Di tengah melonjaknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM), motor listrik bisa jadi alternatif untuk menghemat pengeluaran. Terlebih harga motor listrik saat ini bisa dibilang cukup terjangkau, ada yang Rp11 jutaa-an saja.

Belakangan ini motor listrik mulai menjamur di Indonesia, hal tersebut dilatarbelakangi oleh keinginan pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan kendaraan listrik sekaligus menekan impor BBM dan mengurangi polusi udara.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian bulan lalu, tercatat ada 38 perusahaan industri perakitan kendaraan listrik di Indonesia, dengan rincian empat perusahaan bus listrik, tiga perusahaan mobil listrik, serta 31 perusahaan kendaraan roda dua maupun roda tiga listrik.

Khusus di kendaran roda dua ada beberapa merek yang mulai eksis di pasaran, antara lain Gesits, Viar, Selis, Katalis, dan United.

Masing-masing merek menyuguhkan berbagai pilihan model motor listrik yang sesuai dengan kebutuhan mobilitas masyarakat.

Jika Anda tertarik membeli atau ingin beralih dari motor konvensional ke motor listrik, Mobil123.com memberikan beberapa pilihan model yang harganya berada di kisaran Rp11 jutaan berserta spesifikasi singkatnya.

Pilihan Motor Listrik Rp11 Jutaan

Motor listrik dengan harga Rp11 jutaa-an memang belum banyak, namun beberapa model yang Mobil123.com beberkan di bawah ini bisa dijadikan pilihan.

Selis E-Max – Rp11,499 Juta

Selix E-Max mempunyai tampilan yang cenderung mengotak. Uniknya, headlamp pada motor ini berbentuk persegi dan sudah mengandalkan LED yang dapat memberikan pencahayaan lebih terang terutama saat berkendara malam hari.

Tak hanya itu, terdapat aksen motif batik di bodi Selis E-Max.

Selis sendiri termasuk merek asal Indonesia yang bergerak di bidang penyediaan kendaraan ramah lingkungan sejak 2011.

Berdasarkan situs resmi Selis, E-Max menggunakan baterai jenis SLA (Sealed Lead Acid) 60 volt 20 ampere dengan tenaga 1.200 watt. Kecepatan motor ini 50 km per jam. Jarak tempuhnya sendiri 40 km.

E-Max punya durasi pengecasan hingga tujuh jam.

Tak ketinggalan, motor tersebut sudah dibekali Anti Theft Alarm sebagai fitur keamanan yang berguna untuk mencegah pencurian.

Spesifikasi Selis E-Max

Panjang x lebar x tinggi 1.840 mm, 680 mm, 1.130 mm
Daya angkut 200 kg
Baterai 60V 20Ah
Tenaga 1.200 watt
Suspensi Teleskopic Fork
Fitur Anti Theft Alarm

Mengenai harga, E-Max dibanderol Rp11,499 juta off the road per Oktober 2022 berdasarkan official store Selis di e-commerce.

Uwinfly N9 – Rp11,8 Juta

Merek Uwinfly mugkin belum terdengar familiar bagi konsumen di Indonesia. Uwinfly merupakan perusahaan asal Cina yang menawarkan berbagai motor listrik dengan harga sangat terjangkau, mulai Rp8 juta-an.

Jika melihat tampilan Uwinfly N9 secara keseluruhan, mungkin terlihat mirip dengan Selis E-Max. Desain kedua motor listrik ini sama-sama cenderung mengotak. Selain itu, headlamp yang disematkan juga sudah LED.

Di sisi lain, Unwinfly N9 sudah dibekali beberapa fitur yang mumpuni seperti Remote Alarm Set System, Bluetooth Speaker, dan lain-lain. Motor ini juga dilengkapi baterai 72 volt 20 ampere dengan tenaga 2.000 watt. Kecepatannya hingga 65 km per jam. N9 dapat menempuh jarak 65 km.

