Pidato merupakan sebuah kegiatan menyampaikan maksud atau pendapat tentang suatu hal dengan cara berbicara di depan umum. Jika pidato dilakukan dengan maksud untuk mengajak para pendengar untuk melakukan suatu aksi tertentu, maka pidato tersebut disebut dengan pidato persuasif.

Untuk bisa membuat pidato yang mampu mengajak orang lain melakukan sesuatu atau bersifat persuasif, ada hal-hal penting yang harus terdapat di dalam pidato ataupun pada saat menyampaikannya. Berikut ini adalah pembahasan mengenai pidato yang bersifat persuasif beserta contoh-contohnya.

Pengertian dan Struktur Pidato Persuasif

Pengertian dan Struktur Pidato Persuasif

Pidato persuasif merupakan sebuah pidato yang isinya berupa ajakan kepada target pendengarnya untuk melakukan sesuatu. Saat melakukan pidato, sang pembicara harus mampu untuk mempengaruhi audiens agar memahami dan menjalankan gagasan yang disampaikan pada saat pidato.

Jenis pidato ini juga sering digunakan sebagai sarana imbauan kepada kelompok masyarakat untuk melakukan aksi terhadap isu tertentu. Namun tak jarang pula ada pidato ajakan yang dilakukan untuk melakukan hal kurang baik sehingga harus selalu berhati-hati dan bijaksana saat melakukannya.

Struktur dari Pidato Persuasif

Sebenarnya sama seperti bentuk pidato lainnya, pidato yang bersifat persuasif juga memiliki struktur mulai dari pembukaan, isi, dan juga penutup. Bedanya adalah pada pidato jenis persuasif akan menggunakan banyak bahasa-bahasa ajakan atau imbauan di dalamnya.

1. Bagian Pembukaan Pidato

Bagian pembukaan pada pidato diisi dengan salam pembuka yang dilanjutkan dengan salam penghormatan pada tamu undangan. Setelah itu pembukaan dilanjutkan dengan mengucapkan rasa syukur atas terlaksananya acara dengan lancar.

Biasanya di bagian pembukaan pembicara akan menyampaikan pengantar atau pengenalan singkat mengenai topik yang akan disampaikan kedepannya.

2. Bagian Isi Pidato

Pada bagian isi pidato persuasif, harus terdapat gagasan, alasan, serta informasi atau fakta-fakta penting dan juga genting. Hal ini berguna untuk menggugah hati para pendengar agar ketika ajakan atau imbauan sudah disampaikan, pendengar memiliki alasan kuat untuk mengikutinya.

Data-data yang diberikan haruslah berupa data yang sesuai dan tentunya aktual, jangan sampai menghalalkan segala cara untuk bisa mengajak orang lain melakukan sesuatu sampai menggunakan data yang tidak valid.

3. Bagian Penutup Pidato

Bagian penutup adalah bagian paling penting dari sebuah pidato yang bersifat ajakan atau persuasif. Karena di bagian ini pembicara harus memberikan kesimpulan dan penekanan pada ajakan yang ingin disampaikan kepada audiens.

Di bagian penutup juga pembicara lebih baik menyampaikan permohonan maaf jika terdapat kesalahan selama melakukan penyampaian dan diakhiri dengan salam penutup.

Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat Berbagai Tema

Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat Berbagai Tema

Berikut ini adalah beberapa contoh teks pidato dengan pilihan tema yang berbeda-beda yang bisa dijadikan referensi.

1. Contoh Teks Pidato Persuasif Tentang Covid-19

Pembukaan: Selamat pagi/siang/malam dan salam sejahtera untuk kita semua. Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan karena kita semua masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk hadir di tempat ini dalam rangkaian acara ini.

Di luar sana masih banyak saudara-saudara kita yang harus menjalani perawatan di rumah sakit ataupun isolasi secara mandiri akibat terkena paparan virus Covid-19. Oleh karena itu kesehatan menjadi nikmat istimewa yang kita dapatkan dan patut untuk kita syukuri.

