Untuk membuat surat izin sakit, pastinya kamu harus mengetahui cara penulisan yang benarnya, ya. Oleh karena itu . akan berikan ke pembaca contoh surat izin sakit yang lengkap. Supaya nanti kalau kamu membutuhkannya kamu bisa menggunakannya saja ya.

Memang sih ya terkadang pembuatan surat izin sakit ini masih disepelekan oleh orang-orang. Pasalnya banyak orang yang menganggap yang penting menulis suratnya saja, mau benar atau salah urusannya nanti. Bukan kah begitu? Namun ada baiknya kita membuat surat izin sakit yang baik dan benar.

Karena kan kalau kita menggunakan penulisan surat yang baik dan benar juga akan lebih enak dilihatnya, ya. Kita juga sebagai pengirim kan akan lebih percaya diri ya untuk mengirim suratnya tersebut. Jadi, tidak hanya contoh suratnya saja yang akan kami berikan di bawah ini.

Tetapi, kami juga akan memberikan ke kamu beberapa hal yang bisa kamu gunakan untuk membuat surat yang baik dan benar. Langsung saja kita menyimak pembahasan yang selanjutnya ini, ya. Jangan sampai ketinggalan untuk pembahasan yang lebih lanjutnya ini, ya. Setuju ya.

Cara Membuat Surat Izin Sakit yang Baik dan Benar Dengan Mudah

contoh-surat-izin-sakit

Oke, kita langsung masuk ke pembahasannya ya. Jadi, kan dalam membuat surat ini nantinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, ya. Namun memang seperti yang sudah kami katakan di atas tadi, kalau misalkan masih banyak yang berpikiran untuk membuat surat izin yang sekenanya saja, gitu.

Kan kalau seperti itu, nantinya surat yang kamu buat ya hanya seperti itu saja gitu, ya. Untuk itu, supaya kamu bisa membuat surat yang baik dan juga benar, maka nantinya kamu akan bisa langsung melihat cara-cara yang ada di bawah ini. Kami akan memberikan ke kamu cara untuk membuat suratnya dengan benar.

Untuk itu, kamu bisa mengikuti beberapa hal yang nantinya akan kami berikan ke kamu, ya. Jangan sampai ada langkah-langkah yang terlewat lho ya untuk melakukan pembuatan suratnya ini. Simak langsung langkah-langkah yang ada di bawah ini, yuk sekarang juga.

Tuliskan Tempat dan Tanggal Surat Tersebut Dibuat

Kalau yang pertama yang harus ada di dalam surat izin adalah tempat dan juga tanggal dari surat. Dimana nantinya tanggal dan juga tempat yang kamu tuliskan di atas suratnya ini akan menjadikan surat kamu menjadi jelas. Selain itu, pembaca juga akan tahu dimana surat ini ditulis dan kapan waktunya, gitu ya.

Untuk contoh membuat tempat dan tanggal suratnya ini bisa kamu tuliskan seperti Bandar Lampung, 19 November Tahun Ini gitu. Nantinya tulisan tanggal dan tempatnya ini akan ada di sebelah kanan di pojok paling atas, ya. Jadi, awal-awal pastinya si pembaca akan membaca tanggal dan tempatnya ini terlebih dahulu.

Jangan Lupa Tuliskan Tujuan Surat

Di bagian yang selanjutnya ini kamu harus tuliskan tujuan surat. Disini tujuan dari suratnya ini adalah nama dan juga nama instansi penerima dari suratnya. Selanjutnya kamu bisa tambahkan juga alamat yang ingin kamu tuju, ya. Dengan kata lain kamu tuliskan alamat instansi yang kamu tuju, gitu.

Kalau untuk surat izin sakit sekolah, kamu bisa menuliskan nama wali kelas yang ada di kelas kamu dan juga nama sekolah serta alamatnya. Namun, kalau kamu ingin melakukan izin di kantor, maka kamu bisa menggunakan nama HRD dan nama kantor serta alamat dari kantor yang kamu miliki.

