Belakangan Indonesia sedang dilanda cuaca buruk, hujan deras dan angin kencang. Kondisi ini juga berbahaya bagi anda yang sedang berkendara, karena jalanan cenderung licin dan terdapat genangan air.

Genangan air ini yang sering jadi sumber masalah karena mobil mengalami aquaplaning. “Aquaplaning dominan diakibatkan oleh kondisi genangan air di antara keempat roda, kecepatan dan bobot kendaraan. Saat aquaplaning terjadi, pengendara cenderung sulit mengendalikan mobilnya,” ujar Edwin Dwi Novianto selaku Kepala Bengkel Auto2000 Permata Hijau, Edwin Dwi Novianto.

Oleh karena itu, pada kondisi seperti sekarang apalagi jika Sobat – ingin melakukan perjalanan jauh, pastikan ban dalam kondisi maksimal. Baik dari alur ban masih baik, hingga tekanan bannya sesuai anjuran.

“Kondisi alur ban yang baik, tekanan ban yang sesuai dan jenis ban yang sesuai spesifikasi juga membantu mengurangi efek yang ditimbulkan saat aquaplaning,” jelasnya.

Indikator ketebalan ban (kiri) dan anjuran tekanan angin (kanan).

Untuk mengetahui kondisi alur baik masih baik, biasanya di ban selalu ada indikator yang menunjukkan batas alur ban. Sementara, ukuran tekanan ban sesuai anjuran bisa dilihat di bagian dalam dekat pintu pengemudi.

Recommended Posts