Isi: Sudah lebih dari 2 tahun berlalu sejak pandemi Covid-19 pertama kali menerjang Indonesia. Meskipun begitu bukan berarti pandemi sudah berakhir dan bisa bersantai mengabaikan protokol kesehatan. Saat ini varian dari Covid-19 masih terus bertebaran sehingga kita harus terus berhati-hati.

Di bulan November Tahun Ini ini kasus Covid di Indonesia kembali meningkat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Jika di bulan Oktober kasus rata-rata dalam 7 hari hanya berkisar 1000 kasus, di bulan November ini rata-rata kasus 7 hari bisa mencapai hingga 6 ribuan kasus.

Maka dari itu penerapan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak harus tetap kita jaga. Jangan sampai keadaan membuat kita semua lengah yang justru bisa menyebabkan penyebaran Covid yang kembali melonjak.

Sebentar lagi kita akan menghadapi pergantian tahun yang tentunya sering digunakan untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Kita pastinya tidak ingin menjalani liburan dengan mendekam di rumah karena kasus Covid yang kembali melonjak sehingga harus diberlakukan PPKM lagi.

Penutup: Oleh karena itu marilah kita semua tetap berusaha menerapkan protokol kesehatan terutama di tempat umum agar kita bisa segera terbebas dari pandemi Covid-19 ini. Selain itu dengan kita menaati protokol, kita juga menjaga orang-orang tercinta yang ada di sekitar kita agar tetap sehat.

Sekian yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini, mohon maaf apabila dalam penyampaian tadi terdapat kesalahan dan kekurangan. Terima kasih atas perhatiannya, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari segala macam penyakit terutama Covid-19, (salam penutup).

2. Contoh Teks Pidato Tentang Pentingnya Menjaga Kebersihan

Pembukaan: Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, selamat pagi/siang/sore/malam semuanya. Hadirin sekalian yang saya hormati, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah karena kita masih diberi kesehatan serta kesempatan untuk hadir di sini dalam keadaan sehat.

Nikmat sehat yang kita rasakan hari ini merupakan berkah dari Allah dan juga hasil dari upaya kita dalam menjaga lingkungan kita tetap bersih dan juga sehat. Karena lingkungan yang bersih dan sehat adalah awal dari kehidupan yang sehat pula.

Isi: Kita semua pasti pernah mendengar kalimat ini “Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Kalimat tersebut adalah bukti bahwa menjaga kebersihan tak hanya berguna untuk menjaga kesehatan, tetapi juga menjadi salah satu bentuk keimanan kita.

Lingkungan yang bersih membuat kita semua nyaman untuk berada di sana dan juga membuat tubuh kita ikut merasa nyaman dan sehat. Tak hanya itu saja, mata juga menjadi lebih enak saat memandang sekitar karena suasana yang bersih dan tidak mengganggu pandangan mata.

Begitu pentingnya kebersihan lingkungan terhadap kehidupan kita menjadi alasan kuat bagi kita semua untuk menjaganya. Cukup dengan melakukan hal-hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya sudah menjadi bentuk menjaga kebersihan lingkungan.

Penutup: Demi menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat, sudah seharusnya kita semua berusaha untuk menjaga kebersihan dengan rajin membersihkan lingkungan sekitar serta tidak membuang sampah sembarangan.

Dengan begitu kita semua bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan nyaman dan kita semua juga terlindungi dari segala macam efek buruk lingkungan yang kotor. Terima kasih atas perhatiannya, saya mohon maaf bila dalam penyampaian tadi terdapat kesalahan ataupun kekurangan, (salam).

3. Contoh Teks Pidato Persuasif Tentang Cinta Tanah Air

Pembukaan: Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, selamat pagi/siang/malam kepada seluruh hadirin yang saya hormati. Puji syukur mari kita panjatkan kepada Allah SWT, karena berkat rahmat-Nya kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Terima kasih saya ucapkan kepada hadirin sekalian karena berkenan hadir dalam acara hari ini. Saya ingin sedikit menyampaikan beberapa hal tentang pentingnya untuk menanamkan rasa cinta tanah air pada diri kita semua.