Jika sudah lengkap seperti itu nantinya penerima surat bisa mengkonfirmasi bahwa suratnya ini memang tidak salah kirim gitu. Oleh karena itu, kamu harus dengan benar menuliskan beberapa hal di dalam bagian tujuan ini. Karena kalau sampai salah bisa-bisa surat yang kita kirim tidak terbaca.

Buat Salam Pembuka yang Sopan

Di dalam surat izin sakit ini, nantinya kamu memerlukan salam pembuka juga ya. Tentunya salam pembuka yang akan kamu gunakan adalah salam yang menggunakan bahasa sopan. Bisa menggunakan bahasa yang baku juga ya untuk di salam pembuka ini.

Kamu bisa menggunakan kalimat Kepada Yth., Assalamualaikum Wr.Wb., atau lainnya yang ingin kamu gunakan, ya. Namun, kamu harus pastikan bahwa kamu gunakan bahasa yang sopan, ya. Karena kan surat izin ini juga bisa masuk ke surat resmi ya.

Langsung Tulis Isi Surat dengan Jelas

Bagian selanjutnya dari salam pembuka adalah isi dari suratnya, ya. Jadi, nantinya kamu akan bisa menggunakan isi surat ini untuk menjelaskan alasan mengapa kamu tidak bisa ikut kegiatan atau aktivitas di suatu instansinya seperti biasa. Atau kamu juga bisa memasukkan poin-poin yang ingin kamu sampaikan.

Usahakan menggunakan bahasa yang baku, lugas, padat, singkat dan jelas, ya. Jadi, kamu tidak perlu menggunakan bahasa yang berbelit-belit untuk membuat surat izin ini. Kamu bisa sampaikan saja poin-poin yang penting supaya nantinya surat kamu bisa dibaca dengan baik dan maksud yang ingin disampaikan bisa tersampaikan dengan baik juga.

Buat Penutup Surat dengan Bahasa yang Sopan

Setelah kamu selesai menuliskan semua poin-poin penting atau alasan mengapa kamu tidak bisa masuk sekolah, kuliah atau kerja kamu bisa tutup suratnya. Yap, kamu sudah bisa masuk ke bagian penutup di suratnya. Jadi, kamu bisa ucapkan terima kasih atau hal lainnya.

Tentunya kembali lagi, kamu harus sampaikan dengan bahasa yang sopan, ya. Jadi, kalau kamu ingin membuat salam penutup, kamu bisa memulai menggunakan kata “Dengan demikian surat yang kami buat ….” Kalau gitu, kamu nantinya akan bisa langsung saja membuatnya, ya.

Berikan Salam Penutup

Ketika sudah selesai menuliskan suratnya dan sudah membuat penutup surat, maka kamu juga harus membuat salam penutup. Kan tadi surat kamu ada salam pembuka, ya pastinya kamu harus masukkan juga salam penutupnya. Untuk membuat salam penutup bisa menggunakan kata yang sopan dan sama dengan salam pembuka.

Jadi, nantinya kamu akan bisa menggunakan kata seperti Hormat Saya, Wassalam atau yang lainnya. Kamu jangan lupa untuk membuat salam penutup karena bisa dibilang ini merupakan bagian yang penting juga lho ya. Sudah paham kan ya tentang cara membuat surat izinnya ini?

Tambahkan Nama Pengirim dan Tanda Tangan

Nah, bagian yang terakhir dan jangan sampai kamu lupakan adalah nama pengirim dan juga tanda tangan. Kalau kamu membuat surat izin ini, tentunya kamu akan bisa menambahkan nama pengirim di dalam suratnya serta tanda tangan dari pengirimnya tersebut.

Karena nama pengirim ini sangat penting untuk diketahui oleh si pembaca suratnya ini, ya. Jadi, bagian yang satu ini jangan sampai kamu lupakan ya. Oke? Bagaimana nih sudah tahu kan bagaimana cara untuk membuat surat izinnya? Sekarang kita masuk ke contohnya.

Beberapa Contoh Surat Izin Sakit di Berbagai Instansi yang Bisa Digunakan

contoh-surat-izin-sakit

Untuk membuat surat, pastinya akan lebih enak dan lebih mudah lagi kalau kamu melihat referensi gitu kan? Pasalnya kalau kamu melihat contohnya ini kan nanti kamu akan bisa tahu bagaimana sih bentuk surat yang memang bisa kamu buat dengan benar gitu.

