Mungkin untuk kamu yang memang ingin mencari atau membuat surat pernyataan, kamu membutuhkan contohnya kan? Maka dari itu, kami akan berikan ke kamu contoh surat pernyataan yang baik dan benar. Maka dari itu, langsung menyimak pembahasannya dengan seksama.

Untuk kebutuhan suatu hal, nantinya kamu akan bisa lho ya membuat dokumen-dokumen tertentu ya. Nah, untuk membuat dokumen tertentu, nantinya kamu harus mengetahui hal-hal yang ada di dalam dokumen tertentunya tersebut. Kalau kamu belum mengetahuinya bagaimana untuk membuatnya kan?

Kalau pun langsung membuatnya, nanti kamu akan membuat dokumen dengan bentuk yang salah. Maka dari itu, supaya menghindarkan kesalahan, nantinya kamu akan bisa langsung menyimak pembahasan yang ada di bawah ini. . akan sampaikan ke kamu pembahasan lengkapnya.

Disini kami akan memberikan ke kamu pembahasan tentang pengertian, format dan juga fungsi-fungsi yang ada di dalam dokumen tersebut. Tidak hanya itu saja, nanti ada cara untuk membuatnya dan juga contoh dari surat pernyataannya ini. Bagaimana apakah kamu ingin mengetahuinya langsung?

Pengertian Surat Pernyataan

contoh-surat-pernyataan

Untuk kamu yang memang belum tahu tentang surat pernyataan ini, maka nantinya kami akan sampaikan ke kamu pembahasannya. Mungkin kamu sudah tahu sih ya tentang surat pernyataannya ini. Atau bahkan kamu sudah pernah membuatnya ya. Namun, masih banyak yang belum tahu tentang pengertiannya. Bukan kah benar?

Maka dari itu, supaya kamu mengetahuinya kami sudah siapkan ke kamu pembahasan mengenai pengertiannya. Bagi pembaca kamu harus simak pembahasan yang akan kami berikan, ya. Langsung saja menyimak pembahasannya ya, yuk.

Surat pernyataan ini adalah dokumen yang isinya ketersediaan, kesanggupan, kesepakatan tentang suatu hal yang telah ditentukan. Nantinya dari surat pernyataan ini kamu akan bisa langsung melakukan beberapa hal yang sudah ditentukan dan sudah kamu tuliskan ya di dalamnya.

Dokumen yang satu ini memiliki sifat yang resmi, sah dimata hukum dan juga legal. Untuk itu, dalam pembuatan surat pernyataan ini kamu harus membuat pernyataan yang benar-benar ya. Tidak bisa dibuat dengan sembarangan lho ya surat pernyataan ini.

Selain itu, dalam pembuatan surat pernyataan ini nantinya kamu harus menambahkan tanda tangan di atas materai. Oleh karena itu, nantinya kamu akan bisa langsung menuliskan suratnya ini dengan sangat-sangat yakin dan benar, ya. Surat ini juga nantinya akan bisa digunakan untuk banyak hal ya.

Namun, di Indonesia surat pernyataan ini merupakan surat yang biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan, urusan menikah dan lain halnya. Maka dari itu, surat ini harus dibuat dengan benar dan jangan sampai ada kesalahan ya. Kalau begitu, langsung saja simak pembahasan yang lebih lengkapnya lagi, ya.

Kami akan berikan ke kamu beberapa penjelasan yang memang harus kamu ketahui lho ya tentang surat pernyataannya ini. Bagaimana ingin segera mengetahuinya kan? Oke, kalau begitu langsung pindah ke pembahasannya ya.

Format Lengkap Yang Digunakan Dalam Surat Pernyataan

contoh-surat-pernyataan

Jika kamu membuat suatu dokumen kan biasanya memang berisi banyak sekali format-format yang memang harus lengkap, ya. Dalam pembuatannya ini, nanti kamu harus mengetahui berbagai format yang memang harus dilakukan. Bagaimana apakah kamu ingin mengetahuinya?

