Penyebab rem motor blong dan cara mengerem motor yang benar harus dipahami. Apalagi saat melintasi tanjakan terjal dan cukup panjang. Pasalnya, rem sepeda motor sering blong saat melewati jalan menurun yang panjang.

Pengendara bisa menjadi faktor terjadinya blong rem pada sepeda motor saat melintasi turunan jauh. Pasalnya, banyak pengemudi yang mengoperasikan cara pengereman dengan cara yang sama seperti di jalan datar. Sedangkan penyebab rem motor blong dan cara mengerem motor yang benar Pada keturunannya, perlakuannya berbeda.

Penyebab rem motor blong

Pengemudi dituntut untuk bisa mengatur penggunaan rem saat akan menuruni tanjakan. Pasalnya, menggunakan rem secara terus menerus justru bisa mengganggu kinerja rem. Untuk lebih jelasnya berikut penyebab rem motor blong dan cara mengerem motor yang benar;

1. Hanya terjadi pada rem cakram

Penyebab rem motor blong

Kejadian kegagalan rem yang paling umum terjadi pada rem cakram. Bukan berarti rem tromol tidak mungkin, namun rem tromol hampir tidak pernah mengalami masalah ini. Penyebab kegagalan rem cakram tidak lepas dari penggunaan cairan hidrolik yang memberikan tekanan.

Kelebihan rem cakram adalah lebih mantap untuk mengurangi kecepatan. Namun pada kondisi tertentu, penggunaan rem cakram membutuhkan perlakuan khusus agar performanya tidak menurun atau bahkan gagal.

2. Ditekan terus menerus

Penyebab rem motor blong
Penyebab rem motor blong. (powersports.Honda)

Meski mampu memberikan tenaga pengereman yang mantap, pengoperasian rem cakram tetap ada aturannya. Apalagi saat melintasi jalan panjang menurun. Biasanya saat melintasi jalan menurun, pengendara sepeda motor hanya mengandalkan rem untuk mengurangi kecepatan.

Ternyata cara ini tidak dianjurkan. Tuas rem cakram yang ditekan terus menerus bisa menjadi penyebab rem motor blong karena akan membuat minyak rem menjadi panas dan berdampak pada seal pada caliper yang akan mengembang. Akibatnya, bagian piston kaliper tidak akan bekerja maksimal bahkan bisa macet.

Pada kondisi tersebut, rem akan blong karena piston tidak mampu menekan kampas.

3. Temperatur pengereman terlalu tinggi

Penyebab rem motor blong
Penyebab rem motor blong. (spesial)

Pengereman terus menerus tidak hanya mengakibatkan peningkatan suhu minyak rem, tetapi juga cakram. Tekanan konstan pada kampas rem akan menyebabkan cakram menjadi terlalu panas karena gesekan terus-menerus dengan kampas rem.

Temperatur yang tinggi dapat membuat permukaan cakram menjadi licin, sehingga kampas rem tidak dapat mencengkeram dengan sempurna. Ujung-ujungnya, performa rem tidak akan seperti seharusnya alias tidak pakem atau bahkan gagal.

Cara mengerem sepeda motor yang benar

Untuk mengantisipasi kemungkinan rem blong saat melintasi turunan, Anda harus memahami cara mengerem sepeda motor dengan benar. Menggunakan rem di jalan turun membutuhkan sedikit trik agar performa pengereman tetap terjaga. Begini caranya;

1 . Jangan menekan rem sepanjang waktu

Cara mengerem sepeda motor yang benar
Cara mengerem sepeda motor yang benar

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kebiasaan pengendara sepeda motor yang terus menerus menekan tuas rem saat melewati turunan jauh sangat tidak dianjurkan. Menekan tuas rem secara terus-menerus akan menyebabkan suhu minyak rem naik, menyebabkan seal caliper mengembang.

Jadi saat menjumpai turunan panjang, tekan sedikit tuas rem sesuai kebutuhan. Jangan langsung ditekan dalam-dalam. Selain itu, pengemudi juga harus mengatur pemberian jeda saat melakukan pengereman.

Sesekali tekanan tuas rem dikurangi atau dilepaskan sesaat untuk menurunkan temperatur pengereman. Tentunya dengan tetap memperhatikan kecepatan dan kondisi jalan di depan. Cara ini akan membuat suhu pengereman lebih terjaga.

2. Gunakan rem mesin

Cara mengerem sepeda motor yang benar
Cara mengerem sepeda motor yang benar

Selain rem, pengendara sepeda motor bisa menggunakan engine brake untuk mengurangi kecepatan. Untuk motor tipe bebek, hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan gigi rendah, seperti gigi 2. Sedangkan untuk motor kopling, pengendara bisa memadukannya dengan tarikan tuas kopling.

matic khusus, ccara mengerem motor dengan benar agak berbeda. Pengguna sepeda motor matic tidak disarankan melepaskan putaran gas secara penuh saat melewati turunan. Terus tancap gas, tapi sedikit saja, Anda akan merasakan rem mesin menahan motor. Tentunya cara-cara tersebut tetap dipadukan dengan cara pengereman yang benar.

3. Rem tidak berfungsi

Cara mengerem sepeda motor yang benar
Cara mengerem sepeda motor yang benar

Jika rem blong, pengendara diminta untuk tidak panik. Tetap berusaha mengendalikan diri sambil melihat kondisi jalan di depan. Jika melihat tanjakan, segera arahkan motor karena tanjakan dapat mengurangi kecepatan.

Namun, jika tidak melihat tanjakan dan terpaksa menabrakkan motor untuk menghentikan lajunya, carilah area yang dirasa aman. Jika memungkinkan, pilih area dengan permukaan pasir atau rerumputan untuk meminimalisir potensi bahaya saat terjatuh.

Pastikan juga untuk selalu menekan klakson saat mengalami blong rem agar pengguna jalan lain bisa mengantisipasi dan memberi jalan.

Semoga informasi tentang penyebab rem motor blong dan cara mengerem motor yang benar ini berguna!

Baca juga artikel Otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Yudhianto Thohirin.

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]