JAKARTA – Sering kali seseorang tidak mengerti kapan harus mengganti kendaraan mereka.

Meski tetap harus mempertimbangkan faktor financial, memiliki kendaraan yang tepat, di waktu tepat pula justru lebih menguntungkan. Ini karena pemilik kendaraan mobilitasnya tetap tinggi dan bebas dari rasa cemas.

Berikut adalah beberapa waktu yang dirasa cukup tepat untuk membeli kendaraan seperti yang dilansir dari Lifepal.

Jika Pindah Tempat Tinggal ke Zona Rawan Banjir

Tentunya memilih untuk pindah timpat tinggal ada banyak alasannya, terlebih bila harus pindah ke daerah yang rawan banjir. Dan bila mobil yang dimiliki adalah sedan, hatchback atau city car maka sebaiknya segera ganti kendaraan tersebut.

Tempat tinggal di daerah rawan banjir sebaiknya menggunakan kendaraan dengan ground clearence lebih tinggi seperti SUV atau MPV. Kendaraan dengan ground clearence lebih tinggi tentunya lebih mampu menghadapi banjir atau genangan air.

Saat Momongan Bertambah


Keluarga muda umumnya lebih memilih kendaraan dengan kapasitas 5 orang penumpang karena merasa sudah cukup. Namun seiring dengan bertambahnya usia anak atau bertambahnya anak maka mereka akan membutuhkan ruang lebih luas untuk bergerak. Dengan ini maka memilih kendaraan dengan kapasitas 7 orang penumpang pun bisa menjadi pilihan bijak.

Saat Suku Cadang dan Biaya Perawatan Menjadi Mahal.

Semakin bertambahnya usia mobil, maka masalah akan semakin bertambah. Saat itulah, biaya perbaikan akan menjadi lebih tinggi. Selain itu, suku cadang kendaraan tua umumnya lebih tinggi karena terbilang langka. Bila Anda bukan kolektor, maka menjual kendaraan tersebut dan membeli yang lebih muda bisa menjadi pilihan baik.

Ketika Ada Dana

Meski memiliki kebutuhan untuk membeli kendaraan, sebaiknya urungkan niat bila memang dana yang tersedia tidak mencukupi. Pastikan terlebih dahulu uang tabungan dan dana darurat masih aman meski melakukan pembelian kendaraan. Tidak ada salahnya untuk mencari kendaraan dengan promo-promo menarik agar mendapatkan keuntungan lebih.

Ketika Siap Membayar Asuransi

Memiliki dana untuk membeli kendaraan namun tidak memiliki dana untuk membeli asuransi pun terbilang berisiko. Hal ini karena tak ada yang melindungi kendaraan dari risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Asuransi bisa menjadi solusi untuk memperkecil kerugian atas kejadian-kejadian tersebut. [Adi/Ari]

Recommended Posts