Beberapa komponen mobil perlu bekerja dengan baik, demi keamanan berkendara saat musim hujan.

Memasuki September 2022, berbagai wilayah Indonesia diguyur curah hujan dengan intensitas tinggi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), seperti dikutip dari berbagai sumber, memperkirakan puncak musim hujan tahun ini akan terjadi di Desember 2022 atau Januari 2023.

Demi keamanan dan kenyamanan berkendara di tengah kondisi ini, Auto2000 sebagai jaringan diler serta bengkel resmi Toyota di Indonesia menekankan pentingnya mempersiapkan mobil dengan baik.

“Sambut musim hujan, lakukan pengecekan menyeluruh komponen kendaraan supaya dapat bekerja optimal sehingga tidak menyulitkan saat hujan turun,” kata Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara melalui keterangan resmi baru-baru ini.

“Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 dapat membantu pengecekan komponen mobil lewat Kupon Servis General Check Up, eksklusif hanya ada di Auto2000 Digiroom,” lanjut dia.

Daftar Komponen yang Perlu Dicek Saat Musim Hujan

Auto2000 tak lupa menjelaskan komponen-komponen apa saja yang mesti dicek teratur selama musim hujan. Berikut paparannya:

Sistem Penerangan Mobil

Periksa semua sistem penerangan pada mobil mulai dari lampu utama, sein, lampu kabut, hingga lampu belakang. Pastikan tidak ada yang mati dan cahayanya tidak meredup, agar jarak pandang ketika hujan dapat maksimal.

Air Conditioner (AC)

Air Conditioner (AC) diperlukan saat musim hujan untuk menghilangkan embun di kaca depan pada saat hujan. Oleh karena itu, komponen tersebut perlu pula dicek performanya.

Wiper

Komponen kecil ini berperan amat vital saat musim hujan. Pastikan wiper masih dapat menyapu air dan kotoran dengan baik. Lihat kondisi karet wiper, gagang wiper, motor penggerak wiper, serta air pembersih kacanya.

Ban

Daya cengkeram ban perlu moncer selama musim hujan. Oleh karena itu, teliti tingkat keausannya melalui Tread Wear Indicator (TWI) di alur ban mobil. Pastikan ketebalannya belum melewati batas TWI. Level tekanan udara dalam ban pun harus selalu sesuai standar/rekomendasi pabrikan.

Sistem Pengereman

Pastikan kampas rem belum habis dan takaran minyak rem cukup. Cek pula apakah ada kebocoran pada saluran rem atau tidak.

Sistem Kelistrikan

Rajin-rajinlah memantau kinerja sistem kelistrikan mobil. Di antaranya aki serta alternator yang bekerja ekstra menyuplai daya listrik kepada berbagai perangkat mobil kala hujan.

Mesin dan Kaki-kaki

Mesin dan kaki-kaki yang optimal ikut menjaga performa mobil ketika menerabas hujan. Oleh sebab itu, dua komponen ini pun perlu dicek dengan lebih rutin dalam kondisi cuaca seperti ini.

Selalu utamakan keselamatan dan keamanan saat berkendara di musim hujan, ya, Mobilovers!

Recommended Posts