kotak.

Sayangnya, Anda harus menyiapkan dana tambahan untuk jasa pemasangan. Biaya yang dibutuhkan berkisar antara Rp 200-250 ribu.

3. Motor tanpa kunci!

Ulasan Kunci Cerdas DSS
Ulasan Kunci Cerdas DSS. [AutoMagz/Yudhianto Thohirin]

Setelah pemasangan selesai, Anda bisa langsung merasakan fitur keyless seperti motor terbaru di tunggangan Anda. Bedanya, motor Anda tetap memiliki lubang kunci meski sudah tidak berfungsi lagi untuk menghidupkan motor.

Tapi Anda tetap membutuhkan lubang kunci untuk mengunci setang atau membuka tutup bagasi atau tangki.

Lalu bagaimana cara menghidupkan motor? Cukup menekan tombol starter satu kali, maka kelistrikan motor akan langsung hidup. Selanjutnya untuk menghidupkan mesin, Anda hanya perlu menekan kembali tombol starter sambil menekan handle rem pada motor matic.

Namun sebelum melakukan langkah-langkah di atas, pastikan penerima berada dalam jangkauan. Jika posisi penerima terlalu jauh, dipastikan motor Anda tidak akan menyala. Karena penerima dan modul utama akan saling mencari dan mengenali saat motor dihidupkan.

Sekarang yang penting bukan lagi kuncinya, melainkan penerima yang menggantikan fungsi kunci dan secara nirkabel.

Sedangkan untuk mematikan motor, Anda harus menekan tombol starter sebanyak 3 kali atau 5 kali. Kedua cara mematikan motor ini juga memiliki fungsinya masing-masing. Penasaran? Lihat ulasan smartkey DSS berikutnya!

Setelah membaca Ulasan DSS Smart Key ini pasti semakin tertarik untuk memilikinya Baik.

Baca juga artikel terkait otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Yudhianto Thohirin.

Recommended Posts