Contoh Puisi – Kalau kita membaca suatu karya sastra pastinya kita akan senang kan ya. Apalagi kalau membaca puisi pastinya memiliki rasa tersendiri. Pasalnya di dalam puisi kamu akan dapatkan banyak sekali makna-makna yang mendalam lho ya. Oya, untuk kamu yang memang ingin membuat puisi, kami akan sampaikan ke kamu contoh puisi.

Memang ya untuk membuat suatu karya kita pastilah akan belajar dan melihat referensi-referensi yang ada. Kalau dahulu, untuk melihat suatu referensi kamu haruslah mencari-cari buku gitu ya. Atau kamu harus mencari media cetak yang menyediakannya lah ya.

Namun, seiring berjalannya waktu, kamu akan bisa menemukan referensi yang ada lho ya di internet. Karena memang internet sekarang ini banyak menyediakan ke kamu banyak sekali contoh-contoh apapun yang memang kamu butuhkan. Bagaimana apakah kamu ingin mengetahuinya sekarang juga?

Oke, kalau memang kamu ingin mengetahuinya ya kamu bisa langsung saja menyimak pembahasan yang kami sampaikan. Kali ini, Ayovaksindinkeskdi.id akan sampaikan ke kamu beberapa informasi yang penting mengenai puisi. Langsung kita masuk ke pembahasannya saja ya.

Penjelasan Mengenai Arti Puisi Sebenarnya

contoh-puisi

Siapa nih yang memang belum memahami pendidikan tentang apa itu puisi? Jika kamu memang salah satu orang yang memang merasa belum paham tentang puisi ini, maka kami akan langsung menyampaikannya ke kamu. Bagaimana kamu ingin segera mengetahuinya kan? Kalau begitu ya simak pembahasan Contoh Puisinya ya.

Puisi merupakan salah satu karya sastra atau karangan yang didalamnya berisi ungkapan perasaan atau pikiran dari seorang penulisnya dan menggunakan kata-kata indah. Karya sastra yang satu ini memang mengutamakan kata-kata indah ya di dalam karyanya.

Dengan menggunakan puisi nantinya kamu bisa mengungkapkan berbagai macam perasaan lho ya. Mulai dari perasaan bahagia, terharu, sedih, kegelisahaan dan lainnya. Atau di dalam puisi ini juga nantinya kamu juga bisa mengungkapkan rasa kekaguman yang ada. Yap, rasa kagum yang akan kamu ungkapkan juga bisa ke Sang Pencipta lho ya.

Maka dari itu, puisi ini merupakan salah satu karya sastra yang banyak sekali disukai oleh orang-orang. Untuk kamu yang memang ingin membuat puisi, maka kamu bisa lho ya membuatnya. Namun, perlu diingat untuk membuat puisi ini tidak menggunakan bahasa sehari-hari gitu ya.

Tetapi nantinya bisa menggunakan bahasa yang sangat indah, seperti kata-kata yang sifatnya imajinatif dan lain sebagainya deh ya. Intinya mah puisi ini termasuk ke dalam karya sastra yang bisa digunakan dan juga dibuat untuk mengungkapkan isi hati atau pikiran, ya.

Oya, untuk kamu yang ingin membuat puisi ada satu hal yang benar-benar perlu kamu lakukan dan kamu ingat. Jika di dalam puisi, kamu tidak hanya bisa membuat kata-kata yang indah saja, tetapi harus ada makna yang tersampaikan. Jangan semena-mena ingin menggunakan kata yang indah saja, tetapi tidak ada maknanya.

Percuma saja soalnya kalau kamu hanya mengandalkan kata-kata yang indah saja tetapi tidak sama sekali memberikan makna atau mengungkapkan makna di dalam puisinya tersebut. Bagaimana kamu sudah paham kan sampai disini? Oke, lanjut ke yang lainnya ya.

Berbagai Bentuk Puisi Kehidupan Yang Harus Diketahui

contoh-puisi

Supaya kamu lebih paham mengenai puisi, kamu harus tahu juga lho ya kalau di dalam puisi ini nantinya ada beberapa bentuknya. Iya, jadi puisinya ini tidak hanya memiliki satu bentuk saja, tetapi akan ada beberapa bentuk yang bisa kamu saksikan.

