Mobil irit 2022 kini menjadi salah satu acuan dalam membeli bagi konsumen, lalu apa saja daftar pilihannya?

Konsumsi bahan bakar yang irit menjadi salah satu acuan dalam membeli mobil, apalagi pada 2022 ini terjadi kenaikan bahan bakar. Tidak hanya itu, beberapa kantor juga sudah mulai menerapkan wfo (Work from Office) kembali, sehingga dibutuhkan mobil yang irit untuk beraktivitas sehari-hari.

Mobil listrik dapat menjadi solusi, namun untuk sebagian orang kadang terbentur dengan harga yang jauh lebih mahal dari mobil konvensional. Untuk itu Mobil123.com rangkum mobil irit 2022 berdasarkan jenisnya, sehingga memudahkan dalam memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mobil dapat dikelompokan berdasarkan jenisnya, di Indonesia umumnya mobil yang dijual berjenis Hatchback, MPV (Multi Purpose Vehicle), Sedan, dan SUV (Sport Utility Vehicle). Sebelum membahas list mobil irit 2022 ini, alangkah baiknya jika kita mengetahui detail dan pasar yang sesuai dengan jenis mobilnya:

Pengkategorian Mobil di Indonesia

Hatchback

Mobil jenis ini dapat menampung 4-5 penumpang di dalamnya, memiliki ciri-ciri yaitu bagasi dan kabinnya menyatu. Hatchback biasanya menjadi pilihan untuk pembeli mobil pertama, atau keluarga baru yang memiliki anggota keluarga 4-5 orang saja.

MPV (Multi Purpose Vehicle)

Mobil ini dapat digunakan untuk banyak keperluan seperti namanya, mobil ini memiliki kapasitas penumpang sampai 7 atau lebih. Biasa pengguna hatchback beralih ke MPV karena memerlukan tambahan kapasitas baik penumpang atau bagasi.

Sedan

sedan

Memiliki ciri seperti hatchback dengan kapasitas penumpangnya 4-5 orang, namun dengan ruang bagasi yang terpisah dengan kabin bagian penumpang. Mobil ini cocok untuk anak muda atau yang ingin kenyaman lebih.

SUV (Sport Utility Vehicle)

suv mobil123

Mobil yang cocok untuk jiwa petualang karena dengan kapasitas seperti MPV, namun memiliki dimensi lebih tinggi sehingga dapat dibawa kemana saja. Mobil ini bisa menjadi pilihan jika ingin MPV namun dengan tampilan yang lebih gagah dan maskulin.

Daftar Mobil Irit 2022

Berikut daftar mobil irit 2022 berdasarkan masing-masing jenisnya yang Mobil123 rangkum dari berbagai artikel yang pernah kami tayangkan.

Hatchback Honda Brio

honda brio 2022

Pada jenis hatchback ada Honda Brio yang dikenal Irit bahan bakar karena dengan dimensi yang kecil yaitu panjang 3800 mm, lebar 1680 mm, tinggi 1485 mm. Namun menggunakan mesin yang bertenaga yaitu 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW dan menurut hasil uji cobanya konsumsi BBMnya dapat menyentuh 1:21 km untuk penggunaan dalam kota dan 1:30,1 km untuk luar kota.

Selain faktor diatas ada faktor pendukung lainnya yang dapat menyebabkan konsumsi bbm dapat menyentuh angka itu. Yaitu dilengkapi dengan transmisi CVT yang dikenal halus perpindahan dan menjaga putaran mesin agar tetap efisien.

Dan juga ada indikator Eco Assist yang memberi informasi bahwa konsumsi bbm dalam mode iritnya.

Saat ini Honda Brio dipasarkan dalam 7 pilihan yaitu:

No  Varian Honda Brio Harga
1 Brio Satya S MT Rp157,9 juta
2 Brio Satya E MT Rp171,6 juta
3 Brio Satya E CVT Rp188 juta
4 Brio RS MT Rp217,6 juta
5 Brio RS CVT Rp227,6 juta
6 Brio RS MT Urbanite Edition Rp227,4 juta
7 Brio RS CVT Urbanite Edition Rp237,4 juta

MPV Suzuki All New Ertiga Hybrid

ertiga hybrid

Lalu pada jenis MPV, terdapat Suzuki All New Ertiga Hybrid. Di jenis ini hanya Ertiga yang menyematkan teknologi mild hybrid. Mobil ini menggunakan baterai berjenis Lithium-ion 12 volt dan Integrated Starter Generator (ISG). Teknologi ini yang menyebabkan mengapa konsumsi BBM All New Ertiga Hybrid menjadi sangat irit.

