Contoh Teks Prosedur – Kalau kita lihat-lihat prosedur ini memang tidak jauh-jauh dari kehidupan kita sehari-hari, ya. Iya dong, contoh teks prosedur yang ada di suatu barang atau lainya kan banyak ya. Untuk itu, kamu harus tahu nih mengenai teks prosedur yang ada ini. Kan kalau kamu sudah tahu nantinya akan jadi lebih enak, ya.

Oya, tidak hanya itu saja tetapi kamu juga nantinya akan menemukan contoh-contoh untuk menggunakan teks prosedur di pembelajaran sekolah kamu, ya. Nantinya ada lho ya di materi pembelajaran kamu. Untuk kamu yang memang ingin mengetahui hal-hal penting apa saja mengenai teks prosedur bisa simak artikel kali ini.

Nantinya kamu akan bisa lebih mudah melakukan banyak halnya gitu. Kan sekarang mah tidak hanya di buku saja kamu bisa menemukan materi-materi pembelajaran, di internet juga sudah banyak sekali. Hal ini tentunya berkat kemajuan teknologi yang memang sudah berkembang pesat, ya.

Oke deh, kalau begitu, supaya tidak berlama-lama, langsung saja kita simak pembahasan tentang hal-hal penting dan juga contoh yang ada di dalam teks prosedur di bawah ini, ya. Kalau begitu di bawah ini ada pembahasan yang lengkapnya, langsung move yuk.

Penjelasan Detail Mengenai Teks Prosedur

contoh-teks-prosedur

Nah, untuk kamu yang memang masih bingung tentang Contoh Teks Prosedur ini sendiri, maka kami akan sampaikan ke kamu pembahasannya. Sesuai dengan apa yang kami katakan di atas, kalau disini kami bisa mendapatkan banyak hal tentang teks prosedurnya ini. Oleh karena itu simak saja pembahasannya ya.

Kamu pastinya pernah dong ya ingin membuat sesuatu tetapi tidak mengetahui caranya? Atau kamu pastinya pernah deh ingin menggunakan suatu alat baru dan melihat teks prosedur yang ada di dalamnya? Iya kan? Nah, untuk itu teks prosedur ini sangat sering kita jumpai dan kita butuhkan di kehidupan sehari-hari.

Jadi, teks prosedur ini merupakan teks yang akan membimbing pembaca untuk melakukan suatu hal. Misalkan cara untuk menggunakan suatu barang atau alat. Bisa juga cara untuk membuat masakan apa gitu. Dengan adanya teks prosedur ini tentunya kamu akan dimudahkan ya untuk melakukan berbagai halnya gitu.

Iya dong, contohnya saja kalau kamu ingin membuat sesuatu yang tidak kamu ketahui, dengan teks prosedur yang ada nantinya kamu akan bisa melakukan atau membuat sesuatunya dengan sesuai dengan apa yang ditulis itu, ya. Jadi, kamu tidak akan kebingungan lagi gitu untuk melakukan banyak halnya tersebut.

Nah, secara KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) teks prosedur merupakan teks yang isinya langkah-langkah atau suatu metode untuk menyelesaikan masalah. Kalau intinya ya teks prosedur ini adalah teks yang memberikan jalan supaya orang-orang bisa dengan mudah melakukan sesuatunya tanpa kebingungan.

Sudah paham kan pendidikan apa disini yang kami maksud? Oke kalau begitu, kita bisa langsung masuk ke pembahasan yang lebih dalam lagi tentang teks prosedurnya. Ada struktur dari teks prosedur, ciri-ciri dan jenis-jenisnya deh ya. Langsung saja simak yuk.

Begini Struktur Teks Prosedur yang Wajib Diketahui

contoh-teks-prosedur

Jika kamu ingin membuat Contoh Teks Prosedur kamu sendiri, maka nantinya kamu harus mengetahui tentang struktur yang ada di dalam teksnya ini. Kan mungkin kamu mendapatkan tugas dari guru di sekolah ya untuk membuat teks prosedur gitu, jadi sebelum membuatnya ya kamu harus mengetahui strukturnya.

Karena kan di sebuah teks pastinya akan ada struktur yang membentuknya kan ya. Nah, kalau di dalam sebuah teks itu tidak terdapat strukturnya ya bagaimana dong nantinya kamu akan bisa membuat teks tersebut menjadi benar dan juga menjadi teks dengan kesatuan yang utuh.

