Jika Anda menggunakan Microsoft Excel, Anda akan menemukan bagian yang disebut Excel Formula Bar. Kolom ini digunakan untuk memasukkan berbagai jenis formula atau rumus untuk melakukan perhitungan atau mengubah data dalam bentuk teks.

Perubahan pada bagian ini memungkinkan berbagai jenis pemrosesan data di Microsoft Excel berfungsi dengan baik. Jadi jika Anda ingin memanfaatkan aplikasi ini sepenuhnya, pelajari dulu bagian formula bar beserta fungsi masing-masing tombol.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang formula bar Excel, ada baiknya Anda menyimak ulasan di bawah ini. Dengan cara ini Anda dapat lebih memahami apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Jadi jika Anda menggunakan formula bar, formula yang Anda masukkan nanti tidak akan membuat kesalahan.

Kenali bilah rumus Excel

Formula bar di Microsoft Excel adalah bagian yang digunakan untuk menampilkan formula. Nah, bagian ini digunakan untuk melakukan proses editing secara langsung pada data atau berbagai jenis formula yang dimasukkan sebelumnya.

Karena bagian ini digunakan untuk fungsi yang cukup besar di Microsoft Excel. Pengguna harus bisa memanfaatkan bagian ini dengan maksimal agar tidak mengalami error saat mengedit rumus yang terkadang sangat mengganggu.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu bagian mana yang terdiri dari bilah perhitungan. Jika ada banyak bagian, bagian mana yang dapat digunakan secara optimal dan membantu dalam proses pembuatan formula.

fungsi FormulaBar

fungsi FormulaBar

Ada beberapa fungsi yang termasuk dalam formula bar. Berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Posisi 1 rumus pembangun

Lokasi pembuat rumus juga tercantum di bagian ini. Tujuan dari formula builder adalah tempat untuk membuat formula dari formula dasar yang sudah ada. Nah berikut adalah rumus dari kumpulan fungsi di microsoft excel yang bisa dibuka sendiri-sendiri.

Cukup mengetik “sama dengan” (=) langsung memunculkan banyak rumus untuk digunakan. Bagian ini berisi banyak rumus yang nantinya dapat digunakan sesuai kebutuhan, dan memberikan informasi tentang format yang perlu dimasukkan.

Fungsi ini sangat penting untuk melakukan proses pembuatan formula. Jadi seseorang dapat menggunakannya untuk mempelajari atau mencobanya terlebih dahulu sehingga dapat menerapkan fungsinya langsung di dokumen.

2. Memudahkan penulisan rumus

Bagian ini juga memudahkan penulisan rumus karena bagiannya cukup lebar dan memanjang. Karena memiliki bagian yang lebar dan memanjang, Anda bisa menyelesaikan proses penulisan dari awal hingga akhir.

Nanti rumusnya cukup panjang, tidak perlu khawatir. Seperti yang berlanjut di bawah, hasilnya akan bekerja bahkan jika Anda menggunakan rumus bertumpuk.

3. Pengeditan formula lebih mudah

Selanjutnya kita ingin membuat rumus pengeditan lebih mudah. Setelah Anda memasukkan rumus dan mendapatkan kesalahan, proses selanjutnya adalah mengedit rumus langsung di kolom khusus.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas karena memiliki kolom yang cukup lebar dan panjang. Bagian ini memudahkan proses editing. Selain itu, kolom juga bisa dibuat lebih panjang dan lebar. Jadi seperti mengedit di sisi lebar.

4. Melihat hasil akhir rumus

Yang terakhir adalah menampilkan hasil akhir dari formula yang ada. Selain itu, dapat langsung menampilkan hasil atau data berupa teks atau angka bila dimasukkan secara manual.

Bagian penting dari Formula Bar

Bagian penting dari Formula Bar

Secara umum, ada tiga bagian penting yang menyertai formula bar. Bagian ini terdiri dari:

  • Masukkan (centang). Bagian ini digunakan untuk memasukkan rumus dan dianggap benar. Jika Anda menekan tombol centang atau enter, fungsi tersebut akan diterapkan secara otomatis. Jika fungsinya benar memberikan hasil yang sempurna dan jika salah dapat diedit kembali.
  • Batal (silang). Jika Anda tidak memasukkan rumus, Anda dapat menekan tombol batal atau silang. Bagian ini memudahkan proses penghapusan sehingga Anda bisa langsung memasukkan rumus yang akan digunakan.
  • Fungsi ini digunakan untuk memasukkan rumus.

Lihat rumus di Excel

Lihat rumus di Excel

Ternyata di microsoft excel juga ada beberapa cara untuk menampilkan rumusnya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Gunakan bilah rumus

Cara pertama bisa dilakukan melalui formula bar yang terletak di bagian atas lembar kerja dan di bawah pita. Jika Anda ingin melihat formula apa yang digunakan di sel tertentu, Anda bisa langsung menekan sel tersebut.

Setelah menekan sel, langsung periksa bilah rumus. Di sana Anda dapat melihat dengan jelas formula atau formula apa yang digunakan di sel itu. Sehingga bisa langsung digunakan untuk melakukan proses editing atau penyalinan.

Cara ini paling mudah untuk memudahkan seseorang dalam mempelajari suatu rumus. Selain itu, proses editing juga dapat dilakukan dengan mudah sehingga memungkinkan Anda untuk memodifikasi formula yang sudah ada.

2. Gunakan F2

Anda juga dapat menggunakan bilah rumus Excel. Cara mengetahui rumus yang digunakan pada sel tertentu selanjutnya adalah dengan menggunakan tombol F2. Tombol ini dapat digunakan untuk memanggil formula secara langsung jika Anda memilih bagian sel terlebih dahulu.

Jadi gerakkan kursor untuk menyorot salah satu sel yang rumusnya ingin Anda ketahui. Ketika Anda mencapai bagian atas sel, Anda dapat langsung menekan tombol F2 secara langsung. Ini segera menyoroti formula yang digunakan dan membuatnya terlihat jelas.

Karena menggunakan cara manual untuk menampilkan rumus di sel lain, maka proses pengecekan harus diulang. Setelah itu, rumus yang digunakan pada kolom atau sel tertentu dapat terlihat dengan jelas.

3. Gunakan selotip

Operasi ini dapat dilakukan untuk memeriksa data pada halaman daun secara langsung. Sehingga tidak perlu melalui proses verifikasi secara manual. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Pertama blok atau tandai bagian yang ingin diketahui rumusnya.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung menuju ke ribbon untuk menuju ke bagian Formula.
  • Kemudian anda bisa langsung memilih menu Auditing group lalu klik View Formulas.
  • Secara otomatis semua rumus atau formula yang ada di halaman ini akan ditampilkan secara lengkap.
  • Setelah itu, Anda bisa melakukan proses editing.

Excel formula bar dapat digunakan untuk melakukan penulisan formula secara otomatis. Biasanya ada pilihan berbagai jenis formula yang ada. Bahkan jika Anda tidak selalu mengingatnya, Anda tetap dapat menggunakan database dan kemudian melakukan pemilihan formula.

Bagian ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan bagaimana rumus seseorang harus dijalankan. Jadi Anda tetap bisa memanggil berbagai jenis formula sesuai dengan aturannya. Jika tidak cocok, Anda dapat langsung menekan tombol silang, atau jika Anda dapat menekan tombol centang.

Recommended Posts