Cara mengganti gear set motor sebenarnya tidak sulit dilakukan. Apalagi bagi anda yang hobi memodifikasi motor pasti suka mencoba memperbaiki sendiri kerusakan pada tunggangan kesayangan anda. Seperti misalnya ketika persneling motor dan rantai rusak. Jadi ketika terjadi sesuatu di jalan, Anda bisa memahami kerusakannya.

Mengganti persneling motor dan rantai, sebenarnya tergolong service yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Tanpa bantuan mekanik, Anda bisa melakukannya sendiri cara mengganti gear set motor dengan modal peralatan yang tidak terlalu rumit.

Cara mengganti gear set motor

Alasan mengganti gear set motor biasanya dilakukan karena kondisinya sudah aus karena pemakaian. Penggantian komponen tersebut juga harus dilakukan satu paket yaitu rantai beserta gir belakang dan gir depan agar pemakaian lebih awet.

Nah, bagaimana cara mengganti gear set motor, yuk simak penjelasannya!

1. Melepas Rantai

Cara mengganti gear set motor. (shutterstock)

Melepas rantai sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Tindakan melepas rantai terlebih dahulu adalah wajib sebelum melepasnya persneling sepeda motor. Pertama, buka penutup rantai (jika ada). Kemudian cari mata rantainya, jika terlihat licin atau kotor karena pelumasan, segera bersihkan dengan lap atau koran bekas.

Langkah ini dimaksudkan agar saat melepas sambungan rantai tidak sulit karena licin. Kemudian gunakan tang untuk melepas pin penghubung. Kemudian rantai dapat dilepas dengan mudah.

2. Ganti Roda gigi Depan

Cara mengganti gear set motor
Cara mengganti gear set motor. (shutterstock)

Posisi persneling penutup depan tertutup persneling kotak mesin, kemudian untuk membukanya lepas dulu tuas persneling dan pijakan kaki kiri menggunakan kunci pas. Kemudian buka baut pengencang penutup persneling depan menggunakan kunci pas. Begitu penutup dibuka maka akan langsung terlihat persneling bisa dan biasanya kotor, maka bersihkan dulu.

Cara mengganti gear set motor di bagian depan terbuka satu baut persneling depan dengan menggunakan kunci L atau kunci pas sesuai ukurannya untuk baut yang ada di tengah lalu lepas kedua baut penahan tersebut. Terakhir lepaskan pelat penahan dengan memutarnya sedikit lalu menariknya.

Berangkat persneling kotoran tua dan bersih, kotoran dan bekas oli rantai di balik penutup persneling depan dengan bensin atau degreaser cair. Setelah itu tutup dan as roda besi persneling sudah bersih, pasang persneling depan baru dengan langkah kebalikan dari cara menghapus persneling.

3. Ganti Roda gigi di belakang

Cara mengganti gear set motor
Cara mengganti gear set motor. (shutterstock)

Mengganti persneling motor bagian belakang tidak terlalu ribet, hanya lebih fokus saja. Langkah awal buka dan lepas baut as roda belakang dengan kunci inggris. Lalu lepaskan persneling belakang drum. Sebelum Anda dapat melepas baut pengencang persnelingbiasanya ada semacam plat yang berfungsi mengunci baut agar tidak kendor akibat getaran dan goncangan.

Maka lepaskan pelat ini dengan obeng pipih yang diketuk menggunakan palu untuk meratakan pelat sehingga baut pengencang dapat dilepas menggunakan kunci pas.

Setelah persneling baru dipasang di tromol lalu kencangkan kembali bautnya dan dilanjutkan dengan mengembalikan posisi pelat penahan baut dengan obeng pipih yang dipalu ke arah semula. Ganti rantai baru dan pasang konektornya, ingat jangan salah posisi. Atur jarak dengan mengencangkan kedua baut di ujung rocker arm. Kemudian kencangkan baut as roda belakang.

Hanya saja Anda perlu memperhatikan saat mengganti persneling dan rantai, kotoran grease akan banyak menumpuk di kedua komponen tersebut. Berhati-hatilah agar pakaian Anda tidak kotor, apalagi jika proses penggantian dilakukan saat Anda menuju lokasi pertemuan dan kebutuhan penting lainnya.

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya di AutoMagz.

Jadi, semoga berhasil cara mengganti gear set motor di rumah ya!

Recommended Posts