Review All New Avanza – Jika berbicara tentang Avanza generasi ketiga, percayalah, ini adalah mobil yang sama sekali berbeda. Tengok saja desain eksterior dan interior terkini.

Lalu yang tak kalah menarik adalah feeling berkendara. Kami sudah mencoba test drive sendiri di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD). Hasilnya sungguh menakjubkan.

Hasil review All New Avanza yang kami lakukan membuktikan bahwa LMPV pabrikan berlogo T ini sudah naik kelas. Secara khusus yang dibahas disini adalah varian tertinggi atau Avanza 1.5 G CVT TSS.

Saat menginjak pedal gas, akselerasinya halus, tanpa hentakan yang berarti. Maklum sudah menggunakan transmisi CVT. Bicara soal performa mesin 1.500 cc Dual VVT-i miliknya memang cukup dalam Ulasan All New Avanza apa yang kita lakukan.

Review All New Avanza

Apalagi Toyota telah memberikan peningkatan dibandingkan model lama. Torsinya meningkat 1 Nm dan tenaganya 2 PS dibandingkan model lama.

Plus, ada sistem penggerak roda depan. Hal ini membuat performa Avanza terbaru tersalurkan lebih efisien. Tidak ada tenaga yang terbuang karena harus melewati gardan terlebih dahulu seperti pada Avanza lama. Efeknya, dari segi akselerasi terasa lebih lincah.

Bantingan Suspensi Khusus

Review All New Avanza. (Buka Tinjauan)

Kemudian review All New Avanza ini juga membuktikan bahwa suspensi telah berubah menjadi lebih baik. Efek over-swinging sudah tidak ada lagi. Jadi saat melewati jalan bergelombang atau speed bump, nyaman saja.

Suspensi anyar ini juga membuat Avanza semakin asyik bermanuver. Menoleh ke kiri dan ke kanan, masih terasa tenang. Ini juga efek dari dimensi yang lebih lebar, serta penggunaan ban besar berukuran 16 inci.

Meski besar, tidak masalah saat menemui kemacetan, karena setirnya sangat ringan. Selain itu, radius belokan yang cukup kecil yakni 4,9 meter memudahkan manuver di tengah kemacetan dengan New Avanza.

Kenyamanan bantingan suspensi juga terasa lebih nikmat, karena didukung fitur kabin khusus. Ada unit kepala mengambang 9 inci yang besar. Kemudian panel instrumen TFT kombinasi analog dapat memberikan banyak informasi tentang mobil.

Review All New Avanza
Review All New Avanza. (Buka Tinjauan)

Tak ketinggalan, interior mobil lebih lapang. Jarak penumpang baris pertama dan kedua pada All New Avanza adalah 980 mm. Kemudian jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga adalah 700 mm. Kemudian memiliki 240 mm bolak-balik di kursi baris kedua, dipadukan dengan lebar mobil tambahan 70 mm. Review All New Avanza Hal ini membuktikan bahwa penumpang yang duduk di deretan kursi manapun akan merasa nyaman.

Selain itu, All New Avanza juga didesain memiliki konfigurasi yang fleksibel. Misalnya bisa disesuaikan dengan New Pleasant Long Sofa Mode, ini penting saat ingin bersantai di dalam kabin, apalagi saat bepergian jauh.

Avanza Kini Bisa Mengerem Sendiri

Review All New Avanza
Review All New Avanza. (Buka Tinjauan)

Tak ketinggalan dalam review All New Avanza, kami menjajal fitur Toyota Safety Sense (TSS). Kecanggihan fitur TSS ternyata bukan isapan jempol belaka, justru bisa mencegah terjadinya kecelakaan.

Satu hal yang sudah terbukti adalah fitur pre-collision system. Kami coba buat simulasi di jalan tertutup, lalu ada mobil di depan yang berhenti. Selanjutnya kami mencoba tancap gas, seolah ingin menabrak kendaraan di depan.

Alih-alih menabrak, TSS mampu menghentikan mobil alias mengerem sendiri. Alhasil, tabrakan bisa dihindari. Sebelum melakukan aksi tersebut, Avanza baru juga mengirimkan sinyal suara untuk memperingatkan pengemudi. Spesial!

Tak hanya itu, fitur TSS disematkan pada Avanza terbaru. Terdapat pula blind spot monitoring, berguna untuk memberi tahu pengemudi jika ada mobil lain yang menyalip dari samping. Cara menginformasikannya melalui indikator kuning pada spion.

Fitur TSS lainnya adalah Front Departure Alert, Lane Departure Assist dengan Steering Assist, Pedal Misoperation Control, dan Rear Cross Traffic Alert. Semua teknologi keselamatan tersebut menjadi keunggulan, karena kompetitor seperti Mitsubishi Xpander belum memilikinya.

Review All New Avanza
Review All New Avanza. (Buka Tinjauan)

Meski memiliki banyak kelebihan, bukan berarti Avanza generasi ketiga tidak memiliki kekurangan. Betapapun modern dan mewahnya Toyota LMPV ini, kesan mobil murah tetap bisa dirasakan. Misalnya pada plastik di bagian interior, saat dipegang masih terasa murahan. Belum ada panel sentuh lembut.

Kemudian bahkan saat test drive Toyota Avanza baru, terkadang terdengar suara yang mengganggu di interior. Ditambah kekencangan kabin yang tidak banyak berubah dibanding model lama.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, apakah anda masih tertarik untuk membeli Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS? Varian tertinggi ini dijual seharga Rp 264,4 juta.

Namun, ada juga varian lain yang harganya lebih terjangkau. Sebagai informasi, Avanza generasi ketiga memiliki varian yang beragam. Mulai dari 1.500 cc hingga 1.300 cc. Hanya saja varian mesin kecil 1,3 liter hanya tersedia dengan pilihan transmisi manual. Sedangkan varian 1.5 Liter memiliki opsi transmisi CVT termasuk Toyota Safety Sense (TSS).

Nah setelah ketahuan Ulasan All New Avanza apakah, tertarik untuk meminangnya?

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts