Siapa yang paling suka pelajaran bahasa Indonesia nih? Jika kamu salah satu orang yang suka dan sedang mencari contoh teks eksposisi, maka jangan khawatir. Karena kamu sudah masuk ke dalam artikel yang tepat. Karena apa? Ya, karena di dalam artikel . akan berikan pembahasannya lho.

Memang ya untuk mencari banyak informasi sekarang ini mah mudah saja. Kamu tidak perlu susah-susah dan juga repot-repot untuk melakukan pencariannya ini. Pasalnya kan sekarang ini sudah ada media digital bernama internet. Dimana internet ini nantinya akan berikan ke kamu banyak sekali pembahasan.

Mulai dari hal-hal yang bisa membantu kamu dalam kehidupan sehari-hari sampai bisa membantu kamu untuk melihat berbagai referensi pembelajaran lho ya. Seperti saja artikel kali ini yang mana kami akan berikan ke kamu pembahasan tentang teks eksposisi, ya.

Pembahasan yang akan kami berikan tentunya akan membuat kamu semakin mudah deh dalam mempelajarinya. Kamu juga nantinya akan bisa langsung mendapatkan beberapa hal yang penting di satu artikel ini lho. Simak langsung ke pembahasannya ya. Jangan sampai ketinggalan lho ya.

Pengertian Teks Eksposisi yang Harus Diketahui

contoh-teks-eksposisi

Untuk kamu yang memang masih kurang paham tentang teks eksposisi ini, maka kamu harus simak pembahasan yang ada disini, ya. Sebelum masuk ke dalam contohnya juga, kami akan berikan ke kamu pembahasan tentang pengertian dari teks eksposisi ini, simak yuk.

Jadi, teks eksposisi ini adalah teks yang akan bisa kamu gunakan untuk mendapatkan banyak informasi tentang suatu hal. Teks eksposisi ini juga berisi tentang fakta-fakta yang diambil oleh penulis dengan sumber yang memang terpercaya, ya.

Dengan kata lain, teks eksposisi ini adalah teks yang isinya adalah penjelasan atau juga kumpulan informasi tentang suatu hal yang terjadi. Seperti yang kami katakan di atas juga, nantinya kamu akan bisa membuat teksnya ini berdasarkan fakta-fakta yang memang sudah terpercaya lho ya.

Biasanya teks eksposisi ini memang digunakan orang untuk membuat pembahasan yang terjadi di lingkungan sekitar. Iya, kamu nantinya bisa mengambil tentang tema yang ada di sekitar, seperti pembahasan isu ekonomi, kesehatan, lingkungan dan lain sebagainya, ya.

Nah, tujuan dari dibuatnya teks eksposisi ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang hal tertentu, dimana di dalamnya ini nanti akan dibahas berbagai macam informasi yang berdasarkan fakta. Jadi, diharapkan dengan membaca teks eksposisi ini, nantinya pembaca akan mendapatkan suatu informasi dari sudut pandang tertentu.

Tidak hanya itu saja, teks eksposisi ini juga nantinya akan bisa digunakan oleh pembaca untuk mengambil banyak macam informasi yang terjadi di sekitar kita gitu, ya. Bagaimana kamu sudah paham kan dengan apa yang kami jelaskan? JIka kamu sudah paham, maka kita bisa masuk ke pembahasan yang lebih lanjut ya.

Untuk itu, kamu bisa langsung berpindah ke bagian yang ada berikut ini, supaya bisa mendapatkan pembahasan yang lebih lengkap lainnya. Oya, perlu kamu ketahui pembahasannya ini sangat penting lho, ya.

Struktur yang Terkandung di Dalam Teks Eksposisi

contoh-teks-eksposisi

Kan kalau kamu ingin membuat teks eksposisi pastinya kamu harus tahu dahulu dong ya hal apa saja yang kamu perlukan nantinya. Bukan masalah memerlukan pena, kertas atau lainnya, tetapi ini hal yang ada di dalam teksnya ini. Jadi, di dalam suatu teks kan pastinya ada struktur yang membentuknya, ya.

