Sarung jok mobil ada bermacam-macam jenis, merek, serta harga tergantung pada kualitas produknya masing-masing.

Sarung jok banyak dicari para pemilik mobil guna melindungi kondisi jok agar tetap awet atau tidak cepat rusak. Jika unit mobil dijual kembali, kondisi jok pun tetap ‘gres’.

Namun, memilih sarung jok juga disarankan tidak sembarangan karena bisa mengurangi nilai estetika interior bahkan mengganggu kenyamanan berkendara.

Jadi, bukan melulu soal kualitas, melainkan warna dan model sarung jok perlu jadi pertimbangan.

Rekomendasi Sarung Jok Mobil

MBtech

Merek sarung jok mobil yang pertama adalah MBTech sebagai salah satu yang populer dan banyak direkomendasikan. Salah satu alasan yang sering terdengar adalah karena MBtech memberikan banyak varian untuk membungkus banyak tipe jok.

Sebut saja varian Giorgio, Carrera, Cruiser, New Superior, Camaro, Camaro Fiesta, dan Picasso. Masing-masing varian sarung jok mobil ini berbeda dari sisi teksturnya, tapi tetap memberikan kesan elegan dan mewah.

Selain itu, pilihan warnanya juga bermacam-macam. Tentunya menjadi poin plus karena pemilik mobil dapat menyesuaikan warna sarung jok dengan tema warna interiornya.

Untuk harga yang dipasarkan, kisarannya dapat bervariasi dengan adanya beberapa faktor seperti bahan pendukung (benang, busa, dan sebagainya), tingkat kerumitan desain (standar, custom, semi-custom), dan biaya untuk penjahitnya.

Melihat situs resminya, kisaran harga sarung jok mobil MBtech yang paling murah adalah dari Rp2,25 juta – Rp2,5 juta untuk mobil dua baris menggunakan bahan MBtech Basic (Camaro, Camaro Fiesta, New Superior, Picasso).

Autoleder

Rekomendasi sarung jok mobil berikutnya yaitu merek asal Jerman Autoleder yang produk-produknya menggunakan bahan kulit sapi asli.

Jok mobil merek ini sering ditemukan pada mobil-mobil mewah pabrikan Eropa macam BMW, Mercedes Benz, dan lainnya.

Sarung jok mobil Autoleder tersedia dalam beberapa varian yang berbeda dari teksturnya dan kualitasnya. Ada Autoleder Monza yang bertekstur kulit kayu atau Catania berdesain kulit jeruk.

Varian Dakota juga bermotif kulit jeruk namun lebih tahan dengan kondisi iklim ekstrem, dan Autoleder Nappa yang bertekstur sangat halus dan rapat.

Pilihan warnanya juga variatif, ada warna-warna netral dan juga warna yang lebih ceria.

Varian sarung jok mobil Autoleder yang paling murah adalah varian Monza. Meskipun tidak ditemukan kisaran harga resminya, dari pantauan di situs jual beli harga dari Autoleder Monza sekitar Rp12 jutaan.

Lederlux

Sarung jok mobil yang terakhir merupakan merek lokal bernama Lederlux. Produk-produk Lederlux terbuat dari bahan sintetis yang berkualitas standar internasional.

Selain itu, sarung jok Lederlux juga lebih canggih dengan dilengkapi fitur proteksi sinar UV, Fire Retardant yang membuat bahan tidak mudah terbakar, backing double knitting agar bahan tidak mudah rusak, dan antibacterial serta antifungi.

Terdapat empat varian sarung jok mobil Lederlux, dua di antaranya berupa Primo series. Varian Primo memiliki desain motif yang lebih elegan dengan bahan halus menyerupai kulit asli, sementara varian Primo Star lebih sporty dengan bahan serat perforasi.

Dua varian Lederlux lainnya yakni Altro dan Alvaro. Lederlux Altro memiliki tekstur yang lebih halus dengan sentuhan lembut, sedangkan varian Alvaro bertekstur kulit jeruk.

Kisaran harga sarung jok mobil Lederlux lebih terjangkau dibanding dua merek sebelumnya, yaitu sekitar Rp2 jutaan berdasarkan pantauan di beberapa marketplace. Meski begitu, kualitasnya bisa dikatakan tidak kalah bagus.

