Memiliki mesin steam dapat mempermudah cuci motor di rumah. Jika belum memilikinya, Anda bisa membeli di marketplace atau distributor resmi mesin steam. Saat ini pilihan mesin steam untuk cuci motor ada banyak dan mereknya beragam.

Akhir-akhir ini cuaca sedang tidak menentu, kadang panas terik tapi tiba-tiba turun hujan. Kondisi tersebut tentu sangat menjengkelkan bagi para pemilik motor. Sebab, air hujan dan becek di jalan membuat motor cepat kotor.

Pemilik motor pasti akan merasa risih jika kendaraannya terlihat kusam dan kotor. Umumnya tindakan yang langsung diambil oleh pengguna yaitu membawa kendaraannya ke tempat cuci motor.

Tapi di satu sisi kalau terus menerus ke tempat cuci motor tentu akan menguras isi kantong. Nah, tidak ada salahnya membeli mesin steam agar bisa cuci motor di rumah supaya lebih hemat.

Lebih baik keluar dana tinggi di awal ketimbang harus mengeluarkan uang sedikit demi sedikit yang tanpa disadari bisa menambah pengeluaran harian jika bolak-balik ke tempat cuci motor dalam rentang waktu yang berdekatan.

Mencuci motor di rumah secara mandiri lebih praktis. Terlebih, jika mempunyai mesin steam yang bisa meringankan proses pembersihan motor dari noda atau kotoran yang menempel di bodi hingga kaki-kaki kendaraan

Alat steam untuk cuci motor bisa dibeli secara online di beberapa situs jual beli. Ada beberapa produk pilihan yang tersedia, tentunya dengan harga yang terjangkau juga.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

Karcher K1

Mesin steam Karcher K1 diklaim mampu menghasilkan semburan air bertekanan tinggi. Bobotnya sangat ringan dan kompak sehingga mudah dijinjing. Cocok digunakan untuk mencuci mobil atau motor di rumah.

Tekanan air yang dihasilkan cukup besar sekitar 90 Bar. Mesin ini menggunakan daya listrik sekitar 850 watt.

Berdasarkan pantauan di marketplace, harga Karcher K1 Rp1,1 juta-an.

Lakoni Laguna 70

Lakoni Laguna 70 cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Salah satu alasannya karena harga pasarannya yang cukup terjangkau

Di marketplace Lakoni Laguna 70 dibanderol Rp800 ribu hingga Rp900 ribuan.

Desain dari Lakoni Laguna 70 terkesan modern dengan perpaduan warna oranye dan hitam.

Dibanding Karcher K1, konsumsi daya listrik alat ini lebih kecil, sekitar 50 watt, namun tekanan airnya bisa mencapai 100 bar dengan daya sembur 5 liter/menit.

Alat ini juga dilengkapi beberapa akesori, seperti set kit steam (tongkat, sambungan tongkat, dan tembakan) botol sabun, selang steam sepanjang 5 meter, selang air 3 meter, dan 4 buah sambungan selang air.

H&L QL 1900

Berikutnya ada produk H&L QL 1900. Mesin steam untuk cuci motor dan mobil ini bisa dibilang memiliki asesori yang lengkap. Sebut saja 1 Gun Stick Jet Cleaner, selang jet cleaner 5 meter, selang air 1 meter, quick connecting, saringan air, dan klem/penjepit selang.

Mesin ini menggunakan daya listrik 580 Watt untuk bekerja menghasilkan tekanan air 70 bar dan debit sembur air sekitar 380 liter/jam.

Harga yang tertera di toko online resminya sekitar Rp850 ribuan.

Multipro HPD 5006M

Alat steam cuci motor berikutnya adalah Multipro HPD 5006M. Produk ini bisa dibilang kurang populer dibanding produk yang disebutkan di atas. Namun dari segi performa tidak kalah bagus.

Alat berwarna abu-abu ini bisa menghasilkan tekanan air dari 50 hingga 95 bar, dengan debit air sekitar 6 liter/menit, cukup untuk mencuci AC, motor, atau mobil.

Daya listrik yang diperlukan cukup besar, sekitar 600 watt.

Berdasarkan pantauan di marketplace, kisaran harga untuk Multipro HPD 5006M sekitar Rp700 ribuan.

Tips Mencuci Motor

Sebelum memulai pencucian motor, ada baiknya melakukan persiapan terlebih dahulu mulai dari menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan, hingga memastikan kondisi mesin dingin. Berikut ulasannya.

Tentu saja ada “senjata perang” yang harus disiapkan sebelum memulai cuci motor. Misalkan, ember untuk menampung air, kain lap (kanebo/mikrofiber) atau spons dengan permukaan lembut, sabun cuci khusus motor, sikat besar untuk membersihkan bagian roda dan ban, sikat kecil atau sikat gigi untuk membersihkan celah sempit, dan tidak lupa alat steam.

  • Cuci Motor di Tempat yang Teduh

Tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung menjadi lokasi yang direkomendasikan untuk mencuci motor.

