Jadwal FYP TikTok biasanya sedikit sulit untuk diikuti. Karena setiap minggunya bahkan setiap hari bisa berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu. Ini bisa berjalan karena adanya tren yang terus berubah-ubah.

Itulah kenapa, disarankan untuk selalu memahami apa saja tren yang ada pada Tiktok. Dengan mempelajarinya, kemungkinan besar bisa dengan mudah untuk memahami bagaimana metode dari FYP TikTok yang terjadi di sana.

Lebih lanjut, pastikan untuk selalu membuat konten-konten yang memang berkualitas. Apabila konten yang dibuat tidak berkualitas, kemungkinan besar tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Jadi, pastikan semuanya berjalan dengan baik.

Apa Sebenarnya FYP TikTok Itu ?

Apa Sebenarnya FYP TikTok Itu

FYP TikTok atau for your page merupakan sekumpulan dari video yang muncul pada beranda di TikTok. Biasanya munculnya video ini memang dilakukan secara random sesuai dengan apa yang disukai oleh masyarakat.

Misal kamu sering sekali menyukai beberapa video yang berhubungan dengan dance. Maka, sebagian besar video yang akan muncul di sana berhubungan dengan itu dan hal-hal yang terkait lainnya.

Orang-orang pengguna aplikasi ini biasanya sangat menyukai FYP. Apabila bisa masuk ke sana berarti jumlah orang yang menontonnya bisa lebih banyak dibandingkan dengan video standar. Jadi, beberapa orang selalu berusaha untuk mendapatkannya.

Beberapa orang sudah memiliki formula tersendiri atau tidak memahami algoritma yang dimiliki oleh aplikasi TikTok. Jadi, apapun video yang dibuat bisa terkenal dan dilihat oleh jutaan orang dalam satu hari.

Untuk memahami seperti apa FYP pada TikTok dan mekanismenya bisa disimak tutorial dalam artikel ini. Akan dibahas berbagai hal terkait dengan FYP TikTok mulai dari waktu yang tepat untuk melakukannya dan beberapa tips untuk mendapatkan.

Faktor yang Memicu FYP TikTok

Faktor yang Memicu FYP TikTok

Ada beberapa faktor yang bisa memicu FYP TikTok dari suatu video TikTok. Dengan menggunakan beberapa faktor di bawah ini, video anaknya dibuat bisa menjadi viral dengan lebih cepat dan juga mudah.

1. Kualitas Video FYP TikTok

Ada beberapa faktor yang mungkin bisa menyebabkan akun bisa mendapatkan FYP TikTok dan tidak. Salah satu faktor yang mungkin bisa menjadi alasan adalah kualitas dari video itu sendiri. Apabila kualitas dari video cukup tinggi kemungkinan untuk itu semakin besar.

Maksud dari kualitas video di sini bisa dilihat dari kualitas dan resolusinya. Artinya konten yang ada di dalam video terlihat dengan jelas sehingga orang lain bisa memahami tanpa merasa kesulitan.

Jadi usahakan untuk tidak membuat video secara asal-asalan. Apabila membuat video secara asal-asalan besar akan cukup sulit dikenal. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu justru melakukan hal-hal yang sia-sia.

2. Jenis Video FYP TikTok

Selanjutnya buatlah jenis video yang bervariasi atau sesuai dengan branding yang sudah dimiliki. Karena video TikTok itu bervariasi mulai dari video yang berhubungan dengan challenge baik itu menarik ataupun makan. Selain itu, dan juga video berbentuk edukasi.

Setiap video tentu akan memiliki referensi penonton yang berbeda-beda. Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk mengetahui kira-kira bagaimana demografi dari penonton yang diinginkan. Apabila mengetahui, pembuatan video bisa lebih mudah.

Karena kamu bisa membuat video yang memang disukai oleh para penonton. Jadi, jangan membuat video secara sembarangan karena bisa saja video itu tidak sesuai. Karena biasanya FYP TikTok sudah memberikan persona tersendiri pada setiap akun.

3. Hook di Bagian Depan FYP TikTok

Salah satu hal tersulit dari pembuatan video adalah pemberian hook. Karena pemberian ini ternyata harus dilakukan dengan tepat agar orang begitu melihatnya bisa merasa tertarik. Apabila tertarik, mereka akan menonton hingga akhir.