Metode Ganti Sarung Jok Mobil

Ada dua cara atau metode dalam mengganti sarung pelapis jok mobil; mengganti permanen secara keseluruhan lapisan jok atau membungkus pelapis bawaan jok dengan sarung.

Ganti Sarung Jok Permanen

Lapisan jok bawaan pabrik dilepas dan diganti dengan bahan yang baru sesuai dengan keinginan pemilik mobil. Metode ini kurang populer dan dihindari oleh para pemilik mobil.

Alasannya karena metode ini akan merusak orisinalitas mobil dan mengurangi nilai jual bekasnya nanti. Selain itu, jenis bahan yang dipilih dan metode permanen belum tentu sesuai dengan selera banyak orang.

Ganti Sarung Jok Semi-permanen

Menggunakan bungkus atau sarung yang bisa dibuka kapan saja, jadi lapisan jok aslinya tidak dilepas. Metode ini paling sering dipakai pemilik mobil untuk mempebarui tampilan joknya.

Dengan memakai sarung, lapisan jok mobil bawaan akan tetap terjaga dan tidak rusak. Jika nanti pemilik ingin ganti suasana kabin mobil, pemilik cukup melepas sarung jok saja.

Jenis Bahan Sarung Jok Mobil

Ada beberapa jenis sarung jok mobil berdasarkan jenis bahannya:

  • Kulit asli
  • Kulit sintetis premium
  • Kulit sintetis
  • Semi kulit
  • Kain atau fabric

Dari kelima bahan sarung jok tersebut, jenis kulit semi sintetis adalah yang paling populer karena harganya dinilai relatif lebih murah dibanding jenis lainnya.

Selain itu, perawatannya juga lebih mudah. Jika ada kotoran, tinggal dilap dengan kain basah dan langsung bersih.

Sementara untuk bahan lain seperti kain, untuk membersihkannya perlu diangkat secara keseluruhan dan minimal menggunakan vacuum.

Lebih ribet lagi kalau bahannya kulit asli, perawatannya harus pakai lotion agar tidak kering dan pecah-pecah.

Penggantian bahan jok mobil biasanya tergantung selera pemiliknya. Ada yang mengganti bahan kulit dengan kain karena merasa tidak nyaman dengan permukaan kulit jok.

Ada juga orang yang lebih suka dengan bahan jok kulit asli atau sintetis karena tampilannya yang memberikan kesan mewah dan premium.

Tips Sebelum Ganti Sarung Jok Mobil

Selain metode, berikut ini kami beberkan tips mengganti sarung jok mobil yang bisa Anda lakukan:

  • Pikirkan lebih dulu metodenya, apakah secara permanen atau semi-permanen (menggunakan sarung)
  • Tentukan pola dan tekstur sarung yang diinginkan
  • Pilih bahan sesuai dengan dana yang dipunya
  • Cari bengkel interior yang bagus dengan pengerjaan yang rapi dan berkualitas
  • Pantau pengerjaan ganti sarung jok oleh bengkel tersebut

Saat ingin mengganti jok, pilih warna yang bernuansa gelap atau kalem seperti beige, coklat, hitam, atau abu-abu. Ini karena warna jok yang lebih gelap atau kalem lebih menarik buat orang awam sehingga harga jual bekasnya akan lebih baik.

Sebaliknya, pemilihan warna-warna cerah dan ngejreng tidak sesuai dengan selera orang awam, jadi nilai jualnya bisa jatuh.

Tips Menjaga Jok Kulit Mobil

Untuk sarung jok mobil yang berbahan kulit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kondisinya lebih tahan lama.

Pertama adalah menghindari parkir di tempat yang terpapar langsung sinar matahari. Jika terlalu sering kena matahari, bahan kulit jok akan cepat kering sehingga potensi retak akan lebih besar. Ditambah lagi akan muncul bau-bau tidak enak.

Kedua adalah bersihkan jok kulit secara rutin. Misalnya jok mobil dibersihkan setiap satu bulan sekali atau dua minggu sekali.

Membersihkan jok kulit bisa menggunakan lotion khusus bahan kulit, hand body, atau baby oil. Cairan tersebut sangat mudah ditemukan di warung-warung, supermarket, mini market, toko online, dan lain-lain.

Recommended Posts