Kan kalau kita melihat suatu puisi, nantinya kita akan menjadi mudah ya untuk mengetahui ini bentuk puisi apa gitu kan ya. Maka dari itu, kamu harus pahami benar-benar tentang puisinya ini. Bagaimana apakah kamu ingin mengetahui tentang lebih dalamnya lagi mengenai puisi?

Jika memang seperti itu, kami sudah sediakan kok ke kamu apa saja hal-hal yang memang membuat kamu menjadi lebih paham mengenai puisinya ini. Langsung saja ya kami akan bagikan ke kamu penjelasan mengenai bentuk puisinya. Oya, ada dua lho ya bentuk puisi, yaitu puisi lama dan puisi baru.

Lantas apakah itu puisi lama dan puisi baru? Untuk bisa membedakannya kami akan sampaikan ke kamu penjabaran yang lengkapnya di bawah ini. Langsung saja yuk kita simak pembahasannya. Cus jangan sampai ada yang dilewatkan, ya.

Puisi Lama

Pertama adalah puisi lama, dimana bentuk puisi yang satu ini adalah bentuk yang masih terikat oleh aturan-aturan dari penulisan puisi. Nantinya dalam membuat puisi yang satu ini, kamu harus perhatikan baik-baik tentang persajakannya, pengaturan-pengaturan larik di setiap baitnya dan lainnya.

Jadi, nantinya kamu tidak bisa mengasal dalam membuat puisi bentuk yang lama ini. Contoh dari puisi bentuk lama ini adalah syair, pantun, mantra, seloka, gurindam, dan lain-lain. Sangat banyak kan ya contoh puisi lama ini? Maka dari itu kamu harus mengetahuinya lho ya.

Puisi Baru

Kalau bentuk yang pertama tadi adalah puisi lama maka bentuk yang kedua ini adalah puisi baru. Dimana puisi baru ini kebalikannya dari puisi lama. Di dalam puisinya nanti akan berisi beberapa hal yang bebas saja gitu lho ya. Jadi, penulisannya ini merupakan bentuk penulisan yang tidak terikat dengan apapun.

Kamu nantinya akan bisa menggunakan bentuk puisi ini untuk membuat puisi dengan karangan yang bebas. Seperti saja membuat karya ode, balada, romansa, himne, satire dan lainnya. Sudah paham kan mengenai bentuk puisinya ini? Kalau begitu langsung lanjut ke jenis-jenis puisinya ya.

Jenis-Jenis Puisi Lama Berdasarkan Isi Atau Gagasannya

contoh-puisi

Kalau pembahasan di atas kan tentang bentuknya ya, sekarang kamu juga harus pahami tentang jenis-jenis dari puisinya ini. Kalau dilihat dari jenisnya nanti kamu akan mendapatkan tiga jenis puisi. Dimana semuanya ini memiliki hal-hal yang berbeda-beda.

Tentunya jenis-jenis dari puisi ini dibedakan berdasarkan isi atau gagasannya tersebut lho ya. Maka dari itu, kamu nantinya akan bisa langsung menentukan mana jenis puisi yang satu dan jenis puisi yang lainnya. Ingin tahu kan apa saja jenis-jenis dari puisinya ini?

Tiga jenis puisi yang kami sampaikan ke kamu di atas tadi adalah jenis puisi lirik, naratif dan juga puisi deskriptif ya. Untuk itu, kamu bisa langsung saja ya menyimak pembahasan yang akan kami berikan mengenai jenis puisinya ini. Bagaimana mau langsung simak jenis-jenisnya ini? Yuk sekarang juga simak.

Puisi Lirik

Puisi lirik ini adalah jenis puisi yang mana di dalamnya mengungkapkan gagasan pribadi dari pembuat puisi atau biasa disebut penyair dan atau penjelasan dari penyair itu sendiri. Di dalam puisi jenis yang satu ini, nantinya akan dibagi menjadi tiga lho ya. Apa saja? Simak pembagiannya di bawah ini.

  1. Ode, yaitu jenis puisi yang biasa dituliskan untuk pujaan ke suatu keadaan, sesuatu hal, atau suatu orang ya.
  2. Serenada, yaitu sajak yang bercerita tentang kisah percintaan dan bisa dilagukan atau dinyanyikan.
  3. Elegi, yaitu puisi yang menyatakan atau mengungkapkan perasaan duka ya.

