Doa selamat seringkali dilantunkan ummat muslim untuk meminta keselamatan dari Allah SWT. Terkait marabahaya baik didunia maupun akhirat.

Doa ini juga termasuk salah satu cara penghamban seorang muslim kepada sang pencipta yaitu Allah SWT.

Karena sebagai makhluk tidak akan dapat selamat tanpa diselamatkan oleh Allah, dengan hal ini seorang hamba layak untuk meminta kepada-Nya.

Doa Selamat Untuk Keluarga

Doa-Keselamatan-Keluarga

Doa pertama terkait keselamatan keluarga diabadikan Allah dalam firman Nya.

جِّنِى وَأَهْلِى مِمَّا يَعْمَلُونَ

Tulisan Latin : Robbi najjinii wa ahlii mimma ya’maluun

Artinya : “Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan.” (QS Asy Syu’ara: 169).

Doa yang kedua Memohon Kebaikan dan Keselamatan Keluarga diabadikan juga dalam Al-qur’an.

رَبِّ ٱجْعَلْنِى مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ

Tulisan Latin : Rabij’alnii muqiimas shalaati wamindzuriyyatii rabbanaa wataqabbal du’aa i

Artinya : “Ya Allah Ya Tuhanku, semoga Engkau menjadikan kami dan anak cucu kami menjadi orang-orang yang tetap mendirikan sholat. Ya Allah, semoga Engkau mengabulkan permintaan kami.” (QS Ibrahim: 40)

Doa Selamat Mohon Dihindarkan Azab Neraka

Azab neraka sudah jelas adanya disediakan Allah untuk hamba yang tidak patuh atas printah Allah SWT.

Sebagaimana Firman Allah At Taubah Ayat 101


وَمِمَّنْ حَوْلَكُمْ مِنَ الْأَعْرَابِ مُنَافِقُونَ ۖ وَمِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ ۖ مَرَدُوا عَلَى النِّفَاقِ لَا تَعْلَمُهُمْ ۖ نَحْنُ نَعْلَمُهُمْ ۚ سَنُعَذِّبُهُمْ مَرَّتَيْنِ ثُمَّ يُرَدُّونَ إِلَىٰ عَذَابٍ عَظِيمٍ

Artinya : “Dan di antara orang-orang Arab Badui yang (tinggal) di sekitarmu ada orang-orang munafik. Dan di antara penduduk Madinah (ada juga orang-orang munafik), mereka keterlaluan dalam kemunafikannya. Engkau (Muhammad) tidak mengetahui mereka, tetapi Kami mengetahuinya. Nanti mereka akan Kami siksa dua kali kemudian mereka akan dikembalikan kepada azab yang besar.”

Untuk meminta belas kasih sayang Allah SWT maka doa dibawah ini dapat diamalkan. Semoga Allah hindarkan kita dari azab api neraka Amiin,…

رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا إِنَّهَا سَاءَتْ مُسْتَقَرًّا وَمُقَامًا

Teks Latin : Rabbanas rif ‘annnaa ‘azaaba Jahannama inna ‘azaabahaa kaana gharaamaa, innahaa saaa’at mustaqarranw wa muqoomaa.

Artinya: “Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal. Sesungguhnya jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.”

Doa Selamat Dunia Dan Akhirat

Doa selamat dunia akhirat ada beberapa yang lazim dilantunkan oleh ummat muslim. Sebagaimana yang terkumpul dibawah ini :

Doa Selamat Dunia Dan Akhirat Yang Pertama

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin : Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil aakhiraati khasanah, wa qinaa adzaabannaar.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berila kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka.”

Doa Selamat Dunia Dan Akhirat Panjang & Lengkap

اَللّٰهُمَّاِنَّانَسْئَلُكَسَلَامَةًفِىالدِّيْنِ،وَعَافِيَةًفِىالْجَسَدِوَزِيَادَةًفِىالْعِلْمِوَبَرَكَةًفِىالرِّزْقِوَتَوْبَةَقَبْلَالْمَوْتِوَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِوَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُمَّهَوِّنْعَلَيْنَافِيْسَكَرَاتِالْمَوْتِ،وَنَجَاةًمِنَالنَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

Latin : Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa ‘aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wabarokatan dir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba’dal maut. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal ‘afwa indal hisaab.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, tobat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

Doa Keselamatan Dunia Akhirat 3

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ

Latin : Allahumma antassalam, wa minkassalam, wa ilaika ya’uudussalam, fahayyina robbana bissalam, wa adkhilnal jannata daarossalam, tabarokta robbana wa ta’aalayta, yaa dzal jalaali wal ikram.

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang mempunyai kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan itu, kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukkanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang maha Tinggi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Doa Selamat Ulang Tahun, Perjalanan, Sykuran, Anak Baru Lahir, Pernikahan, Dll

Nah untuk doa selamat versi panjang dan lengkap yang telah ditulis diatas kamu bisa pakai untuk semua kebutuhan umum baik itu acara pernikahan, syukuran, dll yang ingin meminta keselamatan dunia.

Doa Meminta Selamat Dari Penyakit

Berikut dibawah ini adalah doa meminta selamat atau kesembuhan dari segala penyakit.

Doa pertama :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Latin : (Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. Lā syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman)

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,”

Doa Kedua :

Yang telah disabdakan oleh Nabi bahwa Rasulullah SAW bersabda :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Latin : Allohumma Innii A’uudzu Bika Min Zawaali Ni’matik, Wa Tahawulli ‘Aafiyatik, Wa FuJaa’ati Niqmatik, Wa Jamii’i Sakhothik

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku ini berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat yang telah Engaku berikan, dari ubahnya kesehatan yang Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, serta dari segala murka-Mu,”

Doa Selamat Dari Iman Keteguhan Iman

Iman adalah benteng seorang hamba muslim yang tidak bisa diperjualbelikan. Namun terkadang iman pada hati seseorang mudah luntur karena kondisi disekitar.

Maka dari itu sepatutnyalah seorang hamba berdoa kepada Allah SWT terkait keteguhan iman sebagaimana doa yang ada dibawah ini.

Doa Pertama :

يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك على ديبك

Latin : Ya Muqallibal qulubi tsabbit qalbi ‘ala dinika

Artinya : Wahai Dzat yang membolak-balikan hati, teguhkanlah hatiku berada di atas agamamu.

Doa Ke Dua :

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Latin : Rabbanā lā tuzigh qulụbanā ba’da iż hadaitanā wa hab lanā mil ladungka raḥmah, innaka antal-wahhāb

Artinya : “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.” (QS Ali Imran ayat 8)

Penutup

Demikianlah ulasan terkait doa selamat yang ditulis dalam artikel .. Semoga Bermanfaat untuk menambah amalan doa setiap saat.

Mohon maaf jika ada salah kata dan penulisan terkait artikel doa selamat. Semoga Allah selalu memberikan keselamatan kepada kita semua Amiin.

Recommended Posts