Oleh karena itu, disini . kali ini, akan menyampaikan ke kamu beberapa contoh untuk surat izin sakit yang bisa digunakan. Tidak hanya surat yang bisa digunakan di sekolah saja lho ya. Tetapi, nantinya kamu akan bisa menyimak contoh-contoh dari instansi lainnya. Bisa dari yang kuliah sampai yang bekerja juga ada, ya.

Download contoh surat izin sakit yang lengkap dalam bentuk docx –> Download Disini

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SD, SMP, SMA

Untuk membuat surat izin sekolah, kamu bisa melihat contoh-contoh yang ada di bawah ini. Kami akan memberikan ke kamu contoh supaya kamu bisa mendapatkan referensinya.

<Nama kota ditulisnya surat, Tanggal surat ditulis>

Kepada Yth.

Wali Kelas <kelas dari siswa>

<Nama sekolah siswa>

<Alamat sekolah siswa>

Assalamualaikum Wr.Wb.

Bersama dengan surat ini, kami selaku orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : <nama siswa>
Kelas : <kelas siswa>
Alamat : <alamat tempat tinggal siswa>

Saat ini tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasanya karena sedang sakit. Kami juga melampirkan surat keterangan dari dokter. Untuk itu, kami berharap Bapak/Ibu wali kelas dapat memaklumi dan mengizinkan ananda <nama siswa> sesuai dengan anjuran dokter.

Demikian surat yang kami sampaikan, terima kasih kami ucapkan atas perhatian dari Bapak/Ibu wali kelas.

Wassalam.

<Nama orang tua siswa>

<Tanda Tangan>

Contoh Surat Izin Sakit Kuliah

Tidak hanya surat izin sekolah saja yang akan bisa kamu temukan disini, tetapi kamu juga akan bisa melihat contoh surat izin sakit untuk anak kuliahan. Mungkin kamu masih bingung kan bagaimana contoh suratnya, di bawah ini ada contoh yang bisa dijadikan referensi.

<Nama kota ditulisnya surat, Tanggal surat ditulis>

Perihal : Surat Permohonan Izin Sakit

Kepada Yth. <Nama Dosen Pengampu>

<Nama Universitas>

<Alamat Universitas>

Dengan Hormat,

Bersama dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : <nama mahasiswa>
NIM : <NIM mahasiswa>
Program Studi : <Program Studi yang diambil>
Fakultas : <Nama Fakultas>

Memohon izin kepada Bapak/Ibu dosen untuk tidak mengikuti kegiatan perkuliahan pada mata kuliah <nama program studi> hari <isi tanggal dan hari> dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan.

Demikian surat  izin permohonan yang saya sampaikan, terima kasih saya ucapkan atas perhatian dari Bapak/Ibu dosen.

Hormat Saya,

<Nama mahasiswa>

<NIM mahasiswa>

Contoh Surat Izin Sakit Kerja yang Mudah

Jika kamu seorang karyawan, maka kami akan berikan ke kamu contoh untuk surat izin sakit karyawan, ya. Di bawah ini ada contoh yang akan bisa kamu jadikan referensinya, ya.

<Nama kota ditulisnya surat, Tanggal surat ditulis>

Perihal : Surat Izin Sakit
Lampiran : Surat Keterangan Dokter

Kepada Yth. <Nama HRD Kantor>

<Nama Jabatan>

<Nama Perusahaan>

Dengan Hormat,

Bersama dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : <nama karyawan>
Jabatan : <jabatan yang diduduki>
Alamat : <alamat karyawan>

Menyampaikan kepada Bapak/Ibu bahwa kondisi kesehatan saya tidak memungkinkan untuk hadir di kantor terhitung dari tanggal <tanggal yang ditentukan>. Bersama surat ini saya juga melampirkan surat keterangan dokter.

Demikian surat izin sakit  yang saya sampaikan, terima kasih saya ucapkan atas perhatian dari Bapak/Ibu .

Hormat Saya,

<Nama karyawan>

Recommended Posts