Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, semua bisa dilakukan secara online. Seperti pembayaran digital, ini memudahkan pengguna dengan paylater.

Shopee Paylater adalah penyedia pembayaran dengan limit Rp 750.000 hingga Rp 6.000.000. Tentu pengguna dapat memberikan pulsa, namun sistem pulsa harus dibayar sebelum tanggal jatuh tempo Shopee Paylater, karena jika melewati tanggal jatuh tempo tentunya akan ada penalti.

Untuk menghindari denda, pengguna dapat mengubah tanggal jatuh tempo. Jika Anda sudah familiar dengan sistem kerjanya maka mungkin Anda pasti akan mengerti bagaimana sistem Shopee Paylater bekerja tanpa resiko apapun tentunya.

Shopee Paylater

Shopee Paylater

Shopee Paylater adalah fitur pembayaran kredit dan cicilan yang terintegrasi Perdagangan elektronik Shopee Indonesia. Fitur ini mirip dengan kartu kredit, tujuannya adalah untuk membeli sesuatu ketika Anda tidak memiliki cukup dana tetapi membutuhkan sesuatu di akun Anda Perdagangan elektronik Itu.

Untuk cicilan Shopee Paylater ini, pengguna harus mengembalikan uang pinjaman sesuai dengan waktu yang dipilih. Pilihan tarif Shopee Paylater tersedia selama tiga bulan, enam bulan, dan hingga dua belas bulan. Tagihan ini harus dibayar oleh konsumen sebelum jatuh tempo untuk menghindari sanksi denda keterlambatan pembayaran.

Tagihan keterlambatan pembayaran dan sistem denda Shopee Paylater

Tagihan keterlambatan pembayaran dan sistem denda Shopee Paylater

Dana yang dipinjam dari pengguna harus dicicil per bulan dengan beberapa opsi sebelumnya. Untuk menghindari pengguna terkena denda, pengguna yang mengaktifkan Shopee PayLater juga dapat memilih tanggal jatuh tempo pembayaran cicilan bulanan, yaitu antara tanggal 5 hingga 25.

Total biaya cicilan Shopee PayLater sudah termasuk bunga dan biaya pemrosesan per transaksi yang dilakukan. Cicilan dengan Shopee PayLater dibayar dengan suku bunga minimum 2,95% dan biaya pemrosesan 1% per transaksi.

Misalnya Anda membeli barang seharga Rp 100.000 di aplikasi Shopee kemudian membayar dengan Shopee PayLater dengan memilih periode pembayaran satu bulan maka invoice akan menjadi Rp 103.950 saat jatuh tempo.

Dikarenakan adanya Shopee Paylater dan denda keterlambatan pembayaran, pengguna harus membayar tagihan cicilan setelah tanggal yang telah ditentukan. Jika pengguna terlambat membayar, mereka akan didenda meskipun hanya terlambat sehari.

Perincian hingga denda wanprestasi sebelum atau sesudah tanggal jatuh tempo akan mendapatkan denda, apa dendanya? Berikut ratingnya.

  • Akan menerima penalti sebesar 5% per bulan dari total tagihan

Misalnya, jika pengguna memiliki invoice Rp100.000, maka invoice yang ditambahkan adalah Rp105.000.

  • Total tagihan bertambah setiap bulan jika Anda tidak segera membayar

Oleh karena itu, pengguna berkewajiban untuk tidak melakukan wanprestasi pembayaran. Jika Anda terlambat, Anda akan didenda.

  • Shopee akan membatasi fungsionalitas

Dengan penundaan bertahap, jika terjadi penundaan pembayaran, pengguna memiliki batasan untuk mengakses fungsi, serta kupon di aplikasi.

  • Dapat mempengaruhi peringkat kredit di OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan).

Kredit macet menyulitkan pengguna untuk mendapatkan pembiayaan dari perusahaan atau bank lain. Shopee juga menagih pengguna yang terlambat membayar atau gagal membayar Shopee PayLater secara langsung. Itu artinya penagih utang Shopee Paylater datang ke rumah Anda.

Tanggal Jatuh Tempo Paylater Shopee

Tanggal Jatuh Tempo Paylater Shopee

Shopee Paylater berakhir pada tanggal 5, 11, dan 25 dan dibayarkan pada bulan berikutnya. Setelah pembelian dan pembayaran berhasil, muncul invoice yang harus dibayar tergantung jangka waktu cicilan.

