JAKARTA – Harga jual kembali mobil yang Anda gunakan sekarang (mobil bekas) bisa terus terjaga dan berpeluang untuk cepat terjual  jika diperlukan, kuncinya adalah mengikuti program serta arahan perawatan dari pabrikan atau APM (Agen Pemegang Merek).

Perawatan adalah kewajiban yang Anda harus emban setelah membeli mobil. Semakin terawat mobil Anda, tentu akan berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat.

Keuntungannya tentu bermacam-macam, seperti kenyamanan selama melakukan perjalanan, terhindar dari risiko kerusakan mendadak hingga kerusakan parah yang menguras dana juga tenaga. Keuntungan lainnya juga datang dari nilai jual kembali mobil yang Anda gunakan sekarang tetap terjaga.

Jika membeli mobil baru dari dealer resmi, pastinya Anda akan mendapatkan promo perawatan terbaik.  Seperti diberikan oleh PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada semua model yang mereka jual termasuk Mitsubishi Xpander. 

Khusus pembeli Xpander, Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan masalah perawatan, yang penting disiplin untuk mematuhi waktu-waktunya. Jika Anda membeli Xpander saat ini langsung mendapatkan gratis paket Smart Silver yang berlaku untuk perwatan atau service berkala hingga 50 ribu km atau 4 tahun.

Kunci Agar Harga Mobil Bekas Tetap Terjaga
Dan seusai dengan petunjuk di service manual book, paket tersebut sudah termasuk suku cadang juga oli MMGO. Lainnya, paket ini juga termasuk chemical item seperti brake fluid dan engine flush.

Di Mobil123.com, Mitsubishi Xpander bekas 2017 – 2020 dari beragam varian, harganya cukup terjaga pada kisaran Rp 177 jutaan – Rp 260 jutaan. Hampir semuanya juga dalam kondisi terbaik. Para penjual dalam deskripsinya menyebutkan bahwa mobilnya dalam kondisi terawat, malah banyak yang menyatakan punya track record service dari bengkel resmi Mitsubishi.

Yang menarik, banyak di antara Xpander ini bisa cepat terjual. Dua alasan utamanya karena tentu dalam kondisi sangat terawat serta tawaran harganya yang sangat kompetitif, apalagi Xpander saat ini menjadi MPV incaran keluarga Indonesia.

Khusus di masa pandemi, sampai hari ini penyebaran virus Covid-19 baik dunia termasuk Indonesia masih mengkhawatirkan. Karenanya banyak dari pengguna mobil yang masih beraktivitas di rumah demi memutus mata rantai penularannya.

Kunci Agar Harga Mobil Bekas Tetap Terjaga
Dalam kondisi ini mobil tentu jarang digunakan. Dan ini biasanya luput dari perawatan, agar kondisi selalu dalam kondisi siap pakai PT MMKSI punya tipsnya.

Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah kondisi baterai dan juga oli mesin. Boediarto selaku Group Head of After Sales & CS Operation Group PT MMKSI mengatakan ada beberapa dampak jika mesin mobil tidak dihidupkan dalam waktu lama, selain ada masalah pada pengisian baterai, kondisi oli juga akan mengendap.

“Jika oli terlalu lama mengendap di bagian bawah mesin maka fungsinya sebagai pelumas akan berkurang. Jika begitu maka dampaknya akan terasa saat mesin dinyalakan, komponen saling bergesekan tanpa adanya perlindungan dari oli. Jika mobil terlanjur hanya parkir lama dan jarang dinyalakan, sebaiknya mengganti oli mesin terlebih dahulu,” jelas Boediarto.

Ia menambahkan bahwa hal tersebut sejatinya mudah untuk dicegah, yakni dengan menghidupkan atau memanaskan mobil 3 hari sekali. Tujuannya untuk menjaga baterai serta sirkulasi oli di dalam mesin dan sebaiknya pemilik mobil melakukan periodical maintenance sesuai dengan manual book di bengkel resmi Mitsubishi.

Yang tak kalah menarik, dalam melakukan servis rutin di bengkel resmi, pemilik bisa memanfaatkan layanan Service Booking melalui aplikasi My Mitsubishi Motors ID atau langsung menghubungi dealer terdekat. Melalui Service Booking, konsumen bisa mendapat ketenangan kapan harus berkunjung ke dealer dan juga persiapan jadwal servis serta pekerjaan servis serta spare part lebih teratur.

Untuk melihat daftar dan alamat dealer resmi Mitsubishi Motors terdekat, dapat melalui link berikut https://www.mitsubishi-motors.co.id/cari-dealer.

Selain perlakuan perawatan di atas, pemilik mobil juga harus memperhatikan penggunaan bahan bakar, menjaga fisik atau eksterior dan tetap menjaga orisinalitasnya. Khusus untuk masalah orisinalitas, banyak dari pemilik memang senang melakukan modifikasi. Namun tentunya harus memperhatikan fungsi, keamanan selain dari tampilannya karena bukan tidak mungkin menimbulkan risiko yang cukup parah.

Seperti contohnya melakukan up grade pada sistem audio. Pastikan Anda melakukan modifikasi ke instalatur yang telah berpengalaman dan terpercaya. Karena bukan tidak mungkin, salah dalam instalasi seperti penyambungan kabel tidak sesuai aturan misalnya, bisa menimbulkan bahaya kebakaran seperti yang kerap terjadi belakangan. [Ari]

Recommended Posts