Inilah yang akan menjadikan suatu konten video bisa berhasil menjadi FYP TikTok. Jadi, tidak ada salahnya untuk memikirkan konsep dari video entah itu dengan memberikan semacam teaser di depan atau apa pun yang menarik.

Apabila selama beberapa detik awal video itu sudah tidak disukai, kemungkinan untuk mendapatkan FYP TikTok akan semakin kecil. Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk membuat konten-konten yang memang cukup berbobot.

4. Isi dari Video FYP TikTok

Isi dari video juga hal yang harus benar-benar diperhatikan. Karena isi dari video ini akan menentukan apakah nantinya video akan benar-benar disukai atau tidak. Apabila tidak disukai, berarti akan sedikit sulit untuk diterima.

Jadi pastikan untuk membuat isi yang memang benar-benar sesuai dan tidak akan menipu. Selain itu, pastikan untuk membuat konsep yang memang benar-benar pahit agar hasilnya bisa sesuai dengan keinginan.

Isi dari video FYP TikTok ini usahakan untuk sama satu dengan yang lain. Jadi, dalam satu akun akan memiliki jenis video yang sama sehingga bisa meminimalkan terjadinya miskonsepsi.

5. Pembuat Video

Sebenarnya pembuat dari video itu sendiri juga akan menentukan apakah video bisa FYP TikTok atau tidak. Apabila kamu termasuk orang yang memang sudah terpilih ataupun sudah dikenal oleh banyak orang, keinginan besar akan lebih mudah mendapatkannya.

Beberapa orang yang sudah terkenal, atau yang sudah memiliki centang biru biasanya akan lebih mudah untuk FYP TikTok. Bahkan meski video yang mereka buat cukup sederhana, kemungkinan besar bisa mendapatkan itu dengan mudah.

Karena semua kembali lagi pada siapa orang yang nantinya akan melihat. Mereka yang sudah memiliki centang biru biasanya sudah memahami dengan baik apa saja yang harus dilakukan agar target marketnya suka.

6. Target Video

Target video yang dimiliki oleh seseorang tentu akan berbeda-beda. Hal ini berhubungan dengan demografi yang nantinya akan terlihat apabila video itu sudah diaktifkan fitur insight. Jadi, akan tahu dengan jelas siapa saja orang yang melihatnya.

Karena biasanya setiap target ini akan memiliki spesifikasi yang tersendiri. Apabila targetingnya sudah sesuai, kemungkinan besar akan lebih mudah untuk mendapatkan FYP TikTok dan juga memasang iklan di sana.

Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu memperhatikan hal ini dengan baik. Selain itu, usahakan untuk membuat video yang benar-benar terkonsep dari awal atau sesuai dengan bahaya yang sudah disukai.

7. Keberuntungan

Terakhir dan tidak kalah penting adalah keberuntungan yang nantinya akan dimiliki oleh seseorang. Mau bagaimanapun keberuntungan dari seseorang akan menentukan apakah video mereka FYP TikTok atau tidak.

Terkadang seseorang membuat video yang sederhana saja tetapi justru memberikan banyak sekali viewer. Sebaliknya, orang-orang yang sudah membuat video yang cukup rumit tetapi justru tidak mendapatkan penonton.

Mengapa FYP TikTok Tidak Bisa Viral ?

Mengapa FYP TikTok Tidak Bisa Viral

Ada beberapa alasan kenapa suatu peristiwa tidak bisa menjadi viral sehingga memicu terjadinya FYP TikTok. Berikut beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan video tidak bisa viral.

1. Konten Tidak Disukai

Ada beberapa hal yang menyebabkan video tidak bisa viral dan sulit memperoleh FYP TikTok. Salah satu alasannya adalah konten itu memang tidak disukai oleh banyak orang karena berhubungan dengan penghinaan atau sesuatu yang berbahaya.

Itulah kenapa, disarankan untuk membuat konten yang aman dan tidak terlalu berlebihan. Apabila konten itu berlebihan besar akan tidak disukai oleh banyak orang.

2. Banyak Meniru

Selanjutnya adalah terlalu banyak menyuruh orang lain. Sebenarnya meniru bukanlah hal yang cukup berbahaya selama tidak mengambil video orang lain lalu diposting secara langsung pada akun milik sendiri.

