Kalau kamu memang sedang mencari tentang contoh teks persuasi, maka disini . akan sampaikan ke kamu. Semua hal yang akan kamu butuhkan bisa kamu dapatkan dari artikel yang satu ini lho ya. Penasaran kan? Maka dari itu simak sekarang juga ya.

Mungkin kamu belum menyadari ya kalau di dalam kehidupan kita sehari-hari ini sudah banyak sekali ditemukan teks persuasi gitu. Memang sih terkadang kita tidak menyadarinya ya, atau bahkan kamu masih kebingungan ya tentang teks persuasi ini sebenarnya apa. Karena mungkin saja kamu baru mempelajarinya ya.

Nah, untuk kamu ketahui ya teks persuasi yang biasa ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari ini adalah teks iklan atau himbauan yang sering kita temukan. Misalnya saja nih ya kalau kamu menemukan beberapa iklan yang ada di jalan-jalan, itu di dalamnya terdapat teks persuasi lho ya.

Untuk lebih mengetahuinya, di bawah ini kami akan menyampaikan ke kamu hal yang lebih detail dan lebih jelas lagi ya tentang teksnya ini. So, untuk kamu yang memang masih merasa belum mengetahuinya atau masih mencari informasinya. Langsung simak pembahasan yang akan kami berikan dan sudah disiapkan ini, ya.

Teks Persuasi Itu Apa Sih?

contoh-teks-persuasi

Sudah menyimak kan pembahasan yang ada di atas tadi? Nah, kalau begitu sekarang kamu harus mengetahui yang lebih detail lagi mengenai teks persuasinya ini. Karena kan seperti yang sudah kami sampaikan di atas kalau misalkan artikel . akan sampaikan beberapa hal pentingnya ini.

Langsung kita mulai saja ya pembahasan untuk jenis teks yang satu ini? Yap, jadi teks persuasi ini adalah jenis teks yang di dalamnya berisi beberapa hal gitu. Di dalam teksnya ini nantinya akan ada kalimat-kalimat yang bisa mengajak pembacanya untuk melakukan sesuatu hal.

Bisa berupa melakukan tindakan atau melakukan hal-hal yang sifatnya penting gitu. Tidak hanya itu saja, di dalam teks persuasif ini juga nantinya akan ada beberapa himbauan juga lho ya. Oleh karena itu, teks persuasif ini banyak digunakan oleh orang untuk menyampaikan sesuatu atau himbauan yang penting untuk pembacanya gitu.

Namun, kalau di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) arti dari teks persuasif ini ada dua jenis. Pertama, arti teks persuasif adalah teks yang akan bisa digunakan memberikan atau mengajak pembaca dengan menggunakan berbagai alasan yang akan mendukung suatu halnya tersebut. Dengan begitu, nantinya pembaca akan bisa meyakini bahwa sesuatu itu benar.

Kedua, teks persuasi ada suatu teks yang memang dibuat oleh penulis untuk menuliskan atau menjelaskan suatu kebenaran yang ada dari sebuah ide, gagasan atau apapun dari si penulisnya ini sendiri. Nah, maka dari itu teksnya ini akan bisa memberikan banyak informasi baru untuk pembacanya ya.

Namun, kebanyakan teks persuasi ini digunakan untuk mengajak dan juga membujuk si pembaca supaya nantinya bisa mengikuti apa hal yang disampaikan dan diinginkan si pembuat tulisan tersebut gitu. Seperti yang kami katakan di atas, kalau misalkan teks persuasi ini merupakan teks yang biasa ditemukan di jalan-jalan ya.Kamu sudah mengetahui tentang halnya kan? Maka dari itu, kamu bisa simak pembahasan yang lebih detail lagi, ya.

Susunan Dari Teks Persuasi Yang Harus Diketahui Sebelum Membuat Teksnya

contoh-teks-persuasi

Kan sudah dijelaskan ya di atas kalau misalkan teks persuasi ini memang akan digunakan sebagai teks yang bisa untuk mengajak atau membujuk seseorang gitu. Maka dari itu, untuk membuat teks yang benar-benar bisa digunakan dan berhasil kamu harus perhatikan juga struktur-struktur yang ada.

