Dalam menggunakan Excel, Anda perlu memahami beberapa istilah yang umum digunakan, salah satunya adalah pengertian range. Ini adalah konsep dasar untuk dipahami, karena Anda akan sering menggunakannya saat bekerja dengan Microsoft Excel.

Excel merupakan salah satu program yang perlu dikuasai masyarakat saat ini karena sangat berguna untuk menunjang berbagai kebutuhan. Bukan hanya anak sekolah, Anda yang saat ini sedang bekerja atau menjalankan bisnis perlu mengetahui program yang satu ini.

Tentunya bagi Anda yang sering menggunakan Excel, Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang range dan cara menggunakannya. Tentunya bagi Anda yang baru belajar Excel, mempelajari bidang secara lebih detail sangatlah penting.

Mengenal Rentang di Excel

Untuk lebih memahami apa itu rentang, berikut adalah beberapa hal penting untuk dipelajari tentang rentang di Excel.

1. Definisi daerah

Rentang adalah kumpulan dari serangkaian sel yang berdekatan dan berjauhan. Secara visual, rentang juga terlihat seperti kombinasi beberapa kolom atau beberapa baris. Rentang biasanya ditandai dengan bagian sel yang diblokir saat kita menandainya dengan kursor.

Rentang yang berdekatan ditunjukkan oleh posisi sel di kiri atas blok dan diakhiri dengan posisi sel di kanan bawah. Misalnya, rentang yang dimulai dengan sel B2 dan diakhiri dengan sel D10. Area ini memiliki 3 kolom dan 9 baris dengan 27 sel di dalamnya.

Sedangkan daerah yang berjauhan memiliki sel yang tersebar secara acak. Untuk menulis rentang, Anda perlu menyebutkan sel yang menyusunnya. Penggunaan area yang luas ini agak jarang di Excel sehari-hari.

2. Cara membuat area

Cara membuat area

Membuat wilayah dapat dilakukan dengan dua cara, baik dengan mouse atau keyboard. Untuk membuat area yang berdekatan dengan mouse, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Klik dan tahan sel tertentu tempat rentang dimulai, mis. B.B2.
  2. Seret kursor ke sel yang merupakan posisi akhir rentang, mis. B.D10.
  3. Lepaskan kursor dan area akan terbentuk. Biasanya ditandai dengan indikator blok di sel gabungan yang Anda buat.

Sementara itu, untuk mendekatkan jangkauan dengan keyboard, Anda bisa mempraktikkan langkah-langkah berikut.

  1. Tempatkan kursor pada sel yang merupakan posisi awal rentang, misalnya B2.
  2. Tekan dan tahan tombol Shift.
  3. Lalu seret kursor ke sel yang mewakili akhir rentang, mis. B.D10.
  4. Lepaskan tombol Shift dan wilayah akan terbentuk.

Di antara kedua metode tersebut, Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa orang lebih suka membuat area dengan mouse karena mereka tidak perlu beralih dari mouse ke keyboard.

Membuat area yang luas tidak bisa dilakukan hanya dengan mouse atau keyboard. Namun, Anda harus menggunakan mouse dan keyboard untuk memilih sel yang akan digunakan sebagai rentang. Langkah-langkah untuk membuat area jauh adalah sebagai berikut.

  1. Tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard.
  2. Klik dengan mouse pada sel yang akan diubah menjadi rentang, mis. B.A1, B2, C4, B8, C7 dan B6.
  3. Lepaskan tombol Ctrl dan sel yang menyusun rentang akan muncul di lembar kerja Anda.

3. Cara memberi nama range (bernama range)

Cara memberi nama rentang Bernama Rentang

Selain memahami arti dari range, kamu juga perlu mengetahui cara memberi nama range. Penamaan rentang dapat digunakan sebagai pengganti alamat rentang dalam rumus Excel apa pun di lembar kerja. Rentang bernama disebut normal daerah bernama.

Misalnya, Anda telah membuat rentang dari sel B2 hingga B11 yang berisi nama bulan dalam setahun, dan Anda ingin menyorot rentang bernama “Bulan”. Ada dua cara untuk memberi nama range, yaitu melalui kolom name dan tab Formulas.

sebuah. Beri nama rentang langsung di bidang nama

Untuk memberi nama rentang menggunakan bidang nama, Anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Tempatkan kursor pada sel yang berada di atas rentang, mis. B. Sel B1.
  2. Kemudian klik kotak nama, kotak di atas kolom A, untuk memberi nama rentang.
  3. Masukkan nama yang diinginkan, misalnya “bulan”.
  4. Tekan Enter agar nama yang Anda masukkan tercantum di sel B1.

b. Beri nama rentang dari tab Rumus.

Cara lain untuk memberi nama rentang adalah dengan menggunakan menu nama yang ditentukan dimasukkan ke dalam tab Formulas dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Tandai area yang akan diberi nama dengan kursor.
  2. Kemudian klik tab Rumus dan pilih opsi Buat dari pilihan dalam menu grup nama terhormat.
  3. Misalnya, di kotak dialog yang muncul di layar, pilih referensi penamaan area baris teratas Itu berarti nama rentang ada di baris atas dari gabungan sel yang disorot
  4. Klik OK untuk menyelesaikan perintah.

4. Cara menggunakan rentang bernama

Cara menggunakan rentang bernama

Menggunakan rentang bernama dalam berbagai rumus Excel cukup mudah. Anda hanya perlu mengganti alamat jangkauan yang dimasukkan dalam rumus dengan nama jangkauan. Biasanya, dalam rumus tertentu seperti SUM, Anda hanya perlu memasukkan alamat jangkauan.

Misalnya =SUM(B2:B11) yang berarti Anda menjumlahkan sel dari rentang B2 hingga B11. Ternyata Anda juga bisa menggunakan nama rentang dalam rumus Excel. Misalnya, rentang B2 hingga B11 disebut PRICE.

Jadi jika Anda ingin menambahkan sel B2 ke B11, Anda juga bisa memasukkan rumus yang Anda tulis di sebelah alamat jangkauan dengan mengetikkan nama sel di dalam rumus. Contohnya adalah =JUMLAH(HARGA). Perhitungan rumus menggunakan alamat range dan nama range menunjukkan hasil yang sama.

5. Daerah bernama kerentanan

Kelemahan area bernama

Menggunakan rentang bernama atau daerah bernama ternyata bukan tanpa kelemahan. Misalnya, jika Anda memperluas rentang ini dan ada data tambahan di beberapa sel, jumlah total yang ditampilkan tidak akan berubah secara otomatis.

Padahal, masalah yang Anda temui tidak terkait langsung dengan sel bernama. Ini hanya memengaruhi fungsi SUM atau rumus Excel lainnya yang Anda buat menggunakan rentang ini.

Biasanya, saat data ditambahkan dalam rentang yang dimasukkan dalam rumus, penambahan data tidak secara otomatis muncul dalam penghitungan rumus. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan Rentang bernama dinamis.

Opsi ini memungkinkan rentang berubah sesuai dengan penambahan data yang diberikan ke rentang tertentu yang Anda buat.

Memahami arti rentang dan cara menggunakannya akan membantu menyederhanakan berbagai tugas yang Anda lakukan dengan rumus di Excel. Jadi, Anda perlu menguasai konsep dasar ini saat memulai dengan Excel.

Recommended Posts