Sekolah pada hakekatnya perlu mengembangkan sarana belajar mengajar untuk ruang interaksi antara guru dan siswa. Wadah yang dapat digunakan dalam sistem pembelajaran online ini adalah website. Dimana guru dan siswa dapat mengakses website kemudian menjangkau siswa dengan kemampuan guru untuk memposting materi dan tugas di website tersebut.

Setiap website pasti membutuhkan domain. Domain dapat menentukan website apa dan dari mana website tersebut dibangun. Selain untuk memudahkan akses website, domain berfungsi sebagai identitas web server agar user tidak salah alamat saat berkunjung.

Anda pasti pernah mendengar kata domain. Tapi tahukah Anda apa itu domain? Seberapa penting domain untuk sebuah website? Apa nama domain untuk pendidikan? Dan seperti tips memilih nama domain untuk tujuan pendidikan. Mari simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa bagian pendidikan dari sebuah situs web?

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah domain. Nama domain atau DNS (Domain Name Server) adalah nomenklatur yang memungkinkan kita untuk mengidentifikasi situs web di internet.

Jika Anda berbicara tentang setiap situs web, semuanya terhubung ke alamat IP di latar belakang. Alamat Protokol Internet (IP) ini adalah alamat numerik yang memberi tahu browser lokasi situs web di Internet.

Pendaftaran nama domain dikelola oleh sebuah organisasi bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, atau singkatnya ICANN. Organisasi ini mengidentifikasi ekstensi yang tersedia dan mengelola database pusat informasi transfer nama domain.

URL terkadang juga disebut sebagai alamat web. Berisi nama domain situs web dan informasi lainnya, termasuk protokol dan jalur transfer. Misalnya pada URL “https:///category/” dimana “samudrnesia.id” adalah nama domainnya.

Di mana “https” adalah protokolnya dan “/learning/” adalah jalur ke halaman tertentu di situs.

Apa fungsi bidang pendidikan?

Apa fungsi bidang pendidikan?

Setiap situs web diwakili oleh serangkaian angka (alamat IP), yang nantinya digunakan komputer untuk mengambil data dari server, karena sistem komputer bekerja dengan interpretasi angka.

Tentu saja tidak praktis untuk menghafal setiap angka ini saat mengunjungi sebuah situs web, terutama karena kumpulan angka ini selalu berbeda dari satu situs web ke situs web lainnya. Beginilah cara nama domain dibuat.

Kita ambil contoh, kita menggunakan nama domain warnermusic.co.id. Misalnya, alamat IP situs web kami adalah 100.90.90.50. Alamat IP ini mengidentifikasi server yang menyimpan data untuk situs web kami.

Kemudian komputer dengan nomor tersebut akan mengunjungi server dan meminta data untuk website tersebut. Setelah itu akan ditampilkan di browser Anda.

Bayangkan harus mengingat alamat IP dari setiap situs web yang ingin Anda kunjungi. Tentu saja membuat Anda pusing. Oleh karena itu, sebuah domain dibuat

Berbagai jenis bidang pendidikan

Berbagai jenis bidang pendidikan

Tidak semua nama domain harus mengikuti aturan dan formula yang sama. Meskipun domain (.com) adalah domain paling populer, digunakan oleh hampir 50 persen dari semua situs web di seluruh dunia, ada domain lain yang dapat dipilih. Berikut beberapa jenis nama domain untuk pendidikan.

Bidang pendidikan di Indonesia

1. perisai

Domain sch adalah domain yang menandakan bahwa website ini adalah website sekolah. Berasal dari kata “school” yang berarti sekolah dalam bahasa Inggris. Akhiran .id menunjukkan bahwa sekolah tersebut berada di Indonesia.

Situs web ini terdiri dari berbagai jenis, seperti B. Situs web sekolah, portal sekolah online, dan situs web keanggotaan sekolah.

