Lampu indikator ABS (Anti-lock Braking System) mobil yang menyala menandakan munculnya masalah pada fitur tersebut.

ABS sudah menjadi fitur yang makin biasa terlihat pada mobil-mobil kekinian. Bahkan, model low cost green car (LCGC) seperti Toyota Calya pun kini sudah menjadikannya sebagai fitur standar.

Adapun fungsi ABS, menurut keterangan resmi Auto2000 baru-baru ini, adalah untuk menjaga agar rem mobil tidak mengunci dalam kondisi pengereman mendadak. Dengan begitu, laju mobil masih dapat dikontrol dalam kondisi darurat sehingga mengurangi potensi terjadinya tabrakan.

Kinerja ABS sendiri ditunjukkan melalui lampu indikator yang terdapat pada meter cluster. Lampu indikator itu umumnya terdiri dari tulisan ‘ABS’ dalam lingkaran yang diapit lagi oleh lengkungan serupa tanda baca buka kurung dan tutup kurung pada kedua sisinya.

Dalam kondisi normal, menurut Auto2000, lampu indikator ABS selalu mati saat mobil sedang berjalan. Kalau sebaliknya yang terjadi—entah menyala atau kelap-kelip—artinya ABS sedang mengalami problem.

Perlu ditekankan bahwa ketika itu terjadi, masalah hanya terdapat pada fitur tersebut. Sistem pengereman secara umum tidak mengalami kendala, sehingga bisa dioperasikan.

Kendati begitu, pengemudi atau pemilik mobil tetap mesti memperhatikan isu terkait problem ABS. Soalnya, keberadaan fitur tersebut tentunya makin meningkatkan aspek keselamatan di jalan.

Tiga Penyebab Indikator ABS Mobil Menyala

Menyalanya lampu indikator ABS dipicu oleh terganggunya sensor-sensor yang terletak pada roda mobil, baik di depan maupun di belakang. Penyebabnya, menurut Auto2000, ada tiga.

Pertama adalah sensor-sensor ABS itu terkena kotoran sehingga menjadi eror. Jika tidak, sistem kelistrikan yang terhubung dengan fitur tersebut rusak—misalnya akibat digigit tikus.

Penyebab terakhir adalah munculnya kendala pada komputer pengontrol ABS.

Pemeriksaan ringan bisa dilakukan oleh pengemudi, sembari menyetir. Caranya, injaklah pedal rem untuk merasakan adanya perbedaan seperti rem yang lebih dalam dari biasanya atau pengereman yang kurang ‘menggigit’.

Setelahnya, Auto2000 amat menekankan untuk segera membawa mobil ke bengkel resmi untuk diperiksa lebih lengkap.

“Fitur ABS memiliki peran yang sangat penting sebagai fitur keamanan berkendara. Segera cek ke bengkel Auto2000 jika lampu indikator ABS menyala agar segera dapat dicarikan solusinya dan fitur safety ini berfungsi normal kembali,” tutup Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara.

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]