JAKARTA – Mengecek mobil sebelum digunakan untuk berlibur di akhir tahun wajib dilakukan supaya terhindar dari masalah saat berada di tengah perjalanan. Secara umum ada beberapa komponen pada mobil yang harus dicek.

Tak terasa akhir tahun sudah di depan mata. Biasanya momen akhir tahun dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mengambil cuti sehingga bisa berlibur bersama keluarga.

Menggunakan mobil pribadi untuk berlibur merupakan salah satu pilihan yang tepat karena lebih nyaman dan hemat.

Nah, untuk Anda yang merencanakan liburan bersama keluarga keluar kota dengan mobil pribadi, ada baiknya untuk mengecek kondisi mobil secara keseluruhan, agar di perjalanan nanti tidak menemui kendala pada mobil yang dapat mengganggu kegiatan liburan.

Berikut ini beberapa komponen mobil yang patut dicek sebelum pergi libur.

Mesin

Komponen mobil yang harus dicek sebelum digunakan liburan akhir tahun adalah Mesin.

Mesin akan selalu bekerja saat mobil dikendarai, terutama dalam perjalanan panjang.

Maka dari itu, kondisi mesin dan komponen-komponen di dalamnya harus dalam keadaan yang prima untuk meminimalkan masalah yang tak diinginkan. Jika sebelumnya mesin mobil selalu mengalami masalah, misalnya mati di tengah jalan, bawa mobil ke bengkel untuk segera diperbaiki.

Beberapa poin yang harus diperhatikan pada mesin di antaranya:

  • Oli mesin cukup
  • Filter udara bersih
  • Filter bahan bakar bersih
  • Busi berfungsi baik

Sistem Pendinginan Mesin

Masih berhubungan dengan mesin, sistem pendinginannya terutama radiator juga perlu dicek sebelum mobil dipakai liburan akhir tahun.

Dalam perjalanan panjang, mesin terus bekerja dan lama-kelamaan akan menjadi panas. Agar mesin tidak menjadi overheat, maka sistem pendinginan seperti radiator perlu dalam kondisi yang prima.

Hal yang pastinya perlu dicek adalah air radiator. Volumenya harus dalam kondisi penuh. Selain itu saluran air radiator juga tidak boleh bocor supaya air radiator tidak berkurang.

Komponen-komponen lain dalam sistem pendinginan mesin mobil yang perlu dicek di antaranya:

  • Thermostat
  • Water pump
  • Kipas pendingin
  • Tali kipas/pulley
  • Temperature sensor

Kelistrikan

Aki mobil sebagai sumber listrik juga patut diperiksa. Apakah dayanya masih ada atau sudah habis.

Namanya juga sumber daya listrik, berarti fungsi aki adalah sebagai penyuplai tenaga listrik ke beberapa komponen pada mobil, terutama pada sistem starter.

Listrik diperlukan untuk menimbulkan percikan di busi dan memulai pengapian pada mesin. Jika daya pada aki habis, mobil tidak akan bisa distarter. Maka dari itu aki harus diperiksa dan diganti apabila sudah tidak berdaya.

Selain itu, komponen-komponen kelistrikan lain juga perlu diperiksa, utamanya adalah lampu mobil untuk penerangan jalan. Sistem hiburan dan AC juga perlu dicek agar berkendara lebih nyaman.

Kaki-Kaki Mobil

Komponen pada kaki-kaki mobil juga harus dalam kondisi yang bagus sebelum mobil dibawa ke perjalanan jauh saat liburan akhir tahun.

Komponen yang paling utama pada kaki-kaki mobil adalah rem dan ban. Keduanya sangat penting untuk menjaga keselamatan dalam perjalanan.

Rem yang blong adalah salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi. Jika rem tidak pakem, bukan hanya keselamatan pengendara mobil saja yang terancam, namun juga keselamatan orang lain. Maka dari itu, periksa atau ganti kampas rem mobil supaya perjalanan lebih aman dan selamat.

Demikian juga dengan ban mobil, pastikan ban yang dipakai tidak banyak tambalannya, serta tekanan angin dalam setiap ban sesuai dengan ketentuan.

 

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]