Iya, di dalam teks persuasi ini nantinya kamu akan ada beberapa susunan yang harus kamu buat. Tentunya kalau kamu belum mengetahui tentang teksnya ini nanti kamu tidak akan bisa membuatnya ya. Oleh karenanya kamu akan bisa membuat teks persuasi ini dengan baik dan benar kalau sudah tahu susunannya.

Di bawah ini, . akan sampaikan ke kamu beberapa susunan yang memang harus ada di dalam teks persuasi ini. Jadi, buat kamu yang ingin membuatnya silahkan menyimak tentang susunan yang ada ini ya. Diingatkan kembali untuk tidak melewatkan apapun susunannya.

Pengenalan Isu

Urutan atau susunan yang pertama di dalam teks persuasi ini adalah pengenalan isu. Dimana nantinya kamu akan bisa mendapatkan beberapa hal yang bisa digunakan ya. Jadi, pengenalan isu yang terjadi di dalam teks jenis satu ini adalah pemaparan tentang pengantar suatu hal yang dibahas.

Jadi, nantinya kamu akan bisa membuatkan kata-kata pengantar yang memang bisa mengangkat isu dari permasalahan yang dibuat ini. Kalau menggunakan istilah ya kamu bisa mengenalkan kepada pembaca lah ya hal apa yang ingin kamu sampaikan di dalam teks atau karangan yang sudah kamu buat ini. Kalau sudah, nantinya kan pembaca akan bisa memahami ya alurnya.

Pemaparan Argumen

Kalau sudah selesai membuat pengenalan isu, kamu bisa masuk ke bagian yang memuat tentang argumen-argumen yang ada. Untuk menuliskan argumen-argumen tersebut tentunya harus yang berhubungan dengan isu yang memang sedang ditulis, ya. Jangan sampai melenceng deh ya pembahasan yang kamu buat itu.

Di dalam teks persuasi ini, nantinya kamu harus memasukkan kalimat argumen yang bisa meyakinkan pembaca tentang isu yang sedang kamu tulis. Mau kamu menuliskan tentang hal apapun, kalau bisa kamu tambahkan data-data yang mendukung atau memang fakta dari isu tersebut. Bagaimana apakah kamu sudah memahami yang kami bahas disini?

Pernyataan Ajakan

Oke, kalau gitu kita akan masuk ke pembahasan yang selanjutnya yaitu di bagian pernyataan ajakan. Setelah tadi membuat argumen-argumen dengan bahasa yang meyakinkan, maka kamu bisa langsung tuliskan atau lontarkan kalimat ajakannya. Di dalam kalimat ajakan ini, nantinya kamu akan bisa langsung mengajak dengan kata-kata yang bisa dipercaya dan diyakini gitu lho ya.

Kan sesuai ya dengan jenis teks yang ada ini, yaitu untuk mengajak orang-orang bisa mengikuti ajakan atau apapun itu di dalam teksnya. Jadi, pernyataan ajakan ini merupakan bagian yang penting yang ada di dalam teks persuasi. Tentunya ya harus dibuat sebaik dan sebagus mungkin ya kata-kata yang ingin disampaikannya tersebut.

Penegasan Kembali

Kalau sudah semuanya, maka kamu akan bisa menuliskan penegasan kembali ya. Dimana penegasan kembali ini bertujuan untuk menegaskan ajakan-ajakan yang sudah kamu tuliskan di dalam teksnya tersebut. Jadi, penegasan ulang ini juga sangat-sangat penting ya di dalam teks persuasi ini.

Biasanya orang-orang membuat penegasan kembali dengan kata-kata yang benar-benar mengakhiri namun menegaskan hal yang penting di dalam teksnya. Seperti saja oleh karena itu, demikian, dan lain sebagainya. Bagaimana kamu sudah siap kan untuk membuat teks kamu sendiri?

Eits, kamu harus bersabar lho ya karena kan nantinya kami akan menyampaikan ke kamu beberapa hal yang penting lagi sebelum masuk ke contoh teks persuasi yang ada. Simak lagi yuk.