Bisa dibilang sih struktur yang ada di dalam sebuah jenis teks ini memang sangat-sangat diperlukan. Karena dengan adanya struktur nantinya kita akan bisa membentuk teksnya dengan sesuai gitu. Oke deh kalau begitu, kami ingin langsung sampaikan ke kamu struktur teks prosedurnya ini.

Teks prosedur ini memiliki empat struktur yang memang akan membantu teksnya tersebut. Jadi, untuk membuat teksnya tersebut, kamu jangan sampai melupakannya atau jangan ditinggalkan salah satu strukturnya ini. Langsung saja ya di bawah ini kami akan berikan ke kamu penjelasannya.

Tujuan Teks Prosedur

Pastinya di bagian pertama teks prosedur kamu akan menemukan tujuan dari teks prosedurnya ini kan ya. Tujuan yang dimaksudkan dari teks prosedurnya ini adalah ingin melakukan apa gitu. Nantinya teks ini akan memberikan ke kamu petunjuk untuk melakukan hal apa ya. Jadi, bagian ini jangan sampai tidak diisi.

Dalam teks prosedur nantinya kamu bisa membuat teks petunjuk tentang hal apapun gitu. Kamu bisa membuat teks prosedur untuk melakukan sesuatu, membuat kerajinan tangan, menggunakan alat, dan lainnya. Harus jelas ya tujuan dari teks prosedur yang dibuatnya ini. Supaya orang-orang juga bisa mengetahui tentang teks yang dibacanya ini.

Alat dan Bahan

Kedua, kamu bisa menuliskan alat dan bahan yang memang akan diperlukan dari pembuatannya itu. Untuk kamu yang ingin membuat Contoh Teks Prosedur gitu, nantinya kamu akan bisa menambahkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam pembuatan atau melakukan sesuatunya ini. Kamu masih bingung apa perbedaan alat dan bahannya ini?

Jadi, kalau alat itu adalah suatu benda yang memang akan dibutuhkan untuk melakukan sesuatu dan tidak akan habis jika digunakan. Mau kamu menggunakannya berulang kali juga, alat tersebut tidak akan habis. Seperti gunting, penggaris, dan lainnya.

Nah, kalau bahan ini merupakan benda yang memang bisa digunakan dalam prosedurnya tetapi akan habis jika digunakan. Misalkan saja kamu akan membuat teks prosedur memasak, nantinya bahan yang akan digunakan seperti gula, air dan lainya. Berbeda kan?

Langkah-Langkah yang Dilakukan

Selanjutnya, struktur yang memang penting untuk diletakkan di dalam teks prosedur adalah langkah-langkah. Dimana langkah-langkah ini nantinya akan bisa digunakan untuk memberikan petunjuk ke pembaca teks prosedur yang kamu buat lho ya. Nantinya untuk membuat langkah-langkah kamu harus gunakan bahasa yang singkat, padat dan juga jelas.

Karena kalau kamu menggunakan bahasa yang kurang jelas, nantinya orang akan salah paham dan malah melakukan langkah-langkah yang salah lagi, ya. Oya, untuk membuat langkah kamu benar-benar harus membuat langkah yang rinci serinci-rincinya, ya.

Penutup (Kesimpulan)

Di dalam Contoh Teks Prosedur ini juga nantinya akan ada bagian penutup lho ya. Seperti teks yang jenis lainnya dimana nanti kamu akan bisa membuat bagian penutup saat sudah selesai menuliskan langkah-langkah yang ada. Bagian penutup ini isinya memang sedikit berbeda, ya dari bagian penutup teks lainnya.

Kalau di dalam teks prosedur, nantinya kamu akan bisa membuat teks penutup dengan menuliskan manfaat yang didapat dari langkah-langkah yang dilakukan tadi. Atau nantinya juga akan ada isi kesimpulan dari langkah-langkah yang dilakukan deh. Sudah merasa paham kan?

Ciri Khas Dari Teks Prosedur yang Membedakan Dengan Teks Lainnya

contoh-teks-prosedur

Seperti teks yang lainnya, nantinya kamu akan bisa mendapatkan ciri khas dari teks prosedurnya. Kan memang ya untuk membuat teks prosedur pastinya selain memahami tentang struktur dari teks prosedurnya gitu, nantinya kamu akan bisa memahami juga ciri khasnya.

Karena kan di setiap teks yang ada, nantinya akan memberikan ciri khas yang berbeda gitu. Ingin tahu apa saja ciri khas yang dimiliki dari teks prosedur. Simak perincian yang ada di bawah ini, ya.