Invoice Shopee Paylater ini keluar pada tanggal 25, 1, dan 15 setiap bulannya, sehingga pengguna perlu mengetahuinya. Karena tanggal kedaluwarsa Shopee Paylater dihitung berdasarkan tanggal, kemungkinan besar pengguna dapat mengubah waktu pembayaran dengan berbagai cara.

Pilih tanggal jatuh tempo Shopee Paylater

Saat mengajukan pinjaman ada beberapa pilihan mengenai tanggal jatuh tempo, hal ini terlihat dari detail tagihan pengguna. Saat pembelian dikonfirmasi, Shopee akan memberi tahu Anda tentang tanggal jatuh tempo. Pengguna dapat memilih kapan akan membeli berdasarkan kriteria berikut.

  • Kalau tagihan keluar tanggal 25, jatuh tempo tanggal 5 harus dibayar nanti.
  • Jika invoice muncul pada tanggal 1, pembayaran harus dilakukan paling lambat tanggal 11.
  • Jika tagihan keluar pada tanggal 15 maka jatuh tempo pada tanggal 25 dan harus dibayar.

Ketahui tanggal kedaluwarsa Shoppe Paylater

Untuk mengetahui tanggal jatuh tempo Shopee Paylater, Anda bisa mengeceknya langsung dari menu billing. Semua transaksi yang dilakukan dan tanggal jatuh tempo segera muncul. Begini caranya:

  • Bisa akses Shopee Payleter lalu ketik “Tagihan Saya”.
  • Masukkan salah satu pembelian, lalu tekan “belum dibayar”.
  • Setelah itu akan muncul informasi nominal, limit pembayaran dan tanggal jatuh tempo.

Cara mengubah tanggal kedaluwarsa Shoppe Paylater

Cara mengubah tanggal kedaluwarsa Shoppe Paylater

Pinjaman Shopee Paylater ini pastinya memiliki sistem pembayaran jatuh tempo. Nah, agar tidak membayar denda, Anda bisa melakukannya dengan mengubah tanggal jatuh tempo yang tersedia. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa tips di bawah ini.

Melakukan transaksi pada tanggal 25

Kesempatan pertama untuk melakukan transaksi adalah pada tanggal 25 atau juga pada akhir bulan. Karena jika pembelian dilakukan di akhir bulan, misalnya tanggal 25, maka tanggal jatuh temponya harus dibayar di akhir bulan, yaitu tanggal 5 bulan berikutnya. Cara ini sangat efektif untuk mengubah kedewasaan, karena Anda akan mendapatkan keringanan selama sebulan.

Bayar tagihan sebelum periode berakhir

Pilihan kedua adalah pelunasan lebih awal sebelum batas waktu, hal ini dinilai cukup efektif untuk mengubah jangka waktu. Karena dengan membayar di awal tentunya pengguna tidak akan menemukan tagihan yang muncul kembali. Cara ini sangat sederhana, pengguna dapat masuk ke menu seperti berikut.

  • Buka menu “Saya”, ketik “Spayleter” dan pilih “Bayar Sekarang”.
  • Masukkan “Faktur Bulanan Berikutnya”, detailnya akan ditampilkan.
  • Lanjutkan dengan klik Bayar Dulu
  • Pengguna dapat memilih untuk membayar tagihan hanya untuk bulan depan atau memilih untuk membayar semuanya.

Gunakan satu kali cicilan Beli Sekarang

Opsi ketiga adalah menggunakan fitur cicilan satu kali dan dilakukan di akhir bulan. Tepatnya tanggal 26 sampai 30 coba tanggal ini. Ini agar jatuh tempo dua bulan kemudian.

Hubungi Layanan Pelanggan Shopee

Opsi terakhir adalah mengirim obrolan ke layanan pelanggan melalui aplikasi dan kemudian meminta bantuan. Selain itu, pengguna bisa menghubungi call center di 1500702 lalu mengajukan permintaan ke Shopee PayLater untuk mengubah batas waktu.

Tentu saja, pengguna diwajibkan untuk membayar tagihan tepat waktu sesuai kesepakatan yang telah diatur sebelumnya. Jika Anda terlambat maka Anda pasti akan didenda, untuk mengurangi tanggal jatuh tempo Anda dapat menggunakan cara-cara di atas. Sehubungan dengan Kebijakan Jangka Waktu Paylater Shopee, hal ini dapat berubah setiap tahun.

Recommended Posts