Jika di dalam sebuah teks namun tidak ada strukturnya, maka teks tersebut tidak akan jadi, ya. Untuk itu, supaya teks yang kamu buat bisa jelas arahnya kemana, maka kamu memerlukan struktur. Sama halnya dengan teks yang ada di bawah ini. Kamu juga memerlukan struktur.

Untuk membuat teks eksposisi memang kamu memerlukan 3 struktur yang ada di dalam teksnya ini. Jadi, supaya nanti teks yang kamu buat menjadi jelas kalau bentuknya adalah eksposisi, maka kamu perlu simak tiga struktur yang ada di bawah ini. Langsung saja ya kita simak pembahasannya di bawah ini.

Tesis (Pernyataan Umum)

Jika kamu membuat teks eksposisi, maka nantinya bagian yang paling pertama di dalam teksnya ini adalah tesis. Tesis merupakan bagian pernyataan umum yang memberikan ke kamu tentang pengenalan isu, gagasan utama, masalah dan juga sudut pandang yang ada dari penulis.

Jadi, kalau kamu ingin membuat teks eksposisi, sebaiknya kamu harus melihat dan juga mengetahui apa sih tujuan kamu membuat teks eksposisinya. Pasalnya kalau di bagian tesis ini nantinya akan memberikan ke pembaca tujuan dari penulisannya lho ya. Jadi ya kamu harus persiapkan terlebih dahulu.

Argumentasi

Kalau di bagian yang kedua ini adalah argumentasi, dimana di bagian argumentasi ini berisi pendapat-pendapat atau fakta yang akan menjawab dari tesis yang kamu berikan di atas tadi, ya. Tentunya argumentasi yang ada di dalam teks eksposisi ini berdasarkan fakta-fakta yang ada.

Kamu bisa mencari fakta dari sumber-sumber yang terpercaya, mulai dari menggunakan buku, penelitian langsung dan juga fakta yang memang benar lainnya lho ya. Karena memang tidak boleh menggunakan fakta yang asal-asalan kalau menggunakan teks argumentasi ini.

Reorientasi (Penegasan Ulang)

Di bagian yang paling akhir ini adalah reorientasi darimana reorientasi ini adalah penegasan ulang dimana kalimat ini merupakan kalimat yang isi di dalamnya kesimpulan. Jadi, kalau kamu membuat teks eksposisi, ya kamu harus memberikan kesimpulan berdasarkan apa yang kamu tulis di atas.

Ciri-Ciri yang Khusus Dari Teks Eksposisi dan Membedakan Dengan Jenis Teks Lainnya

contoh-teks-eksposisi

Selain struktur, nantinya di dalam teks eksposisi ini kamu akan bisa menggunakan ciri-cirinya ya. Dimana ciri yang dimiliki ini merupakan ciri yang memang khusus dan bisa digunakan untuk membedakan jenis dari teks yang lainnya. Kan kalau kita ketahui, jenis teks yang ada di dalam bahasa Indonesia ini sangat banyak.

Jadi, kalau kamu ingin membedakan antara satu teks dengan teks yang lainnya, ya kamu nanti akan bisa langsung menggunakan ciri yang ada. Nah, di teks eksposisi ini juga kamu akan menemukan ciri-cirinya lho ya. Langsung saja simak di bawah ini ciri yang ada dalam teksnya.

Teks Berisi Fakta yang Berasal Dari Sumber Terpercaya

Di dalam teks eksposisi ini, nantinya akan banyak sekali fakta-fakta yang diberikan oleh penulisnya. Tentunya fakta yang diberikan ini isinya adalah fakta yang berasal dari sumber terpercaya deh ya. Jadi, nantinya kalau kamu membuat teks eksposisi, kamu harus mencari fakta yang terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan ya.

Sifat Teksnya Tidak Memihak dan Objektif

Di dalam teksnya ini nanti akan bersifat objektif, ya. Jadi, kalau kamu ingin membuat teks eksposisi kamu tidak boleh memihak ke pihak yang lainnya gitu. Karena memang teksnya ini memiliki sifat yang tidak memihak serta bersifat objektif, ya.