ISG ini berfungsi sebagai generator untuk menyimpan energi ke baterai yang dihasilkan ketika berdeselerasi. Dan juga sebagai motor yang dapat memberikan tambahan tenaga ke mesin saat berakselerasi.

Menurut informasi yang kami dapat All New Ertiga Hybrid dapat menempuh jarak 28,7 km/liternya, untuk transmisi AT. Sedangkan untuk transmisi MT dapat mencapai jarak yang lebih jauh lagi yaitu, 34,2 km/liter.

Selain teknologi di atas, baik dimensi masih sama seperti Ertiga non hybrid. Dengan panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm, jarak terendah dari tanah 180 mm dan jarak sumbu roda 2740 mm.

Begitu juga dengan mesinnya masih menggunakan mesin berkode K15B 1462 cc, dengan tenaga maksimal 104,7 Ps dan torsi maksimal 138 Nm.

Berikut harga All New Suzuki Ertiga Hybrid :

No  Varian Suzuki Ertiga Harga
1 All New Ertiga Hybrid GX MT Rp270,3 juta
2 All New Ertiga Hybrid GX AT Rp281,3 juta
3 All New Ertiga Hybrid SS MT Rp281,3 juta
4 All New Ertiga Hybrid SS AT Rp292,3 juta

Sedan Toyota Camry Hybrid

camry hybrid

Selanjutnya dari sedan ada Toyota Camry Hybrid, sedan premium yang diluncurkan pada Oktober 2021. Kenapa memasukan sedan premium ini kedalam listnya?

Karena jika dibandingkan dengan Toyota Vios dan Honda City yang berukuran lebih kecil yang konsumsi bahan bakarnya dapat mencapai 1:18 km sedangkan Camry Hybrid ini dapat mencapai 1:15-20 km.

Faktor penyebabnya adalah motor listrik yang akan hidup saat berjalan dengan kecepatan rendah yaitu 20 km/jam motor listrik akan digerakan dari tenaga yang disimpan pada baterai kemudian mesin bensinnya akan dimatikan semetara sampai dibutuhkan yang membuat konsumsi bbm menjadi lebih irit.

Mobil ini dijual hanya satu varian yaitu Camry 2.5 Hybrid seharga Rp844,1 juta.

Crossover/SUV Toyota Corolla Cross Hybrid

corolla hybrid

Mobil berikut yang masuk dalam list mobil irit dari jenis SUV/Crossover adalah Toyota Corolla Cross Hybrid. Mengapa mobil ini masuk kedalam list mobil irit 2022?

Karena mobil ini dilengkapi dengan motor listrik selain mesin konvesionalnya, dari mesin konvensionalnya saja sudah menggunakan mesin berkode 2ZR-FXE 1798cc, 4 silinder, DOHC yang menghasilkan tenaga 96 Hp dan torsi maksimal 142 Nm.

Kemudian ditambah dengan motor listrik yang memberikan tenaga tambahan sampai 71 Hp dan torsi 162,7 Nm. Dari kombinasi kedua mesin tersebut Toyota Corolla Cross mendapat konsumsi bahan bakar rata-rata 20-22 km/liter.

Untuk bagian eksterior hanya sedikit pembeda dengan versi non hybrid yaitu pada dimensi velg sedikit lebih besar dan emblem “hybrid” yang menandakan bahwa menggunakan teknologi hybrid. Selain itu dimensinya masih sama yaitu panjang 4460 mm, lebar 1825 mm dan tinggi 1620 mm.

Toyota Corolla Cross hanya hadir dengan satu varian saja yaitu Corolla Cross 1.8 Hybrid AT yang dibanderol seharga Rp540,9 juta.

Tips Mobil Irit BBM 

Servis Berkala

Mematuhi anjuran servis sesuai dengan buku panduan yang diberikan karena dengan servis secara rutin membuat kinerja mesin selalu dalam kondisi prima termasuk bagian pembakaran.

Sehingga pembakaran yang optimal menyebabkan konsumsi bbm tidak terbuang percuma.

Cek Tekanan Ban

Karena tekanan ban yang kurang dari anjuran akan menyebabkan tapak ban menjadi melebar sehingga menambah berat kinerja mesin. Sebaiknya ikuti anjuran yang ada pada buku panduan atau stiker yang berada di pintu kursi driver.

Tidak Berakselerasi secara Mendadak

Hindari berakselerasi tiba-tiba dan melakukan pengereman mendadak selain dapat menyebabkan boros bbm juga dapat membahayakan pengguna jalan lainnya. Sebaiknya berkendara secara halus karena dapat menghemat bbm juga menghemat penggunaan kampas rem dan ban Anda.

Recommended Posts