Untuk membuat suatu dokumen, mau dokumen tentang surat lamaran pekerjaan atau hal lainya, nanti kamu harus berisikan banyak format kan ya. Dari format yang ada inilah nantinya kamu bisa membedakan yang mana merupakan surat pernyataan dan yang mana yang bukan merupakan surat pernyataannya.

Oleh karena itu, di dalam surat pernyataannya ini juga kamu harus menggunakan banyak format. Dimana kalau kamu membuat surat pernyataan ini dengan format yang benar, nantinya surat yang kamu buat ya benar-benar menggambarkan surat yang benar gitu lho.

Sebenarnya sih, format dari surat pernyataannya ini tidak begitu sulit. Yang terpenting di dalam surat pernyataan ini harus jelas isi dari pernyataannya tersebut. Bagaimana apakah kamu ingin mengetahuinya? Oke, di bawah ini ada bagian-bagian atau format dari surat pernyataannya ya.

  • Judul dari dokumen yang dibuat, yaitu Surat Pernyataan.
  • Nama, alamat, tanggal lahir dan juga nomor telepon untuk identitas si pembuat suratnya.
  • Isi dari surat pernyataan yang menuliskan kesediaan, kesepakatan dan lainnya.
  • Penutup surat pernyataan.
  • Nama tempat ditulisnya surat dan juga tanggal ditulisnya surat.
  • Nama yang jelas dan juga tanda tangan yang dibuat di atas materai.

Fungsi Dari Surat Pernyataan Yang Harus Diketahui

contoh-surat-pernyataan

Nah, sudah mengetahui kan format yang ada di surat pernyataannya ini? Kalau begitu, sekarang kamu akan bisa menuliskan fungsi dari surat pernyataannya ya. Di dalam surat pernyataan nantinya akan ada fungsi-fungsi yang mana harus kamu ketahui lho ya.

Mungkin kalau dahulu kamu membuat suratnya saja kan ya tanpa berpikiran apa sih fungsi dari surat pernyataan yang dibuat ini. Jika memang seperti itu, maka kali ini kamu harus dan benar-benar mengetahui tentang fungsi dari surat pernyataannya ini. Supaya nantinya kamu bisa lebih berhati-hati dalam membuatnya.

Sudah . sampaikan dari tadi di atas, ya kalau membuat surat pernyataan ya harus yang benar. Pasalnya kalau tidak benar, nantinya akan membuat kamu salah dalam penggunaan suratnya ini. Oleh karena itu, sekarang kami akan sampaikan apa saja fungsinya di bawah ini, ya.

Bisa Digunakan Sebagai Surat Pendukung

Pertama, surat pernyataan ini nantinya akan bisa dijadikan sebagai dokumen pendukung gitu. Jadi, kalau misalkan kamu sebagai pelamar pekerjaan dan kamu sudah diterima di suatu perusahaan atau instansi, maka nantinya kamu akan bisa langsung mendapatkan surat pernyataan ini.

Karena di dalam surat pernyataan ini nantinya berisi banyak sekali hal-hal yang harus kamu lakukan. Tentunya di dalam surat pernyataannya ini akan berisi banyak hal yang dilakukan untuk menjaga nama baik dari perusahaannya tersebut. Pihak pimpinan juga akan memberikan surat tersebut sebagai jaminan kamu agar tidak berbuat yang melenceng ya.

Tempat Untuk Menjelaskan Secara Rinci Tentang Surat Pernyataan

Di dalam surat pernyataan ini nantinya akan ada banyak tulisan-tulisan yang kamu buat kan ya. Nah, dari tulisan yang ada tersebut kamu juga akan menuliskan isi dari perjanjiannya ya. Misalkan, kamu akan membuat perjanjian tentang hal apa saja yang sudah disetujui.

Jadi, kalau kamu membuat surat pernyataan, kamu harus membuatnya secara rinci dan tidak boleh kurang dari apapun, ya. Karena kan nantinya surat perjanjian ini bisa menjelaskan tentang pernyataan yang kamu buat tersebut ya. Maka dari itu, kamu bisa langsung membuat surat pernyataannya dengan kalimat yang baik dan benar, ya.