Karakteristik Dari Teks Persuasi Yang Membedakan Dari Teks Lain

contoh-teks-persuasi

Untuk kamu yang memang ingin membuat teks persuasi, ada baiknya kalau kamu menyimak karakteristik yang ada ini. Pasalnya seringkali orang tidak bisa membedakan suatu jenis teks. Kan kalau kita ketahui, ya ada banyak sekali jenis-jenis dari teks dalam bahasa Indonesia.

Nah, untuk itu supaya kamu bisa membedakan satu sama lainnya, kamu harus paham tentang karakteristiknya satu per satu. Oke, di bawah ini ada beberapa hal yang memang ada di dalam teks persuasi, ya.

  • Teks yang satu ini memiliki sifat ajakan di dalamnya.
  • Terdapat kandungan data-data dan juga fakta dalam teksnya.
  • Tidak menimbulkan konflik dalam tulisannya.
  • Di dalam teks juga banyak mengandung kata imperative atau kata yang mengandung perintah, ya.
  • Isi teksnya bisa meyakinkan pembaca tentang suatu isu yang dibahas.

Beberapa Macam Teks Persuasi Yang Wajib Diketahui

Tidak hanya itu saja, kamu juga nantinya akan bisa melihat berbagai jenis teks persuasi yang ada, Iya, jadi tidak hanya saja saja tetapi ada beberapa jenis teks persuasi yang membedakan isi di dalamnya. Berikut ini penjelasannya.

  • Teks Persuasi Politik, yaitu teks yang memang memiliki hubungan dengan politik.
  • Teks Persuasi Pendidikan, yaitu teks yang dibuat supaya pembaca bisa lebih mengetahui banyak hal bermanfaat dan juga melakukan sesuatu yang memang sesuai dengan pendidikan.
  • Teks Persuasi Propaganda, yaitu teks yang isi di dalamnya adalah menggiring opini supaya pembaca bisa meyakini suatu isu,
  • Teks Persuasi Iklan, yaitu jenis teks yang memang menyediakan tulisan yang menjual barang atau jasa.

Contoh Teks Persuasi Pendek Dengan Struktur Lengkap

Bisa download file docx tentang contoh teks persuasi –> Download Disini

Ayo Menerapkan Pola Hidup Sehat!

Masyarakat kota saat ini banyak sekali yang  kurang  memperhatikan  pola hidup sehat. Tentunya hal yang satu ini banyak dipengaruhi oleh faktor. Salah satu yang menjadi faktor tidak memperhatikan  pola hidup sehat adalah kebiasaan membeli makanan dari luar rumah karena memang rutinitas pekerjaan dan gaya hidup masyarakatnya.

Kebiasaan yang dilakukan masyarakat kota dengan  membeli jajanan di luar rumah atau  lauk pauknya ini karena mereka menganggap hal ini bisa dilakukan dengan mudah dan juga praktis. Padahal, membeli jajanan atau lauk pauk di luar rumah itu tidak bisa menjamin kebersihan dan juga kesehatan makanan yang dikonsumsinya. Nah, orang yang menyadari hal seperti ini, masih sedikit sekali.

Padahal, untuk makan makanan yang dibuat atau dimasak sendiri di rumah ini memiliki banyak kelebihannya. Seperti bumbu-bumbu yang digunakan dalam  makannya sudah terjamin bersih, kualitas makanan yang dimasak juga tentunya sangat sangat berkualitas. Tidak hanya itu saja, nantinya pengeluaran yang akan dikeluarkannya menjadi lebih hemat.

Tetapi memang, untuk bisa mengubah  pola hidup yang lebih sehat dengan memasak makanan di rumah sendiri tidak semua itu. Namun, kalau kita biasakan, nanti akan bisa membuat kita jadi lebih mudah. Seperti kata pepatah bisa karena biasa, kan? Selain membuat kita menjadi sehat, hal itu juga bisa membuat kita menjadi disiplin. Kita bisa memulai semua hal itu dengan mempersiapkan agenda masakan yang akan dimasak setiap harinya dan juga menyiapkan tempat-tempat di kulkas untuk simpan bahan makanannya. Jadi, tetap bisa memasak di waktu yang  hanya sedikit tersebut.

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]