Harga BBM Pertamina, Harga BBM Shell – Pengguna kendaraan harus mengetahui harga BBM yang dipasarkan di Indonesia. Dengan begitu, pemilik kendaraan akan mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan saat mengisi bahan bakar.

Apalagi, ada beberapa jenis BBM yang ditawarkan Pertamina dan swasta. Perbedaannya terletak pada tarif RON atau CN (solar) yang ditawarkan. Semakin tinggi nilainya, semakin tinggi pula harga yang harus dibayar. Tapi selain itu, Harga BBM Pertamina, Harga BBM Shell dan SPBU swasta lainnya cukup bersaing.

Harga BBM Pertamina, Harga BBM Shell

Dibandingkan dengan Pertamina, SPBU swasta cenderung lebih mahal. Meski begitu, SPBU swasta menjanjikan pelayanan dan fasilitas yang lebih baik. Sedangkan Pertamina diuntungkan karena memiliki lokasi yang semakin merata.

Namun selain itu, pemilik kendaraan juga harus memahami cara memilih bahan bakar yang tepat untuk kendaraannya.

1. Cara Memilih Bahan Bakar yang Tepat

Harga BBM Pertamina, Harga BBM Shell

Sebelum membahas perbandingan harga BBM Pertamina dengan produk kompetitor, alangkah baiknya kita bahas dulu cara memilih BBM yang tepat. Meski terlihat sepele, ternyata pemilihan bahan bakar yang tepat berpengaruh serius pada performa dan daya tahan mesin. Berikut cara memilih bahan bakar yang tepat:

Baca Panduan Pengguna

Di manual yang disediakan pabrikan terdapat informasi tentang waktu servis dan juga penggantian oli. Selain itu, petunjuk penggunaan bahan bakar yang direkomendasikan juga terdapat dalam manual.

Ketahui Rasio Kompresi

Cara memilih harga BBM Pertamina yang tepat untuk motor Anda selanjutnya adalah dengan mengetahui rasio kompresi mesin. Misalnya motor dengan rasio kompresi 7:1 sampai 9:1 disarankan menggunakan Premium dan Pertalite paling tinggi.

Kalau ngotot pakai BBM Pertamina yang lebih tinggi seperti Pertamax atau Pertamax Turbo dengan RON 98 sebenarnya tidak apa-apa. Namun, penggunaan bahan bakar dengan kadar RON lebih tinggi dari yang dianjurkan cenderung lebih panas bagi kendaraan. Di samping itu, Harga BBM Pertamina, Harga BBM Shell Indonesia yang memiliki kadar RON lebih tinggi juga cenderung lebih mahal.

Untuk mesin dengan rasio kompresi 9:1 sampai 10:1 biasanya digunakan Pertaminalite. Sedangkan untuk kompresi 10:1 sampai 11:1 menggunakan Pertamax. Sedangkan untuk kompresi yang lebih tinggi, 11:1 hingga 12:1 gunakan Pertamax Plus.

Lihat Sistem Pendingin

Perlu Anda ketahui bahwa semakin tinggi RON bahan bakar yang digunakan maka akan semakin tinggi juga temperatur yang dihasilkan. Karena itulah, Anda perlu mengetahui sistem pendingin yang ada pada motor Anda. Jika motor Anda sudah menggunakan radiator, Anda tidak perlu khawatir kepanasan. Namun, jika Anda menggunakan motor tua dan tidak memiliki radiator, sebaiknya gunakan saja BBM Pertamina dengan RON kecil.

2. Perbandingan harga BBM Pertamina, Shell, Vivo dan BP Castrol

Harga BBM Pertamina, Harga BBM Shell, Total Harga BBM
Harga BBM Pertamina, Harga BBM Shell

Setelah mengetahui cara memilih bahan bakar yang tepat untuk kendaraan, kini saatnya mengetahui perbandingan harga BBM Pertamina dengan produk lain yang ada di pasaran. Tebak siapa yang termahal?

PERTAMINA

Jenis bahan bakarHarga 
PertaliteRp 10.000 
PertamaxRp 13.900 
Pertamax TurboRp 14.950 
Surya BersubsidiRp6.800 
DexliteRp 17.800 
Pertamina DexRp 18.100 

kerang

Jenis bahan bakarHarga 
Kerang SuperRp 14.150 
Shell V-PowerRp 14.480 
Shell V-Power Nitro+Rp 15.230 
Shell V-Power DieselRp 18.450 

Perminyakan Inggris (BP)

Jenis bahan bakarHarga
BP 90Rp 14.050
BP 92Rp 14.150
BP 95Rp 14.840
BP DieselRp 17.990

Vivo

Jenis bahan bakarHarga
Revo 89Rp 11.600
Revo 92Rp 14.140
Revo 95Rp 14.830

Semoga menjadi pembanding Harga BBM Pertamina, Harga BBM Shell dan lain-lain ini berguna!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya di AutoMagz.

Recommended Posts