2. Asam

Domain Ac id berarti Akademi Indonesia. Acid juga merupakan nama domain yang dikhususkan untuk institusi pendidikan tinggi seperti universitas, perguruan tinggi, dan akademi.

pendidikan di luar negeri

Selain dua domain yang disebutkan di atas, ada juga domain yang digunakan di luar negeri. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. .Kuliah

Ketika sebuah universitas ingin membuka pembelajaran jarak jauh secara online atau yang lainnya, biasanya mereka menggunakan domain yang satu ini (.college).

Dengan domain ini, mereka sekaligus dapat mempromosikan program pembelajaran online dan magang dengan ekstensi nama domain yang akan langsung dikenal oleh mahasiswa.

2. .sekolah

Domain .school sangat populer sehingga dapat digunakan di sekolah dan perguruan tinggi. Domain tersebut dapat digunakan oleh guru, organisasi siswa di sekolah, dan administrator. Ekstensi Domain Sekolah menciptakan ruang digital yang dinamis dan luas untuk hal-hal terkait sekolah.

3. .Universitas

Domain .university memberi tahu pengguna Internet siapa Anda dan apa yang Anda lakukan secara sekilas. Domain ini digunakan dengan sangat antusias oleh universitas, sekolah swasta, individu dan organisasi. Domain .university kredibel dan tepat sasaran.

Memberi merek Anda afiliasi instan dengan pendidikan tinggi. Domain .university ini serbaguna dan menarik. Plus, Anda akan memberi dorongan serius pada merek pribadi dan profesional Anda.

4. .Akademi

Domain .academy adalah ekstensi domain populer untuk situs web pendidikan online, program beasiswa, sekolah, dan tempat belajar lainnya. Saat Anda memulai kursus online atau menggunakan kata “akademi” dalam nama perusahaan Anda.

Nama domain .academy dapat menambah kredibilitas kehadiran online Anda dan dengan cepat membangun kepercayaan untuk berbagai audiens dan bahasa.

5. .Pendidikan

Domain .Edu adalah salah satu dari banyak nama domain tingkat atas atau terkenal yang dapat digunakan saat memilih nama domain. Biasanya, domain ini mendeskripsikan organisasi yang memiliki nama terkenal.

Seperti perguruan tinggi empat tahun atau lembaga serupa. (Kami mendorong lembaga pendidikan di bawah usia empat tahun untuk menggunakan “nama domain geografis tingkat atas”).

Contoh domain di beberapa negara

Selain di Indonesia, ada beberapa domain .ac yang digunakan oleh beberapa negara di luar negeri. Domain ini meliputi:

  • .ac.at (Austria)
  • .ac.cy (Siprus)
  • .ac.uk (Inggris Raya)
  • .ac.in (India)
  • .ac.id (Indonesia)
  • .ac.ir (Iran)
  • .ac.il (Israel)
  • .ac.bd (Bangladesh)
  • .ac.be (Belgia)
  • .ac.cn (Cina)
  • .ac.jp (Jepang)
  • .ac.ss (Sudan Selatan)
  • .ac.lk (Sri Lanka)
  • .ac.tz (Tanzania)
  • .ac.th (Thailand)
  • .ac.to (Kenya)
  • .ac.ma (Maroko)
  • .ac.nz (Selandia Baru)
  • .ac.rs (Serbia)
  • .ac.za (Afrika Selatan)
  • .ac.kr (Korea Selatan)
  • .ac.ug (Uganda)
  • .ac.ae (Uni Emirat Arab)

Kata terakhir

Demikian penjelasan lengkap mengenai nama domain untuk pendidikan dan nama domain yang digunakan oleh beberapa negara di luar negeri. Semoga dapat membantu Anda menambah wawasan tentang apa itu domain, fungsi domain dan berbagai jenis domain.

Terima kasih telah mengunjungi website Penulis juga mohon maaf atas segala kesalahan yang tidak disengaja dalam penulisan maupun penyampaian informasi.

Recommended Posts