Puisi Naratif

Kalau jenis puisi yang kedua ini merupakan jenis puisi yang memang berisi pengungkapan cerita dari si penyair. Puisi jenis yang satu ini nantinya dibagi menjadi dua, yaitu puisi romansa dan juga balada. Kamu bisa juga lho ya menuliskan puisi naratif ini untuk mengungkapkan cerita yang kamu miliki.

Puisi Deskriptif

Jenis puisi yang ketiga atau jenis puisi yang terakhir ini merupakan puisi deskriptif dimana di dalam jenis yang satu ini si penyair tidak bertindak sebagai pengisi atau pemberian ungkapan dari dirinya ya. Melainkan si penyair ini bertindak sebagai bagian dari yang memberikan kesan terhadap suatu hal. Bisa berupa benda atau suatu kejadian gitu lah ya. Jenis dari puisinya ini adalah satire.

Dua Unsur Utama Yang Ada Di Dalam Membangun Sebuah Puisi Bebas

Dua-Unsur-Pembangun-Puisi-Yang-Ada-Di-Dalamnya

Setelah mengetahui tentang jenis-jenis dari puisinya maka ada hal lagi yang perlu kamu ketahui. Apakah itu? Yap, kamu akan mengetahui tentang dua unsur yang ada di dalam puisi. Tentunya di dalam puisi nantinya akan terdapat unsur-unsur yang mana bisa membangun si puisi ini sendiri, ya.

Kedua unsur fisik yang kami maksudkan disini adalah unsur batin dan juga unsur fisik. Kamu tahu tidak apa perbedaan dari kedua unsurnya ini? Untuk itu, supaya kamu bisa mengetahuinya kami sudah siapkan pembahasan mengenai perbedaan dari dua unsur yang ada di dalam puisinya ini. Bagaimana kamu ingin ketahuinya kan?

Unsur Batin

Kalau unsur batin ini merupakan suatu unsur yang tidak terlihat di dalam puisinya. Jadi, untuk mengetahuinya ya kamu harus membaca dan memahami terlebih dahulu apa sih yang dimaksudkan di dalam puisinya tersebut. Unsur batin ini terdiri dari 4 bagian lho ya, yaitu amanat, tema, perasaan, dan juga nada dan suasana puisi.

Unsur Fisik

Sedangkan unsur fisik ini adalah unsur yang akan terlihat di dalam puisinya. Ketika kamu membaca puisi maka kamu akan sekaligus melihat unsur-unsur fisiknya ini lho ya. Sama seperti unsur batinnya ini nantinya kamu juga bisa melihat 4 bagiannya, yaitu irama, majas, kata-kata yang berlambang, dan juga kata-kata konotasi.

Ciri-Ciri Yang Dimiliki Dari Karya Sastra Puisi Cinta

Untuk membedakan puisi dengan karya sastra yang lainnya kamu juga nantinya akan bisa melihat dari ciri-cirinya ya. Tentunya ciri-ciri yang ada di dalam puisi ini harus kamu ketahui terlebih dahulu. Soalnya kalau kamu belum mengetahuinya nanti kamu tidak begitu paham lagi untuk mengetahui puisinya ini. Untuk itu, di bawah ini ada ciri-ciri puisi yang bisa kamu ketahui, ya.

  • Puisi merupakan karya sastra yang terdiri dari bait dan juga baris.
  • Di dalamnya banyak menggunakan kata yang indah.
  • Puisi menggunakan majas-majas yang bermakna kias.
  • Untuk penggunaan diksi di dalam puisi selalu memperhatikan sajak dan juga rimanya.
  • Memberikan amanat yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran oleh pembacanya.

Contoh Puisi Pendek Yang Mengandung Unsur Lengkap Di Dalamnya

Nah, setelah kamu melihat dan mengetahui beberapa hal penting mengenai puisi sekarang saatnya kamu mengetahui tentang contoh puisi ya. Seperti yang sudah kami sampaikan ke kamu di atas, kalau kami juga akan berikan ke kamu contohnya. Tentunya contoh puisi yang kami berikan ke kamu ini sudah mengandung unsur-unsur yang lengkap, ya di dalamnya.

Download contoh puisi dengan unsur-unsur lengkap bentuk file docx –>Klik Download Disini

Recommended Posts