Sekring merupakan komponen yang memiliki fungsi penting pada sistem kelistrikan mobil. Sekring terdiri dari beragam warna dan bentuk dengan fungsi serta peruntukan yang berbeda-beda.

Mobil-mobil zaman sekarang sudah semakin canggih dengan adanya fitur dan komponen modern yang semakin rumit. Komponen-komponen ini biasanya bekerja menggunakan sumber daya listrik.

Karena semakin banyak komponen mobil menggunakan listrik, kemungkinan terjadinya korsleting semakin besar yang berpotensi menimbulkan efek buruk bagi mobil maupun penggunanya.

Oleh karena itu keberadaan sekring di mobil sangat penting untuk menjaga kelistrikan dalam mobil, karena bisa mencegah terjadinya arus listrik berlebih atau korsleting.

Jika sekring rusak atau tidak berfungsi normal sebaiknya segera diganti dengan yang baru, tapi tidak sembarang sekring bisa digunakan karena ada beberapa macam sekring dengan fungsi yang berbeda-beda.

Kali ini, Mobil123.com akan memberikan informasi mengenai sekring mobil, mulai dari bentuk, warna, hingga cara menghindari sekring mobil rusak.

Apa itu Sekring Mobil?

Sekring mobil adalah komponen yang dibuat sebagai pengaman pada sistem kelistrikan dalam mobil. Sekring akan melindungi sistem kelistrikan mobil dari korsleting, dengan cara memutus aliran listrik ketika terjadi kelebihan arus.

Ada beragam bentuk sekring mobil, mulai dari yang berbentuk tabung hingga model tancap. Berikut penjelasan singkatnya.

Bentuk Sekring

Sekring umum ditemui di berbagai jenis mobil, bentuknya bermacam-macam.

Sekring tabung mudah dikenali. Umumnya sekring jenis ini dilengkapi dengan kaca bening pada bagian tengahnya, sementara di kedua ujungnya terdapat material tembaga yang dilapisi chrome nikel.

Diameter dari sekring jenis tabung sekitar 6,35 mm, tapi untuk panjangnya bervariasi. Di salah satu ujung sekring tertulis kapasitas maksimal arus listrik sekring.

Selain kaca, bagian tengah sekring tabung juga ada yang terbuat dari bahan keramik. Sekring tabung keramik lebih keras sehingga tidak mudah hancur ketika sekring meletup.

Namun, sekring tabung keramik tidak bisa dicek kondisinya dengan kasat mata apakah sudah rusak atau belum. Berbeda dengan tabung kaca yang transparan, sehingga kita bisa mengetahui apabila sekring sudah rusak.

Sekring tancap memiliki bentuk kotak berbahan plastik transparan, ditambah dengan lempengan pisau/blade di bawahnya.

Sekring tancap merupakan jenis sekring mobil yang paling modern. Pemakaiannya juga cukup mudah, tinggal ditancapkan saja di tempat yang tersedia.

Warna plastik dari sekring tancap bermacam-macam dan menandakan kapasitas jumlah arus listrik yang dapat diterima.

Selain itu ada juga bermacam ukuran untuk jenis yang satu ini.

Selanjutnya ada sekring batu. Jenis sekring satu ini jarang diketahui orang awam. Ini dikarenakan sekring batu biasa digunakan pada mobil-mobil lama dari pabrikan Eropa seperti Mercedes-Benz dan BMW.

Secara bentuk, Sekring batu mirip-mirip dengan sekring tabung, namun berbeda pada bagian tengahnya. Kalau pada sekring tabung kabel metalnya terdapat di dalam tabung sekring, sedangkan di sekring batu kabel logamnya berada di sisi sekring. Ukuran sekringnya juga lebih kecil dan logam yang disematkan lebih tebal.

Macam-macam Warna Sekring Tancap

Di masa modern ini, banyak mobil baru yang menggunakan sekring tancap/blade. Sekring jenis ini banyak ditemukan dipasaran jika pergantian perlu dilakukan.

Sekring tancap terdiri dari beragam warna yang merepresentasikan kapasitas maksimum arus listrik. Berikut warna beserta kapasitasnya.

  • Cokelat: 7,5 Ampere
  • Merah: 10 Ampere
  • Biru: 15 Ampere
  • Kuning: 20 Ampere
  • Bening: 25 Ampere
  • Hijau: 30 Ampere
  • Oranye: 45 Ampere

Tanda-tanda Sekring Rusak

Pemilik mobil yang baik pasti dapat menangkap tanda-tanda pada mobil yang menunjukkan adanya sebuah masalah, termasuk jika sekring mobil rusak.

Jika sekring mobil bermasalah, satu atau lebih komponen kelistrikan berhenti berfungsi. Misalnya lampu sein tidak menyala, wiper tidak bergerak, dan lain-lain.

Semua pemilik mobil tentu mau cepat-cepat memperbaiki masalah ini. Langkah pertama yang dilakukan yaitu mengetahui posisi sekring/fuse box berada. Lokasinya bisa berbeda-beda berdasarkan model mobil. Informasi posisi fuse box bisa ditemukan di dalam buku manual.

Langkah selanjutnya mengecek fuse box dan mencari sekring yang bermasalah. Pada fuse box biasanya ada yang menunjukkan sekring yang berkaitan dengan komponen bermasalah. Namun pada tahap ini, disarankan untuk mengecek kondisi semua sekring jika mobil mengalami isu listrik.

Setelah menemukan sekring yang berhubungan dengan komponen bermasalah, cek kondisinya. Jika rusak seharusnya bisa langsung terlihat dari kabel metal sekring yang putus, lalu diganti dengan sekring yang baru sesuai dengan ukuran dan warnanya.

Tips Menghindari Sekring Mobil Rusak

Sekring yang rusak akan mengganggu sistem kelistrikan dalam mobil dan membuat kinerja mobil berkurang. Maka dari itu, kelengkapan dan kondisinya perlu dijaga setiap saat.

Untuk menghindari kerusakan pada sekring, sebaiknya rutin mengganti sekring dengan yang baru minimal satu tahun sekali. Disarankan untuk menyiapkan sekring cadangan sebagai antisipasi bila tiba-tiba sekring rusak.

Selain itu, menjaga kondisi sekring dengan mengeceknya setiap waktu. Apalagi jika mobil sering dibawa melintasi jalan rusak.

Ada kemungkinan ketika melewati jalan rusak, getaran mobil akan membuat sekring menjadi kendor.

Jika ditemukan sekring yang kendor, pemilik mobil dapat mengencangkan tancapannya kembali.

FAQ

Q: Apa fungsi sekring pada mobil?

A: Sekring pada mobil berfungsi untuk memutus arus listrik berlebih yang dapat menyebabkan masalah atau bahkan kebakaran pada komponen kelistrikan mobil. Ketika arus listrik berlebih, sekring akan terputus sehingga komponen listrik tidak akan menyala.

Q: Apa penyebab sekring mobil rusak?

A: Sekring mobil dibuat untuk meletup dan melindungi komponen kelistrikan mobil dari kelebihan arus listrik atau korslet. Sekring yang putus merupakan hal yang normal, tapi setelah putus sekring harus diganti karena sekring kendaraan itu single-use. Jika sekring untuk satu komponen sering rusak, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap komponen tersebut.

Q: Berapa Ampere sekring AC mobil?

A: Kode arus listrik sekring yang terhubung dengan AC mobil adalah 10 Ampere.

Q: Berapa Ampere sekring yang harus dipasang untuk head lamp?

A: Sekring yang digunakan untuk lampu depan/head lamp di atas 7,5 Ampere.

Recommended Posts