Isi: Segala kemudahan dan kenyamanan kita dalam melakukan aktivitas apapun setiap harinya adalah sebuah nikmat yang harus disyukuri sebagai bentuk kemerdekaan. Semua ini tidak lepas dari jasa-jasa para pahlawan di saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di masa penjajahan.

Kita bersyukur tidak merasakan sulitnya hidup ketika sedang dijajah oleh negara lain, menyaksikan peperangan dan pertumpahan darah yang mengerikan. Kita tidak perlu berjuang dan siap mengorbankan jiwa dan raga untuk sekadar mendapatkan hak-hak sebagai manusia di negeri sendiri.

Dengan fakta-fakta tersebut saja sudah cukup untuk menjadi alasan bagi kita menanamkan rasa cinta kepada tanah air. Tak perlu dengan berjuang dan berperang layaknya para pahlawan di masa penjajahan yang telah gugur mendahului kita, tapi dengan cara kita sendiri di masa ini.

Misalnya saja dengan menjaga perdamaian, meningkatkan toleransi, menjaga lingkungan dan segala hal yang bisa menjadikan Indonesia negara yang nyaman dan aman untuk ditinggali bersama. Terlebih jika bisa saling membantu antar sesama warga Indonesia terutama jika ada yang sedang kesusahan.

Penutup: Sebagai warga negara yang baik dan menghargai jasa-jasa pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini, sudah sepatutnya kita tanamkan rasa cinta tanah air di dalam hati dan melakukan hal-hal yang bisa membuat Indonesia negara yang nyaman untuk ditinggali.

Terima kasih atas segala perhatiannya, saya mohon maaf jika dalam penyampaian saya terdapat kesalahan ataupun kekeliruan. Cukup sekian, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4. Contoh Teks Pidato Persuasif Tentang Narkoba

Pembukaan: Selamat pagi/siang/malam, salam sejahtera untuk kita semua yang hadir di sini. Semoga kita semua di sini selalu berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa dan selalu diberi kesehatan serta terhindar dari hal-hal buruk yang bisa merusak kehidupan kita.

Saat ini berbagai hal buruk banyak tersebar di lingkungan kita terutama di kalangan anak muda. Salah satu yang menjadi masalah cukup besar dan harus kita hindari adalah terkait narkoba. Penyebarannya semakin marak terutama di lingkungan pergaulan anak muda yang memang menjadi target utama mereka.

Isi: Narkoba adalah permasalahan genting yang butuh tindakan tegas untuk memberantasnya serta menjaga diri dan orang-orang sekitar dari benda haram ini. Karena jika sekali saja tersentuh efek dari narkoba, maka akan sangat sulit bagi kita untuk terlepas dari lingkaran setan tersebut.

Kandungan zat adiktif yang ada pada narkoba tidak hanya bisa menyebabkan penggunanya kecanduan dan tidak bisa berhenti menggunakannya. Zat-zat berbahaya tersebut juga merusak sistem saraf dan bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh tanpa disadari.

Selain itu, tak jarang kita temui kasus kejahatan atau sejenisnya yang terjadi karena benda satu ini. Sebut saja pencurian atau perampokan yang dilakukan oleh orang yang membutuhkan uang sesegera mungkin untuk memenuhi adiksi terhadap narkoba yang dikonsumsinya.

Penutup : Jika melihat data dari BNN pada tahun 2019 yang menunjukkan 3 juta orang terdata menggunakan barang haram ini, sudah sepatutnya kita semakin berhati-hati dan menjaga diri serta orang-orang yang kita kasihi.

Mari bersama-sama untuk saling melindungi dan lakukan apapun yang bisa kita lakukan untuk menjauhkan narkoba dari lingkungan kita. Cukup sekian yang ingin saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga kita selalu dilindungi dari segala hal berbahaya seperti narkoba.

Beberapa contohpidato persuasif di atas bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk membuat teks pidato. Sesuaikan saja dengan tema yang ingin dibahas serta hal-hal lain yang lebih spesifik bergantung tema acara atau audiens.

Recommended Posts