Simak ulasan berikut untuk mempelajari cara melihat YouTube analytics dengan mudah. Membuat video kemudian menguploadnya ke Youtube saat ini sedang dilakukan oleh banyak orang.

Perkembangan teknologi terkini membuat banyak orang lebih menyukai informasi dalam bentuk video. Salah satu media yang digunakan adalah Youtube.

Jika Anda sudah berhasil mengunggah video ke Youtube, di sini Anda pasti ingin tahu seberapa besar pengaruh video yang Anda buat. Tentunya dengan mengetahui detail video engagement akan memudahkan Anda.

Di sini Anda dapat menggunakan video untuk media pemasaran yang menarik. Ini bisa menjadi cara untuk mendapatkan kesadaran merek. Mengingat banyak peminat yang menonton video ini.

Maka disini sangat penting bagi anda untuk memahami keinginan target market para penonton video. bagaimana cara melakukannya

Tentu Anda perlu memahami terkait Youtube Analytics. Dimana hal ini dapat membantu anda untuk mendapatkan hasil analisa dari tayangan video yang anda upload ke Youtube.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara melihat Youtube Analytics secara lebih detail. Pastikan Anda menyimak ulasan ini hingga habis.

Apalagi buat kamu yang memang ingin terjun ke dunia youtuber. Jangan pernah berhenti belajar banyak tentang Youtube agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baiklah langsung saja ke ulasan tentang cara melihat Youtube Analytics dibawah ini.

Apa itu YouTube Analytics?

Apa itu YouTube Analytics

Analitik hari ini sangat penting. Pastinya Anda sudah familiar dengan Google Analytics sehingga kita bisa melihat hasil analisanya di Google.

Youtube Analytics juga memiliki fungsi yang sama dengan Google Analytics. Untuk melihat hasil analisis perkembangan dan pemasaran di Internet.

Google Analytics dapat membantu Anda melihat analitik situs web Anda. Sementara itu, Youtube Analytics melakukan hal yang sama untuk membantu para YouTuber.

Anda dapat melihat kinerja saluran YouTube dan juga video yang Anda buat. Data yang disajikan di sini adalah dalam bentuk metrik.

Keberadaan Youtube Analytics tidak hanya untuk melihat jumlah penonton video. Ini dapat menjadi panduan tentang tema video mana yang disukai banyak penonton.

Cara melihat Youtube Analytics

Cara melihat Youtube Analytics

Tentu pertanyaannya saat ini adalah bagaimana cara melihat YouTube Analytics. Tentunya jika ingin menontonnya harus menggunakan akun sendiri.

Anda tidak dapat melihat analitik YouTube dari akun orang lain di sini. Pastikan Anda memiliki akun Youtube Anda sendiri. Jika Anda sudah memiliki akun, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Masuk ke akun Youtube Anda terlebih dahulu, jika Anda melakukannya nanti Anda akan melihat beranda YouTube. Anda tinggal klik ikon foto profil di kanan atas.
  • Setelah masuk, Anda cukup memilih YouTube Studio (Beta).
  • Jika Anda dapat melihat di layar sebelah kiri ada pilihan menu Analytics. Cukup klik pada menu.
  • Di sini Anda sudah berada di halaman metrik hasil Youtube Analytics tempat Anda dapat memilih waktu.
  • Anda dapat memilih dari minggu lalu hingga saluran dibuat. Untuk mengaturnya, Anda bisa melalui opsi di kanan atas. Lalu klik Show More jika ingin melihat informasi lebih detail.
  • Informasi terperinci tersedia di sini. Analisis tayangan video YouTube berdasarkan lokasi geografis, usia, jenis kelamin, perangkat yang digunakan, dan bahkan cara pemirsa mengakses video Anda.
  • Anda juga dapat mendorong hasil analisis ke Google Spreadsheet di halaman yang sama, dan Anda juga dapat memberikan masukan tentang hasil laporan menggunakan menu di pojok kanan atas.

Sebelum adanya Youtube studio ini biasanya para youtuber menggunakan tools untuk mengupload videonya menggunakan Youtube Creator Studio.

Sebenarnya Youtube Studio saat ini merupakan produk beta dan saat ini masih dalam tahap pengembangan agar lebih baik lagi.

Oleh karena itu Youtube Creator Studio dapat memberikan informasi lebih lanjut. Entah itu informasi tentang metrik atau analitik akun YouTube.

Menu di Youtube Analytics

Jika Anda sudah berhasil mengakses halaman Youtube Analytics melalui Youtube Studio, namun sebelum mulai mengutak-atiknya, ada hal yang perlu Anda pelajari.

Apalagi terkait dengan menu-menu yang ada, nanti jangan bingung. Kami juga akan membahas menu di Youtube Analytics untuk Anda.

1. keterlibatan

Pasti banyak yang mendengar tentang engagement, terutama di dunia media sosial. Apakah ada orang lain di sini yang tidak mengerti komitmen?

Engagement adalah partisipasi atau bisa dibilang reaksi yang dilakukan oleh penonton video atau channel YouTube Anda.

Misalnya, Anda dapat melihat berapa lama waktu yang dihabiskan pemirsa video. Detail lebih lanjut seperti jumlah penayangan rata-rata, jumlah menit, dan jumlah klik.

2. Penonton

Di sini data tentang audiens dapat dijelaskan. Misalnya seperti umur, jenis kelamin, lokasi siaran dan juga subtitle jika tersedia.

3. Ikhtisar

Di menu ikhtisar ini Anda dapat melihat bahwa ada 3 metrik. Misalnya seperti bagan ikhtisar keseluruhan yang bisa dipilih dalam kurun waktu tertentu. lalu aktivitas waktu nyata, yang menunjukkan aktivitas di saluran Anda.

Kemudian yang terakhir adalah video teratas pada waktu-waktu tertentu. Menu ini tentunya menjadi menu yang cukup menarik bagi para youtuber.

4. Jangkauan

Menu ini juga akan sangat membantu anda dimana menu ini dapat memberikan informasi atau bahkan menemukan video anda di youtube.

Entah itu video dari rekomendasi, website atau hasil browsing dari layanan pencarian Google atau Youtube

Menyimpulkan

Pada kesempatan kali ini, tentu saja informasi ini sangat penting untuk Anda. Terutama bagi Anda yang baru terjun ke dunia Youtube.

Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa poin tentang melihat analitik YouTube, Anda dapat mengambil langkah-langkahnya. Tentukan arah mana yang lebih baik untuk saluran Youtube yang Anda buat.

Ada banyak konten yang tersedia dan Anda dapat memilih dari hiburan, pendidikan, ulasan, dan banyak lainnya. Terima kasih telah membaca artikel kami kali ini. Semoga bermanfaat.

Recommended Posts