Cuci motor di bawah terik sinar matahari dapat membuat air dan sabun cepat mengering sehingga bisa meninggalkan bercak sabun atau air pada bodi motor.

  • Kondisi Mesin Motor Dingin

Sebelum mulai cuci motor, pastikan suhu mesin dalam keadaan dingin. Ini penting untuk menghindari kerusakan pada komponen-komponen penting mesin.

Selain itu, kondisi mesin yang panas juga berbahaya karena dapat membakar tangan ketika mencuci motor. Jika motor baru saja dipakai, lebih baik menunggu mesin motor dingin sebelum memulai proses cucinya.

Ada baiknya lubang knalpot ditutup atau disumbat agar tidak ada air yang masuk ke dalam knalpot saat mencuci motor. Knalpot bisa disumbat menggunakan kain bekas atau sarung tangan karet.

Tips ini sebenarnya dilakukan untuk jenis motor dirt bike, namun perlu dipertimbangkan juga untuk jenis motor lain dengan knalpot yang posisinya memungkinkan sejumlah air masuk ketika proses pencucian.

Urutan Cuci Motor yang Benar

Ada beberapa urutan yang wajib dijalankan saat proses mencuci dan membersihkan sepeda motor secara mandiri di rumah. Berikut uraiannya,

Hal pertama yang dilakukan adalah membilas motor dengan air bersih. Ini diperlukan untuk menyingkirkan lumpur, kotoran, dan lainnya. Bilasan air akan mengangkat semua itu sehingga meringankan proses pencucian.

Sebaiknya gunakan mesin steam dengan semprotan bertekanan tinggi. Alat ini bisa melepaskan kotoran seperti lumpur dan semacamnya dengan cepat.

Perlu diingat, jangan mengarahkan semprotan tekanan tinggi langsung ke komponen mesin motor karena dapat menyebabkan kerusakan.

Selain menggunakan mesin steam, bisa juga memakai selang yang terhubung langsung ke keran air atau gayung.

  • Cuci dengan Sabun Khusus Motor

Setelah membersihkan kotoran menggunakan air bersih, proses selanjutnya cuci motor dengan menggunakan sabun khusus.

Masukkan cairan sabun motor secukupnya ke dalam ember yang berisi air, lalu aduk hingga merata. Kemudian celupkan lap atau spons ke dalam air sabun dan mulai bersihkan motor.

Agar lebih mudah, mulai lap dari bagian atas bodi motor menuju ke bawah. Ketika kain atau spons sudah kotor, bersihkan secara menyeluruh menggunakan air bersih, atau ganti dengan lap lain jika ada.

Sebaiknya ganti air sabun dalam ember secara berkala, supaya kotoran atau kerikil kecil dari kain lap atau sikat tidak menumpuk di dasar ember.

Roda merupakan salah satu bagian motor yang paling kotor, untuk membersihkannya diperlukan sikat khusus. Tidak disarankan menggunakan sikat yang sama untuk membersihkan bagian bodi, sebab debu dan kerikil yang tersangkut pada sikat dapat menggores dan merusak cat bodi motor.

Pada bagian bawah motor yang ada celah-celah yang sulit diraih, bisa memakai sikat kecil atau sikat gigi bekas. Jika tidak ada, bisa menggunakan obeng yang dibungkus kain. Namun mesti berhati-hati karena kain bisa lepas, dan celah tersebut tergores obeng.

  • Bilas Sabun dan Pengeringan

Proses terakhir adalah membilas sisa sabun dari motor dan mengeringkannya. Pastikan semua sisa sabun yang ada di bilas seluruhnya. Sisa sabun yang mengering dapat meninggalkan bekas yang sulit dihapus terutama di bodi motor. Jadi disarankan untuk membilas motor secara teliti.

Untuk mengeringkan motor ada banyak caranya. Metode yang terbaik adalah mengeringkan secara manual menggunakan kain kanebo atau microfiber.

Bisa juga menggunakan air blower. Alat ini lebih ampuh untuk mengeringkan celah-celah yang sulit diraih. Celah-celah ini perlu dikeringkan. Jika tidak, bisa menyebabkan korosi dan karat.

Cara yang lebih menyenangkan adalah dengan membawa motor berkeliling. Meskipun cara ini lebih praktis dengan memanfaatkan angin ketika berjalan, tetap ada bagian-bagian tertentu pada motor yang tidak terkena angin sehingga tetap basah. Ditambah lagi, waktu berkendara harus lebih lama agar mesin menjadi panas dan menguapkan air yang menempel.

Jika motor langsung dipakai setelah selesai cuci, ada kemungkinan rem menjadi kurang pakem karena air. Lebih baik berhati-hati dengan menjalankan motor di kecepatan rendah.

Setelah mencuci, rantai motor dilubrikasi kembali. Selama pencucian pasti ada air sabun yang membasahi dan menghilangkan oli pada rantai. Maka dari itu, rantai motor perlu dilumasi lagi sebelum dipakai seperti biasa.

Recommended Posts