Namun, apa yang dilakukan ini ternyata cukup membuat beberapa orang menjadi bosan. Karena mau bagaimanapun beberapa orang sekali konten yang memiliki sifat original dan susah sekali ditiru.

3. Tidak Post di Jam yang Tepat

Ini tidak boleh diabaikan sama sekali karena apabila melakukan posting pada jam yang salah, kemungkinan besar tidak akan mendapatkan FYP TikTok. Itulah kenapa, disarankan untuk memperhatikan beberapa jam tayang khususnya pada hari-hari aktif.

Selain itu, jangan lupakan juga posting yang dilakukan pada akhir pekan. Apabila hal ini terjadi beberapa kesalahan bisa menyebabkan video yang sudah susah payah dibuat justru tidak dilihat oleh orang lain.

4. Tidak Ada Interaksi

Salah satu indikator apakah video bisa mendapatkan FYP TikTok atau tidak adalah interaksi. Maksud dari interaksi di sini adalah jumlah like yang ada di sana serta komentar yang nantinya akan dibuat oleh penonton.

Semakin banyak interaksi yang terjadi di sana kemungkinan besar akan lebih mudah untuk mendapatkan FYP TikTok. Sebaliknya, apabila tidak ada interaksi kemungkinan besar akan hanyut begitu saja.

5. Melanggar Aturan

Terakhir dan mungkin sering diabaikan oleh banyak orang adalah aturan yang diterapkan oleh Tiktok. Ada beberapa aturan tertulis yang harus benar-benar diikuti agar tidak melanggar dan video yang dibuat juga mudah FYP TikTok.

Apabila terjadi pelanggaran, kemungkinan besar akan sulit untuk mendapatkan FYP TikTok. Jadi, pelajari semuanya dengan baik agar tidak melakukan kesalahan.

Jadwal FYP TikTok yang Bisa Diikuti

Jadwal FYP TikTok yang Bisa Diikuti

Berikut beberapa jadwal FYP TikTok yang bisa diikuti oleh semua orang. Tidak ada jaminan jika posting pada jam ini bisa langsung mendapatkan FYP. Tapi, tidak ada salahnya juga untuk mencoba.

1. Senin

Hari Senin adalah hari yang cukup sibuk sehingga beberapa orang biasanya jarang sekali untuk membuka Tiktok. Namun biasanya mereka akan lebih bersantai setelah pulang kerja dimulai pada pukul 18.00 WIB. Lakukan posting pada jam ini.

2. Selasa

Hari Selasa biasanya sudah sedikit lebih santai sehingga bisa memiliki banyak waktu untuk melihat TikTok. Apabila ingin melakukan posting maka jadwal FYP TikTok yang disarankan adalah 11.00-13.00 WIB dan 18.00-21.00 WIB.

3. Rabu

Jadwal untuk hari Rabu kurang lebih sama dengan hari Selasa. Jadi, tidak ada perubahan yang signifikan FYP TikTok sehingga pastikan untuk melakukan posting pada jam yang sudah ditentukan.

4. Kamis

Memulai pada hari Kamis biasanya beberapa orang sudah mulai menyongsong akhir pekan. Jadi, mereka akan lebih aktif pada media sosial sehingga jadwal FYP Tiktok Tahun Ini hari ini yang disarankan mulai pukul 10.00-13.00 WIB. Selanjutnya pada malam hari bisa sepulang kerja mulai pukul 18.00 WIB.

5. Jumat

Pada hari Jumat kemungkinan besar ada sedikit perbedaan Jadwal FYP TikTok. Jadi jadwal yang cukup disarankan adalah mulai pukul 15.00 WIB sampai mendekati malam hari.

6. Sabtu dan Minggu

Untuk hari Sabtu dan Minggu jadwalnya kurang lebih sama sehingga mau posting pada jam berapa pun tidak ada masalah. Namun disarankan untuk melakukan posting mulai dari pagi hingga sore hari.

Manfaat Video FYP TikTok

Ternyata mendapatkan FYP memiliki keuntungan yang sangat banyak. Berikut beberapa keuntungan yang didapatkan apabila video tersebut sudah mendapatkan FYP TikTok.