Memberikan Informasi ke Pembaca

Teks eksposisi ini merupakan salah satu teks yang akan bisa memberikan ke kamu informasi gitu. Yap, pembaca akan bisa mendapatkan banyak informasi yang pastinya sesuai dengan fakta tentang suatu peristiwa atau hal-hal lainnya deh, ya. Jadi, kamu akan bisa langsung saja membuat teks eksposisi dengan memberikan informasi ke pembacanya.

Memiliki Format Penulisan yang Tidak Berbelit-Belit

Untuk membuat teks eksposisi, nantinya akan memberikan ke kamu format tulisan yang sangat-sangat singkat, padat dan juga jelas. Karena memang jika penulisan yang dibuat berbelit-belit, maka nantinya akan bisa membuat bingung pembaca lho ya. Jadi, ya kamu harus membuat bahasa pembahasan yang mudah dipahami oleh orang-orang.

Penulisan Menggunakan Bahasa Baku

Kalau memang teks eksposisi, maka kamu juga diharapkan menggunakan bahasa baku. Jadi, kalau kamu menggunakan bahasa daerah tertentu, ditakutkan nantinya ada pihak-pihak yang tidak mengerti atau artinya menjadi rancu. Oleh karena itu, kamu bisa membuat teks eksposisi yang sesuai dengan PUEBI dan juga KBBI.

Supaya kan semua pihak bisa mengerti apa yang sedang kamu angkat dalam pembahasan atau teks eksposisi yang dibuat. Oke? Kamu mengerti kan sampai disini? Eits, masih ada pembahasan yang lanjutannya lagi lho, ya.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi yang Penting Untuk Kamu Ketahui

Kamu pernah melihat teks eksposisi yang berbeda-beda gitu tidak jenisnya? Belum pernah? Atau belum tahu? Oke, kalau begitu, disini kami akan berikan ke kamu pembahasan tentang jenis-jenis teks eksposisinya. Jadi, di dalam teks eksposisi itu ada beberapa jenis.

Untuk itu, kamu harus ketahui ya jenis-jenis teks eksposisi yang ada. Oya, jenis dari teks eksposisi yang ada ini berdasarkan tujuan dibuatnya ya. So, di bawah ini ada beberapa jenis teks eksposisinya. Simak yuk.

  • Teks eksposisi Ilustrasi.
  • Teks eksposisi Perbandingan.
  • Jenis teks eksposisi proses.
  • Teks eksposisi pertentangan.
  • Teks eksposisi laporan.
  • Jenis teks eksposisi klasifikasi.
  • Teks eksposisi definisi.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Terbaru 2022

Untuk kamu yang memang ingin melihat contoh teks eksposisi, maka kami akan berikan ke kamu contohnya. Tetapi, kali ini kami akan sampaikan teksnya yang bertema kesehatan, ya.

Kamu juga bisa download contoh teks eksposisi –>Download Disini

Pentingnya Sarapan untuk Tubuh

Sarapan memang memiliki fungsi dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Para peneliti juga mengatakan kalau sarapan akan bisa memberikan tubuh kita hal-hal yang baik. Seperti bisa mengendalikan berat badan, meningkatkan konsentrasi dalam berpikir, serta dapat memberikan banyak energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya itu, sarapan ini memang memiliki manfaat yang sangat penting untuk kinerja otak kita. Seperti bisa memberikan keterampilan kognitif otak yang lebih. Supaya kita bisa meningkatkan memori dan juga membuat konsentrasi menjadi lebih tinggi.

Dilihat dari banyaknya manfaat sarapan, kita sebaiknya jangan sampai melewatkan kegiatan sarapan pagi ini. Supaya badan kita jadi lebih sehat dan juga aktivitas sehari-hari dapat berjalan dengan lancar. Kebiasaan untuk sarapan pagi ini memang akan membuat kegiatan kita menjadi lebih baik lagi.

Bisa kita bayangkan ya, saat kita tidur, kita kan tidak memberikan asupan zat yang bergizi dan juga sehat ke dalam tubuh kita. Jadi, saat itu tubuh kita akan kehilangan asupan.

Selain itu juga, kalau kamu tidak melakukan sarapan di pagi hari, tubuh akan rentan terserang penyakit. Disebabkan oleh perut yang kosong dan sudah melakukan aktivitas yang berat. Jadi, jangan sampai lupa sarapan, ya.

Recommended Posts