Mobil bermesin diesel turbo memiliki performa lebih gahar dibandingkan mesin diesel biasa. Tapi, spesifikasi olinya harus lebih diperhatikan.

Di Indonesia, mobil bermesin diesel masih memiliki banyak penggemar. Hal ini, menurut keterangan resmi Pertamina Lubricants beberapa waktu lalu, karena berbagai keunggulan yang dimiliki olehnya jika dibandingkan dengan mobil bermesin bensin.

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mobil bermesin diesel lebih hemat ketimbang mobil bermesin bensin dengan kapasitas yang sama. Keunggulan lainnya adalah gelontoran torsi yang lebih besar berkat kompresi lebih tinggi.

Lalu, mesin diesel juga disebut lebih tahan lama, awet, serta tak gampang rusak.

Seiring kemajuan teknologi dan tuntutan untuk ramah lingkungan, teknologi mesin diesel juga berkembang. Salah satu hasilnya adalah teknologi mesin diesel common rail.

“Mesin diesel modern sekarang juga sudah menggunakan teknologi common rail yang membuat mobil diesel minim getaran dan memiliki performa tinggi. Selain itu, emisinya juga lebih ramah lingkungan,” ucap Technical Specialist PT.Pertamina Lubricants Brahma Putra Mahayana.

Tips Merawat Mobil Bermesin Diesel: Ganti Oli Berkala Sangat Penting!

Perawatan mobil diesel yang sangat penting adalah penggantian oli mesin secara berkala sesuai rekomendasi dari pabrikan yang tercantum dalam buku manual atau buku servis.

Selain untuk melumasi dan mencegah overheat, oli mesin diesel juga berguna sebagai penetralisir asam dari hasil pembakaran bahan bakar minyak (BBM) yang mengandung sulfur.

Fungsi lainnya ialah mereduksi getaran serta mengurangi suara berisik pada mesin.

“Dengan daya lumas maksimal, meminimalkan gesekan di ruang mesin. Efeknya, performa mesin terus terjaga,” jelas Brahma.

Pilihlah oli sintetik alih-alih oli berbahan dasar mineral, untuk mesin diesel modern. Soalnya, oli jenis itu dapat memberikan perlindungan lebih baik.

Oli Mesin Diesel Turbo Harus Lebih Mumpuni

Mesin diesel modern kini kerap disandingkan dengan turbo. Misalnya saja common rail variable geometry turbo (VGT).

Performa mesin diesel turbo memang trengginas. Kendati begitu, sang pemilik kendaraan harus lebih memperhatikan lagi olinya karena dapur pacu menghasilkan suhu yang jauh lebih panas.

Itulah sebabnya oli mesin diesel turbo punya spesifikasi lebih tinggi ketimbang mesin diesel biasa. Pasalnya, oli tersebut mesti memiliki ketahanan lebih baik terhadap suhu panas.

Pertamina Lubricants sendiri memiliki oli Fastron Diesel 15W-40 dengan spesifikasi API CI-4 yang diklaim cocok untuk mesin-mesin diesel modern. Produk tersebut dilengkapi teknologi NanoGuard serta fungsi penetralisir asam hasil pembakaran.

“Oli Fastron Diesel ini punya kelebihan yaitu memberikan perlindungan maksimum dengan teknologi NanoGuard sehingga bisa melindungi mesin lebih lama. Cocok untuk mesin diesel modern yakni yang sudah mengadopsi sistem common rail injection, terdapat exhaust gas recirculation (EGR), atau juga yang menggunakan turbocharger,” tutup Brahma.

Recommended Posts