1. Mendapatkan Exposure

Salah satu manfaat yang dimiliki apabila mengetahui jadwal FYP TikTok adalah bisa mendapatkan exposure yang jauh lebih banyak. Karena biasanya Tik Tok akan lebih banyak orang pada jam-jam tertentu setiap harinya.

Misal pada hari kerja, biasanya jam ramenya akan terjadi di siang hari ataupun bisa juga pada malam. Apabila pada jam biasa atau jam kerja biasanya jarang ada orang karena sebagian besar orang sedang melakukan aktivitasnya.

Apabila melakukan posting video pada jam yang tepat, exposure dari video itu akan semakin tinggi. Artinya, peluang untuk mendapatkan FTP akan semakin besar serta ada kemungkinan untuk mendapatkan banyak sekali keuntungan.

2. Potensi Dapat Kerja Sama

Ada potensi untuk mendapatkan kerja sama dengan banyak orang. Karena ketika video itu dilihat oleh banyak orang, banyak sekali aku yang akan melihat termasuk beberapa akun official yang dimiliki oleh brand.

Apabila pemilik brand merasa tertarik dan ingin melakukan kerjasama, mereka akan melakukan penawaran. Inilah sebenarnya yang sangat dicari oleh banyak orang karena bisa mendapatkan uang secara langsung dengan mudah.

Jadi pastikan untuk membuat konten FYP TikTok yang memang benar-benar berkualitas. Selain itu, apabila beruntung dan mendapatkan viral, bukan tidak mungkin untuk melakukan kerja sama dengan banyak pihak.

3. Meningkatkan Follower

Apabila video mendapatkan FYP TikTok, kemungkinan besar akan mudah untuk mendapatkan follower. Bahkan meski video tersebut tidak dilihat oleh banyak orang apabila disukai biasanya orang akan langsung menekan tombol untuk follow.

Semakin sering akun yang kamu miliki menampilkan video-video FYP, berarti jumlah follower juga akan meningkat. Itulah kenapa, beberapa orang yang sering mengalami FYP TikTok sering kebanjiran follower.

Semakin banyak pengikut, kredibilitas yang dimiliki oleh akun tersebut akan semakin tinggi. Ini akan semakin memudahkan untuk mendapatkan jumlah pengikutsertaan semakin disukai oleh brand-brand yang berkaitan dengan akun.

4. Bisa Centang Biru

Semakin terkenal dan memiliki exposure yang cukup tinggi, bisa membuat akun yang dimiliki mudah mendapatkan centang biru. Akun yang sudah mendapatkan centang biru biasanya memiliki kredibilitas yang cukup tinggi.

Ini akan memudahkan akun menjadi dikenal serta melakukan kerjasama dengan banyak pihak. Bahkan, pihak dari tiktok sendiri juga bisa melakukan kerjasama sehingga peluang yang lebih besar akan terbuka lebar.

Itulah kenapa, beberapa orang memang mendalami media sosial video ini dengan baik. Bahkan, ada yang rela sengaja melakukan proses editing FYP TikTok secara terus-menerus agar bisa selalu aktif pada akunnya.

5. Bisa Buat Jualan

Disadari atau tidak ternyata apabila mendapatkan FYP TikTok bisa memudahkan kita semua untuk berjualan. Apabila sudah sering mendapatkan flip, kita juga bisa menambahkan kotak ataupun keranjang kuning di bagian pojok kiri bawah.

Bahkan bisa juga menyisipkan soft selling atau hard selling di dalam video. Dengan melakukan itu, maka orang lain bisa dengan mudah untuk melakukan pengecekan dan melakukan transaksi secara langsung di sana.

Kamu bisa menjual barang yang dimiliki sendiri atau bisa juga menjual barang-barang milik orang lain. Dengan begitu, proses transaksi bisa berjalan dengan lebih lancar. Bahkan peluang untuk mendapatkan keuntungan juga cukup tinggi.

Jadwal FYP TikTok yang sudah dituliskan di atas hanyalah beberapa prediksi saja. Terkadang jadwal itu bisa berubah-ubah dan tergantung dengan jenis konten yang sedang dibuat. Selain itu keberuntungan juga menjadi salah satu penentu.

Terkadang video yang terlihat sederhana saja ternyata memiliki jumlah penonton dan like yang cukup banyak. Bahkan meski dibandingkan dengan yang lain jumlah FYP TikTok ini cenderung lebih sedikit.

Recommended Posts