  • Di dalam teksnya akan berisi panduan langkah-langkah yang bisa dilakukan.
  • Pasti menggunakan kata keterangan yang bisa menunjukkan cara, tempat, waktu atau apapun yang tepat.
  • Teksnya akan berisi kalimat imperatif.
  • Dalam teksnya akan berisi kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan secara berurutan, ya.
  • Kalimat di dalam teksnya menggunakan jenis kata kerja yang aktif.
  • Di dalam kalimat menggunakan kata penghubung untuk bisa mengurutkan suatu kegiatan yang harus dilakukan.

Beberapa Macam Teks Prosedur yang Ada dalam Kehidupan Sehari – hari

Di dalam teks prosedur ini nantinya kamu akan bertemu beberapa macam teksnya. Iya, jadi teks prosedur ini juga tidak hanya satu jenis, tetapi juga ada jenis-jenis lainnya yang bisa kamu gunakan. Ingin tahu kan jenis dari teks prosedur yang akan kamu gunakan? Simak di bawah ini ada pembahasannya.

  • Teks Prosedur Kompleks, yaitu teks yang isinya banyak sekali arahan yang harus dilakukan secara teliti dan benar. Tidak boleh melakukan arahannya secara acak, ya.
  • Teks Prosedur Sederhana, yaitu teks prosedur yang di dalam teksnya ini hanya dituliskan sedikit arahan yang mudah dipahami. Biasanya hanya berisi dua atau tiga arahan saja lho ya.
  • Teks Prosedur Protokol, yaitu jenis teks yang mana arahannya ini tidak harus dilakukan secara berurutan, namun tujuan akhirnya akan tetap sama.

Contoh Teks Prosedur Lengkap Singkat dan Mudah

Untuk membuat teks prosedur, kamu bisa melakukannya dengan sangat mudah lho ya. Tetapi, disini kami akan berikan ke kamu beberapa contoh teks prosedur yang akan bisa kamu lakukan. Tentunya teks prosedur ini nantinya akan bisa kamu lihat untuk menjadi acuan, ya.

Oleh karena itu, kita langsung saja masuk ke contoh-contoh teks prosedur yang akan bisa kamu lihat. Oya, akan berikan ke kamu contoh tentang membuat makanan dan melakukan sesuatu, ya. Simak langsung di bawah ini, oke?

Download teks prosedur dalam bentuk file dokumen -> Download Disini

Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan

Cara Membuat Manisan Mangga

Manisan jambu ini merupakan makanan yang biasa disukai oleh kaum remaja, ya. Rasa asam dari mangga yang masih belum matang memiliki tingkat kenikmatannya tersendiri yang membuat banyak orang menyukainya. Berikut cara membuat manisan mangga.

Alat dan Bahan :

  1. Pisau 1. Mangga
  2. Mangkuk 2. Gula Putih
  3. Ulekan 3. Cabai merah dan cabai rawit
  4. Talenan 4. Air secukupnya

Cara Membuat :

  • Kamu potong-potong mangga dengan pisau sampai kecil-kecil.
  • Kemudian, kamu buat bumbu dengan memasukkan cabai merah, cabai rawit dan juga gula putih dengan cara diulek yang halus.
  • Setelah itu, kamu campurkan bumbu yang tadi ke dalam mangga yang sudah diiris kecil dan aduk sampai merata.
  • Jika sudah, kamu diamkan selama 30 menit.
  • Manisan mangga siap disantap.

Contoh Teks Prosedur Melakukan Sesuatu

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Menjaga kebersihan diri memang sangatlah penting. Untuk menjaga kebersihannya juga tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kamu bisa memulainya dengan rajin mencuci tangan dengan benar. Supaya kamu mengetahui cara mencuci tangan yang baik, maka simak caranya di bawah ini.

  • Kamu bisa langsung basahi seluruh tangan di air yang mengalir.
  • Kemudian, kamu tuangkan sabun ke tangan, jangan terlalu banyak ya secukupnya saja.
  • Setelah itu, kamu bisa ratakan sabun di tangan dengan cara menggosokkan telapak tangan, lalu punggung tangan, sela-sela jari dan kukunya. Tidak lupa kamu gosokkan juga jempol secara bergantian.
  • Kalau sudah, maka kamu bisa membilas tangan sampai semua busa dari sabun hilang.

Dengan mencuci tangan yang benar, maka kebersihan kamu akan selalu terjaga dan kamu akan selalu sehat. Sekian Contoh Teks Prosedur yang dapat kami sampaikan pada kali ini. semoga bermanfaat.

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]