Apakah aplikasi youtube atau browser error saat mengakses web youtube? saat ini banyak keluhan video di youtube tidak bisa diputar seperti biasa. Nah, simak baik-baik cara mengatasi YouTube tidak bisa memutar video di ponsel dan PC.

Kami yakin Anda sering mengunduh video YouTube dan menonton video ini saat offline. Mungkin terkadang ada kendala saat ingin memutar video tapi tidak bisa?

Jika Anda pernah mengalami atau mengalami hal seperti ini sebelumnya, jangan khawatir, kami akan menawarkan solusi terbaik dan mencoba menganalisis penyebabnya.

Untuk mengetahui semua itu, silahkan baca review artikel ini sampai selesai…

Penyebab video youtube tidak bisa diputar

Penyebab video youtube tidak bisa diputar

Sebelum membahas cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video secara detail, penting untuk diketahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Inilah analisis kami:

1. Plugin Flash Player tidak diinstal

Penyebab pertama adalah plugin flash player Anda tidak terpasang. Ini bisa terjadi ketika Anda ingin mengunjungi YouTube melalui aplikasi browser.

Anda harus tahu bahwa jika browser dapat memutar video, Anda memerlukan plugin flash player, dan biasanya plugin flash player ini diinstal langsung di ponsel Anda. Namun jika tidak ada, berarti spek HP kamu masih rendah.

2. Browser yang digunakan belum diupdate/diperbaharui

Alasan kedua kenapa YouTube tidak bisa memutar video adalah karena browser yang kamu gunakan belum melakukan update terbaru, artinya masih menggunakan yang sudah usang. Seperti penjelasan poin-poin di atas, biasanya hal ini terjadi ketika Anda mengakses YouTube melalui browser.

Perlu anda perhatikan jika tidak di update biasanya browser android mengalami kesulitan memutar video terbaru dari youtube. Karena ada beberapa fitur yang belum diupdate atau tidak ada perbaikan browser.

3. Koneksi jaringan internet lambat

Lalu salah satu penyebab video youtube gagal diputar adalah koneksi internet yang lambat atau jaringan yang tidak stabil atau down.

4. Video YouTube akan diblokir

Penyebab youtube tidak bisa memutar video selanjutnya adalah karena video youtube tersebut telah diblokir oleh developer youtube. Video yang diblokir tersebut disebabkan oleh peraturan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menampilkan adegan-adegan tidak senonoh.

5. Videokan jika proses upload belum selesai

Alasan terakhir mengapa video YouTube tidak bisa dibuka adalah ketika Youtuber belum selesai mengunggah, dia terburu-buru untuk menyimpan.

Cara Memperbaiki Video YouTube Tidak Bisa Diputar

Jika Anda sudah tahu mengapa video tidak bisa diputar di aplikasi YouTube, sekarang giliran Anda untuk mengetahui cara mengatasi masalah ini. Begini caranya:

1. Perbarui browser seluler Anda

Perbarui browser Anda jika Anda tidak tahu caranya, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Silahkan buka Playstore > cari Google Crome
  • Kemudian akan muncul gambar update atau uninstall, silahkan klik tombol Update
  • Tunggu prosesnya selesai

2. Perbarui aplikasi YouTube

Pembaruan Aplikasi

Kemudian, sebagai opsi kedua, Anda harus memperbarui aplikasi YouTube yang terpasang di ponsel Anda. Namun jika ada di antara kalian yang masih bingung cara update aplikasinya, maka lakukan hal berikut ini:

  • Silakan kunjungi Playstore dan lakukan pencarian aplikasi YouTube
  • Kemudian akan muncul pemberitahuan yang menanyakan apakah Anda dapat menghapus dan memperbarui aplikasi. Dalam opsi ini, silakan pilih pembaruan dan klik
  • Dan tunggu sampai selesai

3. Silahkan restart smartphone

Mulai ulang ponsel cerdas

Jika kedua cara di atas tidak berhasil maka yang harus anda lakukan adalah merestart atau menghidupkan ulang ponsel anda. Semua ini bertujuan untuk mengupdate software HP Anda.

4. Nonaktifkan lalu aktifkan data dan jaringan internet WIFI

Nonaktifkan lalu aktifkan jaringan internet data dan WIFI

Opsi keempat adalah menonaktifkan jaringan internet baik melalui data atau WIFI lalu mengaktifkannya kembali. Ini untuk merefresh jaringan internet.

5. Hapus data aplikasi YouTube

Hapus data aplikasi YouTube

Harap hapus data aplikasi YouTube karena ini adalah salah satu penyebab mengapa video tidak dapat diputar.

Lalu bagaimana

  • Kunjungi menu pengaturan
  • Pilih submenu aplikasi yang terinstal, semua aplikasi di ponsel Anda akan ditampilkan, silakan pilih (YouTube)
  • Dan silahkan pilih menu Hapus data
  • Maka data Anda akan dihapus

6. Bersihkan tembolok Google

Langkah ini kemungkinan jika Anda tidak dapat memperbarui aplikasi dari Google Playstore. Begini caranya

  1. Buka menu pengaturan ponsel Anda > ketuk aplikasi yang terinstal
  2. Lalu ketuk Layanan Google Play > Hapus data
  3. Terus ketuk hapus cache dan tolong ok

Demikian penjelasan kami mengenai penyebab dan cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video melalui HP dan PC. Semoga membantu kalian yang sedang bingung masalah youtube.

Dan kami sarankan kepada anda semua untuk menggunakan aplikasi youtube canggih karena aplikasi ini memungkinkan anda untuk menonton video youtube tanpa iklan dan dengan kuota internet gratis. Mungkin berguna.

Recommended Posts