Spesifikasi Uwinfly N9

Panjang x lebar x tinggi 1.800 mm, 750 mm, 1.050 mm
Daya angkut Sekitar 150 kg
Baterai 72V 20Ah
Tenaga 2.000 watt
Rem Cakram
Fitur Remote Alarm Set System, Bluetooth Speaker, dan sebagainya

Jika dibandingkan dengan Selis E-Max, harga Uwinfly N9 lebih mahal. Berdasarkan official store Uwinfly di e-commerce, harga N9 Rp11,8 juta pada Oktober 2022. Harga ini merupakan harga diskon di mana aslinya motor tersebut seharga Rp13,99 juta.

Demikian ulasan mengenai motor listrik seharga Rp11 jutaa-n yang bisa Anda pilih. Perlu diketahui, motor listrik mempunyai kelebihan serta kekurangan sama seperti motor lain. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

Motor listrik tentu ramah lingkungan karena tidak menghasilkan sisa pembakaran seperti motor konvensional.

Tarikan motor listrik cenderung lebih mulus dibandingkan motor konvensional. Hal ini disebabkan komponen bergerak pada motor listrik lebih sedikit. Selain itu, akselerasi motor listrik berpotensi lebih baik dengan torsi yang instan.

  • Tidak Mengeluarkan Suara Bising

Kelebihan lain dari motor listrik adalah tidak mengeluarkan suara bising dari sumber tenaga motor ini. Dengan demikian, motor listrik dapat menekan polusi suara.

Motor listrik tidak menggunakan oli. Selain itu, jumlah komponen bergerak pada motor ini sedikit yang berarti perawatannya juga lebih sedikit.

Kekurangan

  • Punya Jarak Tempuh Terbatas

Motor listrik masih memiliki jarak tempuh yang terbatas. Selama fasilitas pengisian daya belum sebanyak pom bensin, jarak tempuh akan selalu jadi kekurangan dari motor listrik.

Tips Merawat Motor Listrik

Seperti diketahui, motor listrik memiliki jumlah komponen bergerak yang lebih sedikit dibandingkan motor konvensional sehingga perawatannya terbilang mudah. Berikut ini beberapa tips merawat motor listrik yang perlu diketahui oleh setiap pengguna.

Ganti Van Belt

Sebagian motor listrik menggunakan van belt, fungsinya untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang sehingga motor dapat melaju.

Setiap pengguna perlu tahu bahwa van belt mempunyai usia pakai tertentu, yakni 3.000 km. Disarankan mengganti belt ini saat sudah mencapai jarak tempuh tersebut meski tarikan motor masih dirasa baik.

Hindari Cuci Motor dengan Air Bertekanan

Sebaiknya tidak mencuci motor listrik dengan air yang bertekenan. Ini bertujuan untuk menjamin keamanan komponen kelistrikan pada motor tersebut.

Tips ini perlu dilakukan khususnya saat mencuci motor di bagian kolong bodinya. Jika diperhatikan secara seksama, biasanya terdapat semacam kisi-kisi udara di kolong bodi motor listrik di mana celah air bisa menyusup ke sistem kelistrikan.

Memperhatikan Sistem Pengereman

Sistem pengereman pada setiap kendaraan pasti memiliki fungsi yang sangat vital. Tidak hanya berlaku untuk motor listrik, melainkan semua jenis motor. Disarankan pengguna rutin mengecek kampas rem pada roda depan maupun belakang.

Ada baiknya pengecekan dilakukan setiap dua atau tiga bulan sekali untuk memastikan kondisi motor listrik dalam keadaan baik. Bila sistem pengereman motor sudah menurun, sebaiknya lakukan penggantian.

Mencabut Baterai Saat Tidak Digunakan

Saat motor listrik tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya baterai dilepas. Namun, sebelum dilepas, disarankan untuk diisi dulu daya baterai motornya sampai penuh.

Baterai pada motor listrik dapat mengalami self discharge saat motor tidak digunakan. Meski motor dalam kondisi mati, tapi tetap ada listrik yang terpakai, misalnya untuk alarm.

Recommended Posts