Menjadi Dokumen Bukti yang Kuat

Seperti yang sudah kami sampaikan ke kamu ya kalau di dalam surat pernyataan ini nantinya kamu bisa langsung melihat apa saja perjanjian atau persetujuan yang sudah dibuat, ya. Nah, salah satu fungsi dari surat pernyataan ini juga adalah untuk menjadikan bukti ketika terjadinya pelanggaran terhadap di pembuat pernyataannya tersebut.

Misalkan kamu sudah keterima kerja dan diberikan surat pernyataan. Kamu sudah menandatanganinya dengan sah di atas materai. Nah, suatu waktu, kamu melanggar perjanjian dari dokumennya tersebut, maka hal yang nantinya akan dilakukan oleh pihak yang pernyataannya bisa menjadikan surat yang dibuat sebagai bukti yang kuat lho ya.

Karena kan sudah kami katakan juga kalau surat pernyataan ini merupakan surat yang sudah masuk ke dalam daftar surat resmi, legal, dan juga sah dimata hukum. Bisa saja kamu dilakukan tindakan atas pernyataan yang kamu ingkari tersebut. Bukan kah seperti itu?

Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Membuat Surat Pernyataan

Oke deh, kalau kamu sudah mengetahui tentang semua halnya ini maka nantinya kamu akan bisa langsung membuat surat pernyataannya ya. Untuk membuat surat pernyataan, nantinya kamu akan langsung saja membuatnya dengan mengikuti format yang sudah ada.

Namun, untuk kamu yang memang masih bingung bagaimana cara membuatnya kami akan langsung sampaikan ke kamu ya cara-cara yang bisa dilakukannya. Untuk itu, kamu bisa langsung saja menyimak cara-cara yang kami berikan ke kamu di bawah ini ya. Jangan sampai dilewatkan lho ya.

  1. Menuliskan identitas diri secara benar dan lengkap. Hal pertama dan yang terdapat di awal surat pernyataan, kamu haruslah menuliskan identitas diri dengan benar dan lengkap. Nantinya kamu harus tuliskan identitas diri yang sangat lengkap ya di dalam surat pernyataannya ini. Mulai dari nama kamu, alamat, tempat dan juga tanggal lahir, nomor telepon dan lainya.
  2. Isi pernyataan secara padat dan jelas, dimana kamu tidak boleh menggunakan kalimat yang kepanjangan dan juga belibet-libet.
  3. Membuat kalimat penutup dengan bahasa yang sopan. Di dalam kalimat penutup juga kamu akan berikan penjelasan tentang sanksi yang didapatkan kalau melanggar ya.
  4. Jangan lupa tuliskan tempat dan tanda tangan yang jelas. Kamu bisa tuliskan nama lengkap dan tanda tangan di atas materai, ya.

Contoh Surat Pernyataan Dengan Format Baik Dan Benar

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : <nama si pembuat pernyataan>
Jenis kelamin : <laki-laki atau perempuan>
Tempat dan tanggal lahir : <nama kota kelahiran, tanggal lahir>
Alamat : <alamat si pembuat pernyataan>
Nomor Telepon : <nomor HP aktif>

Bersama dengan surat ini, saya menyatakan kesediaan untuk :

  1. Tidak akan berstatus menikah selama menjalankan masa pelatihan 2 tahun.
  2. Akan menyetujui penempatan kerja dimana pun wilayahnya.
  3. Tidak akan menjalankan kontrak kerja dengan perusahaan apapun selama masa pelatihan, hanya perushaan <nama perusahaan yang sesuai>.
  4. Tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum dan tidak melanggar peraturan yang sudah ditentukan perusahaan.
  5. Disiplin dan tepat waktu, tidak terlambat datang ke pelatihan sesuai dengan ketentuan perusahaan.
  6. Patuh dengan semua petunjuk dan juga arahan yang sudah diberikan oleh perusahaan.

Dengan pernyataan yang ada di atas, saya siap untuk menjalankan semua konsekuensi yang telah ditentukan jika melanggar semua ketersediaan yang sudah saya tulis.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan secara sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

<nama kota menulisnya surat pernyataan, tanggal ditulis surat>

<nama pembuat surat pernyataan>

Kamu bisa download format contoh surat pernyataan bentuk word –> Download Disini

Recommended Posts