JAKARTA – Peredam suara pada mobil merupakan salah satu komponen yang menentukan kenyamanan dalam berkendara.

Semakin kedap suara di kabin, maka kenyamanan akan semakin meningkat, karena pengguna mobil tidak terganggu dengan suara asing dari luar kendaraan.

Sebaliknya, semakin buruk peredam, maka suara-suara bising yang berasal dari luar kendaraan akan semakin banyak yang masuk dan menggangu pengemudi serta penumpang.

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan peredam suara pada mobil.

Kualitas Audio Lebih Optimal

Paling cepat dirasakan, baik oleh pengemudi maupun penumpang adalah kualitas audio kendaraan menjadi lebih optimal. Hal ini dikarenakan suara yang dihasilkan oleh sistem audio tidak akan tercampur dengan suara asing dari luar mobil.

Ini tentunya akan sangat disukai oleh para pecinta audio, karena bisa mendengarkan lagu-lagu favoritnya dengan kualitas terbaik tanpa terganggu dengan suara-suara bising.

Mobil Lebih Nyaman Dikendarai

Mobil dengan peredaman yang baik juga akan membuat pengemudi merasa lebih nyaman saat berkendara.

Pengemudi akan lebih fokus dalam memperhatikan jalanan di sekitar dan membuat mereka lebih cepat dalam mengambil keputusan di berbagai kondisi jalan.

Suara Mesin dan Ban Mobil Tidak Terlalu Terdengar

Peredam berkualitas baik juga akan membuat suara mesin tidak terlalu masuk ke dalam kabin.

Suara mesin yang masuk ke dalam interior berpotensi mengganggu konsentrasi pengemudi dan dalam jangka panjang akan membuat mereka lebih mudah lelah.

Selain membuat suara mesin tidak masuk ke dalam kabin, suara ban juga akan teredam.

Ban yang bergesekan dengan aspal jalan mengeluarkan suara yang terbilang sangat menggangu, terlebih bila melalui jalan yang tidak rata. Kadang, suara kerikil pun juga akan terdengar.

Peredam juga bisa disematkan pada plafon kendaraan, tujuannya adalah untuk mengurangi suara yang timbul saat hujan lebat.

Untuk memasang peredam suara pada mobil bukan perkara mudah. Hal ini perlu keahlian, karena ada beberapa peredam yang dipasang di lokasi-lokasi yang sulit terjangkau.

Selain itu, tidak semua bagian kabin mobil aman untuk dipasangkan peredam. Untuk itu sebaiknya pastikan bengkel yang Anda sambangi untuk memasang peredam memang memiliki kualitas baik. [Adi/Ses]

Recommended Posts